Program Adiwiyata Tidak Diharuskan, Tetapi Kesukarelaan


Program Adiwiyata Tidak Diharuskan, Tetapi Kesukarelaan



SUNGAILIAT - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangka mengadakan pelatihan penggelolaan sumber daya energi melalui bentuk sosialisasi peningkatan sekolah program Adiwiyata yang berlangsung di Gedung Wanita Sungailiat, Selasa (25/06/2019).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup melalui Kasi penyuluhan dan pemberdayaan masyarakat, Yuli Tulistianto menyampaikan, kegiatan ini untuk menambah pembekalan tenaga pendidik agar dapat diplemetasikan kepada siswa didik. Supaya dapat menggelola semua sumber energi yang ada disekolah seperti air, sampah dan listrik.

"Program Adiwiyata tidak diharuskan ataupun diwajibkan,tetapi program kesukarelaan. Tergantung dengan sekolah tersebut mau atau tidaknya menjadikan sekolah itu bersih," katanya.

Ia menambahkan, program Adiwiyata juga tidak dilombakan, tetapi Adiwiyata itu program tentang bagaimana cara menjadikan sekolah itu menjadi sekolah yang peduli dan lingkungan hidupnya menjadi budaya.

" Ada empat indikator dalam Adiwiyata, diantaranya kebijakan kepala sekolahnya, kurikulum berbasis lingkungan, peningkatan kapasitas dan sarana pesarananya. Dari keempat indikator tersebut setelah dilihat, maka selanjutnya akan dievaluasi kalau memang sekolah tersebut layak bedasarkan skor akan diusulkan ketingkat nasional," ulasnya. 

Ia menjelaskan, perlombaan tersebut ada tahapannya, seperti dari 33 poin yang ada dan dari skor serta evaluasi akan dilakukan pembinaan secara terus menerus. Skor sekolah dibawah 64 akan mendapat predikat Adiwiyata tingkat kabupaten.

"Nantinya, kami bersama tim dari kabupaten seperti dari Kementerian Agama, Dinas Pendidikan secara marathon akan melakukan pembinaan. Pembinaan ini dilakukan bukan saja pembinaan dokumen untuk nilai-nilai. Tetapi menyiapkan warga sekolahnya termasuk petugas kantin sekolah untuk memberikan pembekalan seperti bagaimana cara menggelola air dan menggelola sampah dengan baik dan benar," tandasnya. (Cr15)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
Melati Erzaldi : Kartini Milenial Harus Miliki 6 Hal
Melati Erzaldi : Kartini Milenial Harus Miliki 6 Hal
Senin, 22 April 2019 15:03 WIB
SUNGAILIAT - Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Melati Erzaldi, memberikan materi mengenai Esensi Kartini dihadapan Puluhan Mahasiswa/Mahasiswi
Gubernur Erzaldi Ingin Babel Ukir Sejarah untuk Islam
Gubernur Erzaldi Ingin Babel Ukir Sejarah untuk Islam
Selasa, 09 April 2019 02:16 WIB
SUNGAILIAT - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, Senin (8/4/2019) malam, membuka Silaturahmi Nasional Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI)
Tabrak Pagar, Pengendara Mio Tewas
Tabrak Pagar, Pengendara Mio Tewas
Selasa, 23 Juli 2019 14:00 WIB
SUNGAILIAT - Hardin (28) warga Buton ditemukan tewas didalam selokan yang tak jauh dari Jalan Pelabuhan, Kecamatan Sungailiat, Selasa pagi
Bupati Mulkan Buka Grand Final Pemilihan Bujang Miak Bangka 2019
Bupati Mulkan Buka Grand Final Pemilihan Bujang Miak Bangka 2019
Minggu, 21 Juli 2019 18:36 WIB
SUNGAILIAT - Bupati Bangka Mulkan SH,MH, membuka secara resmi  malam grand final pemilihan Bujang Miak Bangka 2019, berlangsung diruang Ballroom