Petani Diminta Manfaatkan Dana LPDB


Petani Diminta Manfaatkan Dana LPDB

    SUNGAILIAT - Bupati Bangka Tarmizi Saat mengajak seluruh petani singkong cassesa di daerahnya untuk memanfaatkan dana pinjaman Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) dari Kementerian Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah. "Dana pinjaman yang disediakan oleh LPDB untuk kegiatan usaha petani menanam singkong cassesa cukup besar, nilainya mencapai Rp16 juta per hektare atau total dana sebanyak Rp1 triliun dialokasikan seluruh Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," katanya, Rabu (19/10).

    Ia mengatakan, informasi yang diperoleh menyebutkan bahwa dana pinjaman sebesar itu harus habis terserap petani atau masyarakat yang melakukan usaha mikro dan menengah. "Saya minta petani singkong cassesa dapat meminjam uang yang disediakan pemerintah itu dengan bunga yang cukup ringan dengan perhitungan tidak memberatkan petani," ujarnya lagi. Bupati mengatakan, usaha pertanian perkebunan termasuk singkong cassesa memberikan kontribusi besar untuk membantu meningkatkan kesejahteraan petani, selain mudah menjualnya juga proses tanam dan budi dayanya pun terbilang cukup sederhana.

    "Kami ketahui singkong cassesa salah satu bahan utama pembuatan tepung tapioka, dengan masa tanam singkong ini tidak terlalu lama atau sekitar lebih dari tujuh bulan siap panen, penjualannya pun mudah karena pabrik tepung tapioka siap menampung hasil panen petani," ujar Bupati itu lagi. Ia mengatakan, bantuan pinjaman permodalan usaha disalurkan melalui bank yang ditunjuk dengan sistem kelompok, sehingga petani harus masuk dalam kelompok tani yang tergabung dalam wadah gabungan kelompok tani (gapoktan).

"Gapoktan dibentuk pada masing-masing desa sebagai wadah para petani dan mempermudah pemerintah atau lembaga lain melakukan koordinasi dengan petani," tutupnya.(ant.rb)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Minggu, 29 Desember 2019 01:11 WIB
SUNGAILIAT - Pro kontra Kapal Isap Produksi (KIP) di perairan Matras, Sungailiat, sejak beberapa pekan terakhir membuat ketua DPRD Bangka,
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Minggu, 22 Desember 2019 19:05 WIB
SUNGAILIAT - Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan yang juga anggota DPR RI, dapil Bangka Belitung, Ir Rudianto Tjen
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Selasa, 17 Desember 2019 19:25 WIB
SUNGAILIAT - Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Bangka, Rielke Jefri Huwae mengelar sirahturahmi bersama Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi)
BUPATI BANGKA RAIH 3 PENGHARGAAN INDONESIAN ROAD SAFETY AWARD 2019 DARI KEPALA BAPPENAS
BUPATI BANGKA RAIH 3 PENGHARGAAN INDONESIAN ROAD SAFETY AWARD 2019 DARI KEPALA BAPPENAS
Selasa, 17 Desember 2019 19:16 WIB
JAKARTA - Setelah memalui proses seleksi, kompetisi dan penjurian yang sangat ketat, akhirnya Pemkab Bangka ditetapkan sebagai pemenang