Kasidik : Sesuai SOP, Pemeriksaan Suranto Dilakukan Dalam Waktu Dekat


Kasidik : Sesuai SOP, Pemeriksaan Suranto Dilakukan Dalam Waktu Dekat
Ist

PANGKALPINANG - Aktor inteltual kasus korupsi PJU Solar Call di Belitung dan Belitung Timur (Beltim), Suranto Wibowo dalam waktu dekat akan dipanggil oleh penyidik Kejati Babel dalam kapasitasnya sebagai tersangka proyek PJU Solar Call Belitung dan Belitung Timur.

Selain Suranto, penyidik juga akan memanggil dua tersangka lainnya, yaitu Candra pelaksana dan Hidayat selaku Direktur Nicko Pratama Mandiri dan Candra selaku pelaksananya.

Kepala Seksi (Kasi) Penyidikan Kejati Babel, Himawan saat dihubungi Radar Bangka mengatakan, pemeriksaan terhadap tiga tersangka segera dilakukan dalam waktu dekat.

"Pemeriksaan terhadap terangka akan dilakukan dalam waktu yang tidak terlalu lama, sesuai dengan SOP yang ada,"tegas Himawan, Selasa (10/9/2019).

Sebelumnya, diwaktu yang sama Aspidsus Kejati Babel Edi Ermawan menegaskan, jika saat ini pihaknya sedang meminta keterangan dari sejumlah saksi ahli terkait dugaan tipikor proyek PJU Sollar Call Belitung dan Belitung Timur, dengan tersangka Surato Wibowo, Hidayat dan Candra.

" Penyidik sedang meminta keterangan dari saksi ahli, belum ada pemeriksaan terhadap tiga tersangka. Coba hubunggi Kasidik (Hilman..red),"jelasnya.

Menurut Edi, keterangan saksi ahli diperlukan dalam menentukan proses hukum selanjutnya. "Keterangan saksi ahli sangat mendukung penyidik dalam proses perkara di pengadilan," ujarnya.

" Kita mengambil ini, benar-benar pelaku yang bertangungjawab. Yang bertangungjawab ya ini dulu (Suranto, Candra dan Hidayat..red), untuk tersangka lain, lihat perkembangan setelah kita lakukan pemeriksaan para tersangka,"tegasnya.

Sebelumnya Kajati Babel, Aditya Warman, dengan tegas menepis adanya isu kasus PJU Belitung dan Belitung Timur akan di SP3. " Penahanan hanya menunggu waktu saja, jangan sampai nantinya waktu penahanan habis oleh penyidikan yang masih berlangsung,"ujar Kajati seperti dilansir salah satu media online lokal, beberapa waktu lalu.

Bahkan menurut Kajati, dari hasil penyidikan, saat proyek PJU berlangsung,  Suranto sempat diingatkan oleh anak buahnya karena proyek PJU tidak susuai spek. 

" Maka dari itu penyidik berkesimpulan kalau anak buah Suranto tidak memiliki niat untuk merugikan negara karena telah mengingatkan atasanya itu. Terkait ketidaksesuaian spek itu anak buanya menyatakan sebagai inisiatif Suranto,” ujar Kajati.(wah)




Banner

Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Aktivitas Pemerintahan Akan Kembali Normal Secara Bertahap Dalam Waktu Dekat
Aktivitas Pemerintahan Akan Kembali Normal Secara Bertahap Dalam Waktu Dekat
Kamis, 28 Mei 2020 15:08 WIB
PANGKALPINANG – Rapat koordinasi rencana normalisasi penyelenggaraan pemerintahan dipimpin langsung oleh Gubernur Erzaldi Rosman yang dihadiri oleh forkopimda di Ruang
Pemprov Babel Akan Buat Perda Protokol Penanganan Covid-19
Pemprov Babel Akan Buat Perda Protokol Penanganan Covid-19
Rabu, 27 Mei 2020 16:57 WIB
PANGKALPINANG - Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dalam waktu dekat ini akan menerapkan protokol Covid-19 dalam upaya untuk menuntaskan pemberantasan
Gubernur Erzaldi Kunjungi Normalisasi Kolong Kace
Gubernur Erzaldi Kunjungi Normalisasi Kolong Kace
Rabu, 27 Mei 2020 16:18 WIB
PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman meninjau proyek normalisasi Pembangunan Kolam Retensi Kolong Kace Tahap I, di
Pemprov Babel Persiapkan Perda Menuju Tatanan Hidup Baru
Pemprov Babel Persiapkan Perda Menuju Tatanan Hidup Baru
Kamis, 28 Mei 2020 14:56 WIB
PANGKALPINANG – Saat ini Kepulauan Babel sudah melakukan pencegahan dan penanganan Covid-19. Dari kebijakan nasional, maka Pemprov Babel akan mengubah