Dinas Pangan Akan Terus Berdayakan KRPL


Dinas Pangan Akan Terus Berdayakan KRPL

SUNGAILIAT - Dinas Pangan Kabupaten Bangka terus melakukan kegiatan yang sifatnya bersentuhan langsung kepada masyarakat, kelompok tani, dan keluarga. salah satunya dengan memanfaatkan perkarangan dengan program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).

"Di Kabupaten Bangka ini, KRPLnya bagus, dan terus kita bina, kita mempunyai 47 Kelompok Wanita Tani (KWT) dan terus kita bina untuk memanfaatkan perkarangan, dan juga untuk mewujudkan kedaulatan pangan di keluarga masing-masing," ungkap Plt. Dinas Pangan Kabupaten Bangka, Rusmansyah, Rabu (10/1).

Dikatakan Rusmansyah, sejauh ini, pihaknya juga terus mensosialisasikan dan sudah terlihat hasilnya, dengan diterimanya banyak penghargaan di bidang pangan. "Banyak yang telah dihasilkan, mulai dari sayuran, jagung, cabe dan banyak lainnya termasuk juga produk olahan seperti beras aruk, dan mendapatkan penghargaan atas kontribusi dan konsistensi mereka dalam memproduksi beras aruk," katanya.

Selain itu juga Rusmansyah menjelaskan, untuk tahun 2018 ini, pihaknya terus menggalakkan program ketahanan pangan dengan memanfatkan perkarangan seperti di perkarangan kantor- kantor Organsasi Perangkat Daerah (OPD) dan lainnya.

"Nanti juga kita akan melakukan kerjasama dengan sekolah-sekolah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, untuk memotivasi, menginspirasi kepala sekolah, anak-anak, sehingga mau dan menggalakkan ketahanan pangan, nanti kapan waktu akan kita undang panen, sehingga bisa memotivasi dan menginspirasi mereka untuk mau melakukannya di perkarangan sekolah dan rumah juga, nanti OPD juga akan gerakkan untuk bisa menanam, bisa cabe atau tanaman lainnya di perkarangan kantor seperti kemarin, sehingga bisa berdaya guna dan ada ekonomisnya juga," harap Rusmansyah.

KRPL merupakan pengembangan dari Rumah Pangan Lestari (RPL) adalah program pemerintah untuk masyarakat dalam hal pemanfaatan perkarangan rumah dan ha ini dapat menambahkan upaya intensifikasi pemanfatan pagar hidup, jalan desa, dan fasilitas umum lainnya, lahan terbuka hijau serta mengembangkan pengolahan dan pemasaran hasil.(rul)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Minggu, 29 Desember 2019 01:11 WIB
SUNGAILIAT - Pro kontra Kapal Isap Produksi (KIP) di perairan Matras, Sungailiat, sejak beberapa pekan terakhir membuat ketua DPRD Bangka,
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Minggu, 22 Desember 2019 19:05 WIB
SUNGAILIAT - Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan yang juga anggota DPR RI, dapil Bangka Belitung, Ir Rudianto Tjen
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Selasa, 17 Desember 2019 19:25 WIB
SUNGAILIAT - Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Bangka, Rielke Jefri Huwae mengelar sirahturahmi bersama Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi)
BUPATI BANGKA RAIH 3 PENGHARGAAN INDONESIAN ROAD SAFETY AWARD 2019 DARI KEPALA BAPPENAS
BUPATI BANGKA RAIH 3 PENGHARGAAN INDONESIAN ROAD SAFETY AWARD 2019 DARI KEPALA BAPPENAS
Selasa, 17 Desember 2019 19:16 WIB
JAKARTA - Setelah memalui proses seleksi, kompetisi dan penjurian yang sangat ketat, akhirnya Pemkab Bangka ditetapkan sebagai pemenang