Kecewa Pelayan Publik WA Ombudsman


Kecewa Pelayan Publik WA Ombudsman

PANGKALPINANG - Dalam rangka merayakan Hari Jadi (HUT) yang ke 18 tepat pada 10 Maret 2018, Ombudsman RI Perwakilan Bangka Belitung (Babel) meluncurkan nomor Handphone cara pelaporan via Whats App (WA) untuk mempermudah masyakat memberikan Laporan terkait permasalahan dalam pelayan publik.
  
Kepala perwakilan Ombudsman Babel, Jumli Jamaluddin mengatakan, peluncuran cara baru mengadu via phone baik melalui sms atau Whatsapp ini menjadi terobosan baru, sebagai upaya Ombudsman memberikan pelayan terbaik kepada masyarakat.

"Ini dalam rangka mempermudah masyarakat atau siapapun untuk melapor, sesuai prosedur yang ada," ujarnya, Kamis (15/3) kemarin.

Jumli menjelaskan, mekanisme pelaporan melalui SMS atau WA ini tak jauh berbeda dari yang sebelumnya, hanya saja masyarakat lebih dipermudah dengan diluncurkannya cara yang baru ini.

"Sebenarnya tidak jauh berbeda dari tata cara pelaporan sebelumnya, hanya saja karena syarat melapor diperlukan identitas si pelapor, jadi nantinya si pelapor dalam melaporkan selain mengirimkan kronologi laporan juga disertai photo identitas pelapor," jelasnya.

Sepanjang tahun 2018 sampai bulan Maret, diungkapkan Jumli, Ombudsman telah menerima sedikitnya 44 laporan dari masyarakat dan 8 diantaranya sudah diselesaikan.

"Dari laporan yang masuk langsung kita tindak lanjuti dengan memeriksa berkas-berkas laporan, namun ada juga sebagian dari laporan yang masuk telah diselesaikan oleh pihak bersangkutan itu sendiri, atau melalui mediasi dan rekosiliasi," paparnya.

Pada pertemuan ini juga, Ia berharap akan dapat meningkatkan sinergitas antara Ombudsman dan media sebagai patrner dalam kontrol sosial politik di masyarakat.

"Kami (Ombudsman-Red) akan terus berupaya bersinergi dengan media manapun baik cetak, online, TV, Radio dan sebagainya," sebutnya.

"Selain itu juga kami berharap dibentuk unit pengelolaan pengaduan masyarakat di tiap instansi dan kami juga akan terus melakukan pencegahan dengan cara aksi simpatik dan kerjasama dengan berbagai pihak khususnya pemerintah daerah," tandasnya. (Dik)




Banner

Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Gubernur Erzaldi Rayakan Lebaran Dengan Menyapa Tenaga Medis Serta Pasien Covid-19
Gubernur Erzaldi Rayakan Lebaran Dengan Menyapa Tenaga Medis Serta Pasien Covid-19
Minggu, 24 Mei 2020 13:48 WIB
PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman memberikan perhatian besar pada tenaga medis baik dokter, perawat, dan tenaga
Gubernur Erzaldi dan Keluarga Besar Berbagi Rezeki Kepada Para Tuna Netra
Gubernur Erzaldi dan Keluarga Besar Berbagi Rezeki Kepada Para Tuna Netra
Kamis, 21 Mei 2020 20:14 WIB
PANGKALPINANG – Keluarga besar Gubernur Erzaldi Rosman kembali berbagi di bulan suci Ramadan. Dengan didampingi oleh istri dan kedua anaknya,
Wako Pangkalpinang : Kepala OPD Yang Terkonfirmasi Positif Covid-19 Sudah Menjalani Isolasi Mandiri
Wako Pangkalpinang : Kepala OPD Yang Terkonfirmasi Positif Covid-19 Sudah Menjalani Isolasi Mandiri
Jum'at, 22 Mei 2020 03:16 WIB
PANGKALPINANG -- Salah satu pejabat esselon II di lingkungan Pemkot Pangkalpinang terkonfirmasi positif covid-19. Informasi ini di sampaikan langsung Wali
Warga Bintet terima Bantuan Sembako dari Gubernur
Warga Bintet terima Bantuan Sembako dari Gubernur
Rabu, 20 Mei 2020 20:22 WIB
PANGKALPINANG - Sebanyak 80 warga Desa Bintet, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Rabu (20/5/0) siang, mendapat bantuan sembako dari Gubernur Kepulauan