Tanggapi Aktivitas TI Babat HL Di Merapen, Ini Penjelasan Dirreskrimsus Polda Babel


Tanggapi Aktivitas TI Babat HL Di Merapen, Ini Penjelasan Dirreskrimsus Polda Babel
Dirreskrimsus, AKBP Indra

PANGKALPINANG - Aktivitas Tambang Inkonvensional (TI) ilegal yang membabat dan mengeksploitasi hutan lindung (HL) di Merapen Desa Lubukbesar, Kabupaten Bangka Tengah juga mendapat perhatian Polda Kepulauan Bangka Belitung.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Babel, AKBP Indra Krimasyadi mengatakan, tim nya telah turun ke lokasi untuk melakukan penertiban, namun aktivitas pertambangan tersebut sudah tidak ada lagi.

"Kita sudah kesana, tapi nggak ada aktivitas apa-apa," kata Dirreskrimsus kepada redaksi Radar Bangka saat berkunjung ke Mapolda Babel, Selasa (18/6/2019).

Ia menjelaskan, Gubernur Babel, Dinas Kehutanan, Kapolda, dan Unsur Forkompimda lainnya sepakat akan membentuk Tim Terpadu untuk penanganan masalah aktivitas TI ilegal ini.

"Dari Dinas Kehutanan ikut, terus dari kita juga ikut, rencananya begitu ada informasi, bergerak bersama, kemudian melakukan penegakkan hukum atau penertiban lah," jelasnya.

Selain itu, ia mengungkapkan, seharusnya pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah seharusnya ikut bertanggungjawab terhadap kerusakan lingkungan yang ditimbulkan dari penambangan ilegal yang telah merusak HL.

"Tanggung jawab lingkungan kan merupakan tanggung jawab mereka (Pemkab Bangka Tengah), harus bisa memperhatikan keseimbangan lingkungan," ungkapnya. 

"Pemerintah Kabupaten juga harus bertanggung jawab dan memikirkan pola-pola mana yang mesti digunakan untuk itu," tandasnya. (mon)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
BI Launching Aplikasi QRIS,  Apa Saja  Keunggulannya?
BI Launching Aplikasi QRIS, Apa Saja Keunggulannya?
Senin, 19 Agustus 2019 12:13 WIB
PANGKALPINANG - Bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI Ke 74, Bank Indonesia (BI) meluncurkan standar Quick Response (QR) Code untuk pembayaran
Tim Reformasi Birokrasi Kejagung RI Lakukan Penilaian WBK dan WBBM di Kejati Babel
Tim Reformasi Birokrasi Kejagung RI Lakukan Penilaian WBK dan WBBM di Kejati Babel
Senin, 19 Agustus 2019 10:41 WIB
PANGKALPINANG - Tim Reformasi Birokrasi Kejaksaan Agung RI melakukan penilaian zona integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih
Ribuan Peserta Ikut Jalan Sehat HUT PT Timah ke-43
Ribuan Peserta Ikut Jalan Sehat HUT PT Timah ke-43
Senin, 19 Agustus 2019 07:40 WIB
PANGKALPINANG - Sebanyak ribuan masyarakat Kota Pangkalpinang dan sekitarnya mengikuti jalan sehat yang diselenggarkan oleh PT Timah Tbk dalam rangka
Wali Kota Pangkalpinang akan Laksanakan Tugas Sesuai Amanat Presiden
Wali Kota Pangkalpinang akan Laksanakan Tugas Sesuai Amanat Presiden
Senin, 19 Agustus 2019 06:50 WIB
PANGKALPINANG - Wali Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Maulan Aklil (Molen) akan berusaha melaksanakan tugas sesuai dengan amanat yang