Pembangunan Embung di Pedindang Terkendala Pembebasan Lahan


Pembangunan Embung di Pedindang Terkendala Pembebasan Lahan

PANGKALPINANG - Komisi III DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bersama Dinas PUPR Babel membahas permasalahan banjir khususnya di Kota Pangkalpinang dalam rapat dengar pendapat (RDP) yang digelar di ruang Komisi III DPRD Babel, Jumat, (20/12/2019). 

Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Amri Cahyadi, mengatakan, salah satu penyebab bencana banjir yang terjadi di Pangkalpinang ini karena adanya kiriman debit air yang berlebih dari Kabupaten Bangka Tengah.

"Dari hasil analisa sudah diketahui, infrastruktur mana saja yang harus diperbaiki dan harus dibuat, salah satunya contoh kita ingat harus dibangun embung di Pedindang, Bangka Tengah," kata Amri saat dibincangi wartawan di ruang kerjanya, Jumat (20/12/2019).

Berdasarkan hasil diskusi RDP tersebut, disampaikan dia, bahwa ternyata dari tahun 2016 sampai sekarang tidak ada realisasi kegiatan dari Dinas PUPR Babel terkait penanganan pasca banjir sejak tahun 2016 lalu.

"Ambil contoh, permohonan embung sampai sekarang tidak terjadi, tetapi ini semua tidak bisa menyalahkan Dinas PUPR provinsi saja, karena kita sudah melakukan studi, namun terkendala dengan pembebasan lahan (Pedindang-red), yang seharusnya difasilitasi oleh pihak Kabupaten Bangka Tengah," jelasnya.

Padahal menurut Amri, pembebasan lahan itu sangat penting untuk menampung sedimentasi lumpur dari Gunung Mangkol, sehingga tidak langsung masuk ke daerah Kace, Kabupaten Bangka Tengah dan kolam retensi di Kacang Pedang, Pangkalpinang.

"Ini lah yang membuat kita miris, karena itu kegiatan pengerukan di kolam retensi itu kan hampir setiap tahun dilakukan, membuat nilainya menjadi mubazir, dianggarkan terus namun penyebabnya tidak kita cegah," tuturnya.

Oleh karena itu, disampaikan dia, DPRD Babel akan melayangkan surat ke Bupati Bangka Tengah untuk segera melakukan pembebasan lahan Pedindang untuk pembangunan embung tersebut.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi III DPRD Babel, Agung Setiawan berharap pembangunan embung di Pedindang ini dapat segera direalisasikan untuk meminimalisir bencana banjir di Pangkalpinang. (mon)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Gubernur Babel Hadiri Rakornas Investasi Tahun 2020
Gubernur Babel Hadiri Rakornas Investasi Tahun 2020
Jum'at, 21 Februari 2020 10:20 WIB
PANGKALPINANG - Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi Tahun 2020 dalam rangka koordinasi dan konsolidasi program/kegiatan penanaman modal antara pemerintah pusat
55 Jurnalis Bangka Belitung Ikut Pelatihan dan Gathering OJK
55 Jurnalis Bangka Belitung Ikut Pelatihan dan Gathering OJK
Jum'at, 21 Februari 2020 10:17 WIB
PANGKALPINANG - Sebanyak 55 jurnalis dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Jambi, Lampung dan Bengkulu mengikuti pelatihan dan gathering
Hari Ini, Naziarto Resmi Jadi Sekda Provinsi Babel
Hari Ini, Naziarto Resmi Jadi Sekda Provinsi Babel
Senin, 17 Februari 2020 14:18 WIB
PANGKALPINANG – Analisis Pengelola BMN Sekretariat Jenderal Kementerian Sosial RI, Dr Drs Naziarto SH MH hari ini Senin (17/2//2020),
BPN dan Kejari Pangkalpinang Gelar PKS
BPN dan Kejari Pangkalpinang Gelar PKS
Selasa, 11 Februari 2020 16:32 WIB
PANGKALPINANG-Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Pangkalpinang gelar Perjanjian Kerjasama (PKS) atau MoU dalam rangka pendampingan hukum, aset