Penyidik Tahan Candra, Suranto dan Hidayat Dalam Proses


Penyidik Tahan Candra, Suranto dan Hidayat Dalam Proses
Istimewa

PANGKALPINANG - Penyidik Pidsus Kejati Babel menahan tersangka Chandra  pelaksana proyek  PJU solar call Belitung dan Belitung Timur, Provinsi Babel, Selasa (24/9/2019).  Sementara dua tersangka lainnya, Suranto Wibowo dan Hidayat masih dalam proses.

Kepala Seksi Penyidikan (Kasidik) Kejati Babel, Himawan mengatakan, sebelum dilakukan penahanan, tersangka Candra sempat ditangkap saat berada di wilayah Sungailiat, Kabupaten Bangka.

Tersangka kemudian dibawa ke ruangan Penyidik Pidsus Kejati Babel untuk dilakukan penyidikan. Penyidikan sendiri dilakukan dari siang hingga sore hari dan akhirnya dilakukan penahanan.

" Yang satu atas nama tersangka C sudah dilakukan penangkapan. Tersangka kemudian kita lakukan pemeriksaan dan langsung dilakukan penahanan. Tersangka sudah masuk Rutan Bang tadi pukul 17.00 WIB," ujar Himawan.

Pertanyaannya bagaimana dengan tersangka  Suranto mantan Kadis ESDM Babel yang juga  Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek PJU solar Call dan Hidayat selaku Direktur PT Nicko Pratama Mandiri Jakarta.

" Untuk kedua tersangka lainnya, SW dan H masih dalam proses, tidak menutup kemungkinan akan menyusul," katanya.

Sementara Kasi Penkum Kejati Babel , Roy Arlan menambahkan tersangka Candra telah sebelumnya sudah beberapa kali dilakukan pemanggilan oleh penyidik namun yang bersangkutan berhalangan hadir dengan alasan sakit. Namun saat di invertigasi kenyataanya tersangka tidak sakit.

" C ditahan karena tidak kooperatif, setelah dilakukan investigasi ternyata tersangka tidak sakit," kata Roy.

Diberitakan Radar Bangka sebelumnya, tiga tersangka terjerat kasus korupsi proyek Penerangan Jalan Umum (PJU) solar call Belitung dan Belitung Timur (Beltim), senilai Rp2,9 miliar batal diperiksa penyidik Kejati Babel dengan alasan sakit, Kamis (19/9/2019).

Ketiga tersangka yaitu Mantan Kadis ESDM Babel, Suranto Wibowo selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Direktur PT Niko Pratama Mandiri, Hidayat, dan Chandra sebagai Pelaksana Proyek PJU di 100 titik di Kabupaten dan Belitung Timur.

Kepala Seksi (Kasi) Penerangan Hukum (Penkum) Kejati Babel, Roy Arland saat dikonfirmasi membenarkan adanya agenda pemeriksaan, namun pemeriksaan harus ditunda karena ketiga tersangka berhalangan hadir.

"Tersangka hari ini tidak ada yang datang. Dengan alasan yang dapat diterima secara hukum yaitu sakit," ujar Roy 

Meski demikian penyidik telah mengagendakan kembali pemeriksaan terhadap ketiga tersangka Minggu depan.

" Penyidik akan melakukan panggilan kedua terhadap ketiganya Minggu depan," terang Roy. (wah)




Banner

Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
UBB Gelar Kuliah Umum Online Bahas Tentang Pendidikan Pasca Pandemi
UBB Gelar Kuliah Umum Online Bahas Tentang Pendidikan Pasca Pandemi
Selasa, 15 September 2020 21:21 WIB
PANGKALPINANG - Dalam rangka menyambut mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021, Universitas Bangka Belitung menyelenggarakan kuliah umum online yang mengangkat tema
Pejabat di Lingkup Pemprov Babel Lakukan Pemeriksaan Kesehatan
Pejabat di Lingkup Pemprov Babel Lakukan Pemeriksaan Kesehatan
Senin, 14 September 2020 12:44 WIB
AIR ANYIR - Dalam rangka memastikan kondisi kesehatan pimpinan yang ada di Lingkungan Pemprov Kepulauan Bangka Belitung (Babel), dilakukan pemeriksaan
Permudah Wajib Pajak, Pemprov Babel Lakukan Beragam Inovasi
Permudah Wajib Pajak, Pemprov Babel Lakukan Beragam Inovasi
Senin, 14 September 2020 12:42 WIB
PANGKALPINANG - Guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Bangka Belitung yang ingin membayar pajak kendaraan bermotor, Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung
Pusat Pendidikan dan Pelatihan Daerah Pramuka Ibarat Jantungnya Pramuka
Pusat Pendidikan dan Pelatihan Daerah Pramuka Ibarat Jantungnya Pramuka
Minggu, 13 September 2020 16:40 WIB
PANGKALPINANG - Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung (Kakwarda Babel), Melati Erzaldi mengatakan bahwa pusat pendidikan dan pelatihan