HPI Babel Bakal Panen Semangka Empat Hektar


HPI Babel Bakal Panen Semangka Empat Hektar

PANGKALPINANG - "Asak Kawa Apepun Pacak" itulah sepenggal kalimat dari bahasa daerah Bangka Belitung (Babel), sebagai ungkapan masyarakat Babel memotivasi seseorang untuk bersungguh-sungguh berusaha dan pantang menyerah untuk menggapai sukses.

Ungkapan bahasa daerah itu ditunjukkan organisasi pers Himpunan Pewarta Indonesia (HPI) Babel untuk membuktikan bahwa lahan bekas tambang timah bisa dimanfaatkan  berkebun dan menambah income bagi masyarakat sekitarnya agar mau berusaha dengan cara yang baik dan benar.

Setelah usai, menanam tanaman sorgum di lokasi lahan bekas tambang Islamic Center Parit 6 di perbatasan wilayah administrasi Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka Tengah (Bateng). Kini HPI Babel bersama mitranya menanam  semangka seluas 4 hektar di lahan tersebut.

"Saat ini, di lahan tersebut kami budidaya semangka, Insya Allah sekitar sebulan mendatang akan panen semangka di lahan empat hektar imi," Ujar Abdul Hamid Sekretaris HPI Babel, saat ditemui di lokasi kebun HPI Babel, Senin (14/10/2019).

Ditambahkannya, sebelumnya ditanam semangka lahan tersebut sempat ditanam sorghum, dan uji coba tanaman semangka sudah dilakukan uji coba dilahan seluas 1/2 hektar dengan jenis semangka inul biji. "Alhamdulillah, sebelumnya sudah berhasil," ujar Amek panggilan akrab sekretaris HPI Babel.

Sementara itu, saat disinggung mengapa HPI Babel tak lagi menanamkan tanaman sorgum. Abdul Hamid menyampaikan bahwa tanaman sorghum di lokasi kurang tepat ditanam dilokasi tersebut, dikarenakan menambah populasi hama burung yang seringkali menyinggahi tanaman sorgum.

"Bukan tidak berhasil ya, kita kan tahu di lokasi lahan kebun HPI Babel berdekatan dengan bandara, saat itu sekian hari jumlah burung terus bertambah, maka kita putuskan dalam rapat dan berkoordinasi dengan koordinasi tim Sorghum untuk tidak menanam sorghum, dikhawatirkan populasi hewan burung akan menganggu aktivitas kegiatan di bandara Depati Amir ini," pungkasnya. (rel)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Pers Alat Pemersatu Bangsa, Kasum TNI : Itu Kewajiban Tidak Bisa Ditawar Lagi !
Pers Alat Pemersatu Bangsa, Kasum TNI : Itu Kewajiban Tidak Bisa Ditawar Lagi !
Minggu, 17 November 2019 18:23 WIB
JAKARTA - Kepala Staf Umum (Kasum) TNI, Letjen Joni Supriyanto menegaskan, Pers sebagai alat pemersatu bangsa dan itu tidak bisa
Insan Pers Babel Berduka, Ketua Setwil FPII Babel Tutup Usia
Insan Pers Babel Berduka, Ketua Setwil FPII Babel Tutup Usia
Minggu, 17 November 2019 10:51 WIB
PANGKALPINANG - Innalillahi Wainnalillahi Rojiiun. Kabar duka menyelimuti keluarga besar wartawan Bangka Belitung (Babel). Pasalnya, rekan sejawat sekaligus Ketua Satwil
Tinjau Berbagai Permasalahan, Menteri Kelautan dan Perikanan RI Kunker Ke Babel
Tinjau Berbagai Permasalahan, Menteri Kelautan dan Perikanan RI Kunker Ke Babel
Sabtu, 16 November 2019 19:34 WIB
PANGKALPINANG - Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Edhy Prabowo melakukan kunjungan kerja (kunker) ke beberapa wilayah pelabuhan perikanan di Provinsi
Pemekaran Kabupaten Bangka Utara Butuhkan Dukungan Stakeholders
Pemekaran Kabupaten Bangka Utara Butuhkan Dukungan Stakeholders
Sabtu, 16 November 2019 12:00 WIB
PANGKALPINANG - Dalam rangka dengar pendapat tindak lanjut usulan pemekaran daerah otonomi baru Kabupaten Bangka Utara, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung