Pengadilan Tinggi Canangkan Zona Integritas WBK


Pengadilan Tinggi Canangkan Zona Integritas WBK

PANGKALPINANG - Pengadilan Tinggi Bangka Belitung (Babel) melaksanakan pencanangan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Ruang Sidang Utama Pengadilan Tinggi Babel, Kamis (21/3/2019).

Kepala Pengadilan Tinggi Babel, Kornel Sianturi mengatakan, Mahkamah Agung (MA) telah membuat dokumen Perencanaan Jangka Panjang Badan Pengadilan Indonesianyang disebut Cetak Biru (Blue Print) Pembaruan Peradilan Indonesia 2010-2035 yang merupakan penyempurnaan Cetak Biru 2003.

"Guna mewujudkan Peradilan Agung dan Modern serta pada laporan tahunan 2018 pada Bulan Februari 2019 mengambil tema Era Baru Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi serta Azas Peradilan sederhana, murah dan cepat," kata Kornel dalam sambutannya.

Ia mengungkapkan, dalam rangka peningkatan pelayanan publik bagi masyarakat khususnya pencari keadilan, MA telah membuat beberapa kebijakan di empat lingkungan Badan Peradilan dibawahnya.

"Yang pertama Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP/CTS), kedua Aplikasi Sistem Informasi Pengawasan dan Pengaduan (SIWAS), ketiga Akreditasi Penjaminan Mutu (APM), keempat Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), kelima Program Reformasi Birokrasi (RB), keenam Program Electronik Court (E-Court) dan Program Zona Integritas WBK dan WBBM," urainya.

Lebih jauh dijelaskannya, Pimpinan MA mewajibkan Pengadilan Tingkat Pertama maupun Tingkat Banding empat lingkungan peradilan tahun 2019 melaksanakan Pencanangan Zona Integritas guna mendapatkan sertifikat Zona Integritas WBK dan WBBM dari pemerintah.

Untuk itu dirinya berharap dukungan dan doa kepada Gubernur, Ketua DPRD Babel, Forkompimda dan tamu undangan lainnya agar sertifikat Zona Integritas WBK dan WBBM dapat diraih.

"Saya selaku Pimpinan Pengadilan Tinggi Bangka Belitung merasa berat untuk mendapatkan Sertifikat Zona Integritas tersebut, sehingga dengan hal demikian saya memohon doa restu dan dukungan moral kepada Gubernur, Ketua DPRD Babel, Forkompimda dan para undangan yang saya hormati," harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Babel, Erzaldi Rosman mengatakan, beberapa kebijakan yang telah dibuat oleh MA ini dapat mendorong sistem peradilan yang transparan.

"Dengan adanya sistem informasi yang sudah dibentuk oleh MA yang mendorong terus jajaran Pengadilan Tinggi semua transparan, dan ini tentunya era baru menuju negara kita yang berasaskan keadilan kita ini," ujarnya.

Oleh sebab itu, dirinya sangat mendukung Pencanangan Zona Integritas yang dilakukan oleh Pengadilan Tinggi Babel.
"Kita sangat mendukung Zona Integritas ini, saya yakin dan percaya pelayanan hukum kita untuk masyarakat kita tentunya akan lebih baik," ungkapnya.

Setelah penyampaian kata sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan Fakta Integritas oleh Kepala Pengadilan Tinggi Babel dan diikuti oleh para saksi yakni, Gubernur Erzaldi, Ketua DPRD Babel, Kapolda Babel dan para pemangku kepentingan lainnya. (mon)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Terima Surat Dari BOPI, Babel United Siap Diverifikasi
Terima Surat Dari BOPI, Babel United Siap Diverifikasi
Sabtu, 15 Juni 2019 19:29 WIB
PANGKALPINANG - Babel United FC telah menerima surat dari Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) perihal Proses Verifikasi Intensif, Sabtu (15/6/2019).
Hasil Audiensi DPRD Babel, Tidak Ada Larangan Ekspor Bagi Pengusaha Smelter
Hasil Audiensi DPRD Babel, Tidak Ada Larangan Ekspor Bagi Pengusaha Smelter
Jum'at, 14 Juni 2019 15:55 WIB
PANGKALPINANG - DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar audiensi dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Pihak Surveyor
Jadi Tuan Rumah Lomba GTK Tingkat Nasional, Babel Siapkan 16 Guru Paud Berprestasi
Jadi Tuan Rumah Lomba GTK Tingkat Nasional, Babel Siapkan 16 Guru Paud Berprestasi
Rabu, 12 Juni 2019 14:19 WIB
PANGKALPINANG - Sebanyak 16 guru Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) yang berprestasi dan berdedikasi akan mengikuti Lomba Guru dan Tenaga
Kontraktor Diminta  Bertangungjawab
Kontraktor Diminta Bertangungjawab
Rabu, 12 Juni 2019 23:59 WIB
PANGKALPINANG - Plt Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan kota Pangkalpinang, Suriyanto mengatakan, pasca kejadian atap ruangan rapat roboh, pihaknya telah menghubunggi