Sistem Keuangan Desa Harus Online


Sistem Keuangan Desa Harus Online

SUNGAILIAT - Bupati Bangka, Tarmizi Saat mengharapkan sistem keuangan desa dimasa mendatang sudah online, sehingga data desa dapat dilihat kapan saja saat dibutuhkan. Ketika membuka Bimtek Sistem Keuangan Desa Tahun 2016, Senin (28/11) di Tanjung Pesona Sungailiat. Bupati menjelaskan, untuk mempersiapkan sistem secara online juga diharapkan peran para Camat untuk melakukan pengawasan terhadap desa di wilayahnya masing-masing dalam melaksanakan keuangan desa.
    
"Perlu diperhatikan dalam pengelolaan keuangan desa yakni terdapat beberapa tahap, diawali dari perencanaan yang melibatkan semua unsur yang ada di desa, kita sudah menandatangani alokasi dana desa per desa dan saat ini seharusnya sudah dilakukan rencana penggunaan dana desa tahun 2017 pada bulan antara November dan Desember 2016," kata Bupati.
    
Dijelaskan Tarmizi, langkah selanjutnya yakni pelaksanaan dan penatausahaan, dengan mempetrsiapkan pelaporan dengan baik sesuai dengan aturan yang ada, tidak bertentangan dengan aturan  sehingga tidak mengalami persalahan hukum. "Pintar belanja, juga harus pintar membuat laporan dalam pengelolaan dana desa," ujar Bupati. Diharapkannya, dalam penyimpanan uang yang akan dipergunakan dalam melaksanaan program dalam pembangunan desa  agar disimpan di Bank, guna menjaga kemanan.
    
Kesempatan itu, Kepala BPMPemdes Bangka Mina Tarmizi menjelaskan, maksud dilaksanakan Bimtek untuk memberikan kemampuan dasar kepada bendahara desa dan Kasi Tata Pemerintahan Kecamatan Dalam Pembangunan aplikasi sistem keuangan desa. Selain itu untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia dalam mengelola administrasi keuangan desa.
    
Sedangkan tujuan Bimtek untuk meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan desa khususnya laporan pertanggungjawaban penggunaan dana APBDesa yang dilaksanakan berdasarkan prinsip tata kelola keuangan desa yang transparan, partisipatif dan akuntabel. Peserta Bimtek merupakan bendahara desa dan Kasi tata Pemerintahan Kecamatan se-Bangka berjumlah 62 orang bendahara desa dan 8 orang Kasi Tata Pemerintahan Kecamatan.
   
Perlaksanaan Bimtek selama 3 hari, 28–30 November 2016 di Tanjung Pesona Sungailiat dengan Tenaga pengajar dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).(rel/rb)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
171 Mahasiswa IAIN SAS Babel ikuti Pembekalan KKN
171 Mahasiswa IAIN SAS Babel ikuti Pembekalan KKN
Jum'at, 21 Februari 2020 10:15 WIB
SUGAILIAT - Sebanyak 171 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) SAS Babel, mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Aula
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Minggu, 29 Desember 2019 01:11 WIB
SUNGAILIAT - Pro kontra Kapal Isap Produksi (KIP) di perairan Matras, Sungailiat, sejak beberapa pekan terakhir membuat ketua DPRD Bangka,
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Minggu, 22 Desember 2019 19:05 WIB
SUNGAILIAT - Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan yang juga anggota DPR RI, dapil Bangka Belitung, Ir Rudianto Tjen
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Selasa, 17 Desember 2019 19:25 WIB
SUNGAILIAT - Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Bangka, Rielke Jefri Huwae mengelar sirahturahmi bersama Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi)