SMA Setia Budi Gelar MPLS Kepada Peserta Didik Baru


SMA Setia Budi Gelar MPLS Kepada Peserta Didik Baru

SUNGAILIAT - SMA Setia Budi menggelar kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) kepada peserta didik baru tahun ajaran 2019-2020, yang mengangkat tema "Membangun Karakter Kepribadian Untuk Menggapai Prestasi", Senin (15/7/2019).

Kepala Sekolah SMA Setia Budi Sungailiat, Wandi Wardoyo mengatakan, kegiatan MPLS bagi para siswa baru, tahun ajaran 2019-2020 berlangsung sejak tanggal 15 - 17 Juli 2019.

"Kegiatan MPLS ini diikuti sebanyak 177 orang siswa terdiri dari 84 siswa laki-laki dan 93 siswa perempuan. Kegiatan ini juga bersifat edukatif, tidak ada sifatnya perploncoan, semuanya pengembangan karakter siswa," katanya.

Ia menambahkan, orientasi dari MPLS tidak hanya mengelar kegiatan saja, tetapi ada beberapa hal yang harus disampaikan kepada para murid, seperti pembentukan karakter keperibadian anak dengan karakter religius atau keagamaan, sehingga karakter religius tersebut tidak terkikis dengan kemajuan zaman saat ini. 

"Selain itu, akan diisi dengan materi menciptakan lingkungan yang bersih, rapi, indah dan nyaman. Materi pendidikan karakter dan tata kerama, kesadaran berbangsa dan bernegara, pengenalan tradisi, budaya  serta adat Bangka, cara penggunan medsos sejak bijak dan kegiatan pentas seni MPLS 2019," jelasnya.

Ia mengungkapkan, untuk pemberian materi, pihak sekolah berkerjasama dengan SPGDT 199 dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Kwarcab Pramuka Bangka, SITIPOL dan dari pihak Perbankan.

Lebih jauh ia menjelaskan, MPLS dilaksanakan sesuai dengan petunjuk dari Kementrian Pendidikan yang dilaksanakan serentak bagi para siswa baru mulai dari jenjang tingkat SD hingga SLTA.

"Sesuai petunjuk dari kementrian pendidikan tersebut, para orang tua diminta untuk mengantarkan anaknya saat hari pertama masuk sekolah," terangnya. 

Oleh karena itu, ia berharap, melalui tema MPLS ini, para siswa-siswi baru dapat mengembangkan karakter kepribadiannya sehingga bisa berpretasi bersama SMA Setia Budi. "Tentunya kami harapkan nanti dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, sehingga akan lebih baik lagi," harapnya.

Dengan demikian ia mengucapkan terima kasih kepada para orang tua yang telah mengantarkan anaknya ke lingkungan baru SMA Setia Budi. "Bapak dan ibu, orang tua hari ini, tidak hanya mengantarkan anaknya nanti kami beri kesempatan untuk berkenalan dengan para guru-guru, yang akan mendidik anaknya nanti.” ucapnya.

Sementara itu, Pengawas SMA Setia Budi Sungailiat, Fadillah Imam SE, memaparkan bahwa hal yang mendukung perubahan karakter dan perilaku anak akan dipengaruhi tiga pilar, yakni pilar pertama sebelum sampai ke sekolah, pilar kedua lingkungan sekitar akan membentuk karakter anak dan pilar ketiga pendidikan yakni sekolah.

"Dalam hal tersebut, orang tua bukan menyerahkan sepenuhnya kepada sekolah saja, tetapi juga akan kerjasama dan berkomunikasi antara guru dan orang tua terkait dengan perkembangan anak dan ketiga pilar tersebut saling keterkaitan," tukasnya. (Cr15)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
Ela Mohon Keringanan Hukuman
Ela Mohon Keringanan Hukuman
Senin, 14 Oktober 2019 20:40 WIB
SUNGAILIAT - Sidang perkara dugaan memberikan keterangan palsu sebagaimana Pasal 242 KUHP, dengan terdakwa Susilawati alias Ela, kembali digelar
Terdakwa Ela Dituntut Tiga Bulan Penjara
Terdakwa Ela Dituntut Tiga Bulan Penjara
Senin, 07 Oktober 2019 16:09 WIB
SUNGAILIAT - Jaksa Penuntut Umum dari Kejaksaan Negeri Bangka, Mila Karmila, menuntut terdakwa Susilawati alias Ela dengan hukuman tiga bulan
Merasa Bersalah, Ela Ngaku Beri Keterangan Palsu
Merasa Bersalah, Ela Ngaku Beri Keterangan Palsu
Selasa, 01 Oktober 2019 22:30 WIB
SUNGAILIAT - Susilawati alias Ela (42), kini diduk di kursi pesakitan Pengadilan Negeri Sungailiat sebagai terdakwa. Warga Sungailiat itu didakwa
Gubernur Pimpin Penanaman Bibit Mangrove  & Pelepasan Kepiting Bakau
Gubernur Pimpin Penanaman Bibit Mangrove & Pelepasan Kepiting Bakau
Jum'at, 27 September 2019 11:28 WIB
SUNGAILIAT - Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), H Erzaldi Rosman menghadiri penanaman bibit mangrove dan pelepasan ratusan bibit kepiting