Bupati Mulkan Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila


Bupati Mulkan Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila

SUNGAILIAT - Bupati Kabupaten Bangka, Mulkan pimpin upacara bendera dalam rangka hari lahirnya Pancasila yang berlangsung di halaman kantor Bupati, Sabtu (01/06/2019).

Dalam pidatonya, Bupati Mulkan menyampaikan bahwa Pancasila merupakan simbol pemersatu bangsa dari beragam suku, agama, dan kebudayaan yang terkandung dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Pancasila mampu menyatukan kita semua sebagai suatu bangsa. Kesatuan ratusan pulau yang berada di dua samudra yakni Pasifik dan India ,serta diantara dua benua yakni Asia dan Australia," bacanya.

Hal tersebut, dijelaskan Mulkan, dapat meneguhkan bahwa Bangsa Indonesia memiliki ruang hidup dengan tanah air sebagai satu kesatuan negara yang berdaulat.

"Keragaman secara Natural merupakan statistik dari indonesia, demikian pula secara antropologis dan sosiologis beragaman ras etnis agama, kepercayaan dan kebudayaan yang ada di indonesia sudah ada sejak masa Bra Aksara hingga sekarang. Kita indonesia hidup dan bahagia dalam keragaman," terangnya.

Dia menyebutkan, Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup oleh pendiri bangsa yang merupakan suatu anugrah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa.

"Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila. Kita akui bahwa stensi ke Indonesiaan  sebagai bangsa maupun negara masih dapat bertahan berkat pancasila karena Pancasila suatu keyakinan dalam pendirian yang asasi dan harus diperjuangkan," bebernya.

Mulkan menegaskan bahwa Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam hidup sehari-hari. Berkat pancasila yang bertauladan dengan nilai-nilai eksklusifitas, toleransi, gotong royong dan keberagaman yang ada menjadi berkah.

Dia mengungkapkan, berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keragaman yang dapat dirajut menjadi indentitas nasional dalam wadah dan slogan Bhineka Tunggal Ika.

"Sesuai dengan pesan Presiden RI Jokowi bahwa peringati dan rayakan hari kelahiran pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan untuk mengenang dan menyaksikan momentum sejarah," ungkapnya. 

"Dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai bangsa indonesia sebagai dasar negara. Sehingga bangsa nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu Bangsa Indonesia," tandasnya. (Cr15)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
Tiga Pejabat Disporpora Bangka  Diperiksa Jaksa Penyidik
Tiga Pejabat Disporpora Bangka Diperiksa Jaksa Penyidik
Rabu, 23 Oktober 2019 09:13 WIB
SUNGAILIAT - Jaksa penyidik Kejari Bangka melakukan pemeriksaan terhadap tiga pejabat Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dinporpora) setempat, dalam
Ela Divonis 3 Bulan Penjara
Ela Divonis 3 Bulan Penjara
Selasa, 22 Oktober 2019 16:13 WIB
SUNGAILIAT - Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Bangka, menjatuhkan vonis 3 bulan kurungan terhadap terdakwa Mila Karmila alias
Ela Mohon Keringanan Hukuman
Ela Mohon Keringanan Hukuman
Senin, 14 Oktober 2019 20:40 WIB
SUNGAILIAT - Sidang perkara dugaan memberikan keterangan palsu sebagaimana Pasal 242 KUHP, dengan terdakwa Susilawati alias Ela, kembali digelar
Terdakwa Ela Dituntut Tiga Bulan Penjara
Terdakwa Ela Dituntut Tiga Bulan Penjara
Senin, 07 Oktober 2019 16:09 WIB
SUNGAILIAT - Jaksa Penuntut Umum dari Kejaksaan Negeri Bangka, Mila Karmila, menuntut terdakwa Susilawati alias Ela dengan hukuman tiga bulan