Tanggapi Aktivitas TI Babat HL Di Merapen, Ini Penjelasan Dirreskrimsus Polda Babel


Tanggapi Aktivitas TI Babat HL Di Merapen, Ini Penjelasan Dirreskrimsus Polda Babel
Dirreskrimsus, AKBP Indra

PANGKALPINANG - Aktivitas Tambang Inkonvensional (TI) ilegal yang membabat dan mengeksploitasi hutan lindung (HL) di Merapen Desa Lubukbesar, Kabupaten Bangka Tengah juga mendapat perhatian Polda Kepulauan Bangka Belitung.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Babel, AKBP Indra Krimasyadi mengatakan, tim nya telah turun ke lokasi untuk melakukan penertiban, namun aktivitas pertambangan tersebut sudah tidak ada lagi.

"Kita sudah kesana, tapi nggak ada aktivitas apa-apa," kata Dirreskrimsus kepada redaksi Radar Bangka saat berkunjung ke Mapolda Babel, Selasa (18/6/2019).

Ia menjelaskan, Gubernur Babel, Dinas Kehutanan, Kapolda, dan Unsur Forkompimda lainnya sepakat akan membentuk Tim Terpadu untuk penanganan masalah aktivitas TI ilegal ini.

"Dari Dinas Kehutanan ikut, terus dari kita juga ikut, rencananya begitu ada informasi, bergerak bersama, kemudian melakukan penegakkan hukum atau penertiban lah," jelasnya.

Selain itu, ia mengungkapkan, seharusnya pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah seharusnya ikut bertanggungjawab terhadap kerusakan lingkungan yang ditimbulkan dari penambangan ilegal yang telah merusak HL.

"Tanggung jawab lingkungan kan merupakan tanggung jawab mereka (Pemkab Bangka Tengah), harus bisa memperhatikan keseimbangan lingkungan," ungkapnya. 

"Pemerintah Kabupaten juga harus bertanggung jawab dan memikirkan pola-pola mana yang mesti digunakan untuk itu," tandasnya. (mon)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Gubernur Babel Hadiri Rakornas Investasi Tahun 2020
Gubernur Babel Hadiri Rakornas Investasi Tahun 2020
Jum'at, 21 Februari 2020 10:20 WIB
PANGKALPINANG - Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi Tahun 2020 dalam rangka koordinasi dan konsolidasi program/kegiatan penanaman modal antara pemerintah pusat
55 Jurnalis Bangka Belitung Ikut Pelatihan dan Gathering OJK
55 Jurnalis Bangka Belitung Ikut Pelatihan dan Gathering OJK
Jum'at, 21 Februari 2020 10:17 WIB
PANGKALPINANG - Sebanyak 55 jurnalis dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Jambi, Lampung dan Bengkulu mengikuti pelatihan dan gathering
Hari Ini, Naziarto Resmi Jadi Sekda Provinsi Babel
Hari Ini, Naziarto Resmi Jadi Sekda Provinsi Babel
Senin, 17 Februari 2020 14:18 WIB
PANGKALPINANG – Analisis Pengelola BMN Sekretariat Jenderal Kementerian Sosial RI, Dr Drs Naziarto SH MH hari ini Senin (17/2//2020),
BPN dan Kejari Pangkalpinang Gelar PKS
BPN dan Kejari Pangkalpinang Gelar PKS
Selasa, 11 Februari 2020 16:32 WIB
PANGKALPINANG-Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Pangkalpinang gelar Perjanjian Kerjasama (PKS) atau MoU dalam rangka pendampingan hukum, aset