Program Adiwiyata Tidak Diharuskan, Tetapi Kesukarelaan


Program Adiwiyata Tidak Diharuskan, Tetapi Kesukarelaan



SUNGAILIAT - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangka mengadakan pelatihan penggelolaan sumber daya energi melalui bentuk sosialisasi peningkatan sekolah program Adiwiyata yang berlangsung di Gedung Wanita Sungailiat, Selasa (25/06/2019).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup melalui Kasi penyuluhan dan pemberdayaan masyarakat, Yuli Tulistianto menyampaikan, kegiatan ini untuk menambah pembekalan tenaga pendidik agar dapat diplemetasikan kepada siswa didik. Supaya dapat menggelola semua sumber energi yang ada disekolah seperti air, sampah dan listrik.

"Program Adiwiyata tidak diharuskan ataupun diwajibkan,tetapi program kesukarelaan. Tergantung dengan sekolah tersebut mau atau tidaknya menjadikan sekolah itu bersih," katanya.

Ia menambahkan, program Adiwiyata juga tidak dilombakan, tetapi Adiwiyata itu program tentang bagaimana cara menjadikan sekolah itu menjadi sekolah yang peduli dan lingkungan hidupnya menjadi budaya.

" Ada empat indikator dalam Adiwiyata, diantaranya kebijakan kepala sekolahnya, kurikulum berbasis lingkungan, peningkatan kapasitas dan sarana pesarananya. Dari keempat indikator tersebut setelah dilihat, maka selanjutnya akan dievaluasi kalau memang sekolah tersebut layak bedasarkan skor akan diusulkan ketingkat nasional," ulasnya. 

Ia menjelaskan, perlombaan tersebut ada tahapannya, seperti dari 33 poin yang ada dan dari skor serta evaluasi akan dilakukan pembinaan secara terus menerus. Skor sekolah dibawah 64 akan mendapat predikat Adiwiyata tingkat kabupaten.

"Nantinya, kami bersama tim dari kabupaten seperti dari Kementerian Agama, Dinas Pendidikan secara marathon akan melakukan pembinaan. Pembinaan ini dilakukan bukan saja pembinaan dokumen untuk nilai-nilai. Tetapi menyiapkan warga sekolahnya termasuk petugas kantin sekolah untuk memberikan pembekalan seperti bagaimana cara menggelola air dan menggelola sampah dengan baik dan benar," tandasnya. (Cr15)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Minggu, 29 Desember 2019 01:11 WIB
SUNGAILIAT - Pro kontra Kapal Isap Produksi (KIP) di perairan Matras, Sungailiat, sejak beberapa pekan terakhir membuat ketua DPRD Bangka,
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Minggu, 22 Desember 2019 19:05 WIB
SUNGAILIAT - Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan yang juga anggota DPR RI, dapil Bangka Belitung, Ir Rudianto Tjen
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Selasa, 17 Desember 2019 19:25 WIB
SUNGAILIAT - Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Bangka, Rielke Jefri Huwae mengelar sirahturahmi bersama Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi)
BUPATI BANGKA RAIH 3 PENGHARGAAN INDONESIAN ROAD SAFETY AWARD 2019 DARI KEPALA BAPPENAS
BUPATI BANGKA RAIH 3 PENGHARGAAN INDONESIAN ROAD SAFETY AWARD 2019 DARI KEPALA BAPPENAS
Selasa, 17 Desember 2019 19:16 WIB
JAKARTA - Setelah memalui proses seleksi, kompetisi dan penjurian yang sangat ketat, akhirnya Pemkab Bangka ditetapkan sebagai pemenang