Petani Diminta Manfaatkan Dana LPDB


Petani Diminta Manfaatkan Dana LPDB

    SUNGAILIAT - Bupati Bangka Tarmizi Saat mengajak seluruh petani singkong cassesa di daerahnya untuk memanfaatkan dana pinjaman Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) dari Kementerian Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah. "Dana pinjaman yang disediakan oleh LPDB untuk kegiatan usaha petani menanam singkong cassesa cukup besar, nilainya mencapai Rp16 juta per hektare atau total dana sebanyak Rp1 triliun dialokasikan seluruh Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," katanya, Rabu (19/10).

    Ia mengatakan, informasi yang diperoleh menyebutkan bahwa dana pinjaman sebesar itu harus habis terserap petani atau masyarakat yang melakukan usaha mikro dan menengah. "Saya minta petani singkong cassesa dapat meminjam uang yang disediakan pemerintah itu dengan bunga yang cukup ringan dengan perhitungan tidak memberatkan petani," ujarnya lagi. Bupati mengatakan, usaha pertanian perkebunan termasuk singkong cassesa memberikan kontribusi besar untuk membantu meningkatkan kesejahteraan petani, selain mudah menjualnya juga proses tanam dan budi dayanya pun terbilang cukup sederhana.

    "Kami ketahui singkong cassesa salah satu bahan utama pembuatan tepung tapioka, dengan masa tanam singkong ini tidak terlalu lama atau sekitar lebih dari tujuh bulan siap panen, penjualannya pun mudah karena pabrik tepung tapioka siap menampung hasil panen petani," ujar Bupati itu lagi. Ia mengatakan, bantuan pinjaman permodalan usaha disalurkan melalui bank yang ditunjuk dengan sistem kelompok, sehingga petani harus masuk dalam kelompok tani yang tergabung dalam wadah gabungan kelompok tani (gapoktan).

"Gapoktan dibentuk pada masing-masing desa sebagai wadah para petani dan mempermudah pemerintah atau lembaga lain melakukan koordinasi dengan petani," tutupnya.(ant.rb)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
Warga Bumi Arwana Permai Gelar Lomba Khas 17an
Warga Bumi Arwana Permai Gelar Lomba Khas 17an
Sabtu, 24 Agustus 2019 16:54 WIB
SUNGAILIAT - Warga Perumahan Bumi Arwana Permai, Sungailiat, Bangka menggelar berbagai macam perlombaan guna memeriahkan HUT ke 74 Republik Indonesia.
Melati Erzaldi : Kartini Milenial Harus Miliki 6 Hal
Melati Erzaldi : Kartini Milenial Harus Miliki 6 Hal
Senin, 22 April 2019 15:03 WIB
SUNGAILIAT - Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Melati Erzaldi, memberikan materi mengenai Esensi Kartini dihadapan Puluhan Mahasiswa/Mahasiswi
Gubernur Erzaldi Ingin Babel Ukir Sejarah untuk Islam
Gubernur Erzaldi Ingin Babel Ukir Sejarah untuk Islam
Selasa, 09 April 2019 02:16 WIB
SUNGAILIAT - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, Senin (8/4/2019) malam, membuka Silaturahmi Nasional Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI)
Tabrak Pagar, Pengendara Mio Tewas
Tabrak Pagar, Pengendara Mio Tewas
Selasa, 23 Juli 2019 14:00 WIB
SUNGAILIAT - Hardin (28) warga Buton ditemukan tewas didalam selokan yang tak jauh dari Jalan Pelabuhan, Kecamatan Sungailiat, Selasa pagi