Puluhan Massa Gelar Aksi Damai Di Depan Kantor Bawaslu Babel, Ini Empat Poin Tuntutannya


Puluhan Massa Gelar Aksi Damai Di Depan Kantor Bawaslu Babel, Ini Empat Poin Tuntutannya

PANGKALPINANG - Puluhan massa yang tergabung dalam Forum Rakyat Bangka Belitung menggelar aksi damai didepan Kantor Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (16/5/2019) sore.

Aksi tersebut dilatarbelakangi oleh adanya indikasi kecurangan-kecurangan yang dilakukan oleh salah satu Pasangan Calon (Paslon) Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu 17 April lalu.

Oleh karena itu, dalam aksi tersebut, salah satu koordinator Forum Rakyat Bangka Belitung, Ustad Firman membacakan empat poin yang menjadi pernyataan sikap mereka kepada pihak Bawaslu Babel.

"Yang pertama, telah terjadi berbagai kecurangan dan kejahatan yang bersifat terstruktur, sistematis dan matis (tsm) dalam proses penyelenggaraan pemilu," kata Firman dalam orasinya.

Pernyataan sikap yang kedua, lanjut dia, Bawaslu Babel harus menindaklanjuti laporan dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) terhadap adanya dugaan kecurangan tersebut.

"Tiga, mendesak Bawaslu dan KPU untuk memutuskan atau mendiskualifikasi Paslon Capres dan Cawapres yang melakukan kecurangan terstruktur, sistematis dan masiv pada Pemilu 2019," sambungnya.

Kemudian, pernyataan sikap yang keempat, yakni mendesak Bawaslu dan KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk menyampaikan gugatan rakyat Bangka Belitung Ke Bawaslu dan KPU RI. 

Menanggapi aksi tersebut, Komisioner Bawaslu Babel, Firman Pardede bersama tiga komisioner lainnya, menyambut baik kedatangan Forum Rakyat Babel.

"Karena itu aspirasi kan, jadi nanti kita akan sampaikan empat poin pernyataan sikap secara tertulis tersebut ke Bawaslu RI secepatnya," ujarnya.

Setelah berkas pernyataan sikap secara tertulis tersebut diserahkan kepada Komisioner Bawaslu Babel, akhirnya puluhan massa tersebut membubarkan diri dari lokasi aksi. (mon)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Gugatan TUN Zaidan Diterima PTUN
Gugatan TUN Zaidan Diterima PTUN
Minggu, 13 Oktober 2019 17:07 WIB
PANGKALPINANG - Gugatan Tata Usaha Negara (TUN) yang diajukan Zaidan SH & Partner selaku kuasa hukum pedagang Plaza Tamansari Sungailiat,
Kuasa Hukum Optimis Hakim Akan Kabulkan  Gugatan Praperadilan Suranto
Kuasa Hukum Optimis Hakim Akan Kabulkan Gugatan Praperadilan Suranto
Minggu, 13 Oktober 2019 10:17 WIB
PANGKALPINANG - Kuasa hukum tersangka dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) proyek PJU solar call Belitung, Suranto Wibowo optimis gugatan
Divonis 2 Tahun Karena Tak Punya Uang Penganti
Divonis 2 Tahun Karena Tak Punya Uang Penganti
Sabtu, 12 Oktober 2019 16:04 WIB
PANGKALPINANG - Mantan Sekwan DPRD Belitung, Bangka Belitung (Babel), Kristianto Didit Wibowo diamankan oleh tim gabungan Kejati Babel, Intelijen Kejagung
Mantan Sekwan Belitung Bungkam, Ditangkap Tanpa Perlawanan
Mantan Sekwan Belitung Bungkam, Ditangkap Tanpa Perlawanan
Sabtu, 12 Oktober 2019 08:33 WIB
PANGKALPINANG - Mantan Sekretaris DPRD Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung (Babel) Kristianto DW, Bungkam saat ditanya wartawan terkait penangkapan dirinya