Dishut Babel Akui Lemahnya Pengawasan


Dishut Babel Akui Lemahnya Pengawasan

PANGKALPINANG-Kepala Dinas Kehutanan (Dishut) Bangka Belitung (Babel), Marwan mengakui lemahnya pengawasan pihaknya terhadap maraknya aktifitas illegal logging yang merambah kawasan hutan di Babel.

Namun Marwan juga tidak ingin keberadaan Polisi Hutan (Polhut) daerah ini disalahkan dalam melakukan pengawasan terhadap kawasan hutan yang marak dijarah pelaku kepentingan.

"Bukan hanya Polhut yang lemah, yang lain juga lemah seperti aparat-aparat penegak hukum lainnya harus mengawasi ini," katanya kepada Kantor Berita RMOLBabel, Senin (25/2).

Menurut dia, ?dengan keterbatasan jumlah personil Polhut yang berjumlah 15 orang dirasakan tidak efektif untuk melakukan pengawasan terhadap kawasan hutan yang ada.

Kendati demikian, pihaknya tetap konsisten untuk terus melakukan pengawasan kawasan hutan yang ada dengan memberdayakan personil Polhut.

"Sekarang kita berdayakan walaupun jumlah Polhut kita cuma 15 orang se-Bangka dengan menempatkan 2 orang personil Polhut disetiap KPH yang ada di Bangka,"katanya.

Walaupun dengan keterbatasan personil, Marwan mengaku Polhut telah membuktikan bahwa mereka bisa melakukan perannya sebagai penjaga hutan.

"Walaupun jumlah kita kecil dan tidak punya senjata tapi kita harus punya peran karena tugas kita untuk melindungi itu. Setelah dilakukan, ternyata kita bisa dan ini telah mereka buktikan," katanya. [lio]  





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Pemprov Babel Verifikasi Penilaian Penghargaan Kesetaraan Gender secara Online
Pemprov Babel Verifikasi Penilaian Penghargaan Kesetaraan Gender secara Online
Selasa, 16 Maret 2021 08:36 WIB
PANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) hari ini mengikuti kegiatan Verifikasi Lapangan secara online oleh Kementerian Kementerian Pemberdayaan
Pengunaan Kawasan Hutan Disesuaikan dengan Aturan Baru
Pengunaan Kawasan Hutan Disesuaikan dengan Aturan Baru
Selasa, 16 Maret 2021 08:33 WIB
PANGKALPINANG – Dengan diterbitkannya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Kehutanan, maka kebijakan mengenai penggunaan kawasan
Gubernur Serukan Pariwisata Belitung Segera Pulih
Gubernur Serukan Pariwisata Belitung Segera Pulih
Selasa, 16 Maret 2021 08:31 WIB
SIJUK - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman optimis sektor pariwisata Belitung akan maju dan berkembang di tengah pandemi.
Gerak Cepat Gubernur Atasi Keinginan Peternak
Gerak Cepat Gubernur Atasi Keinginan Peternak
Senin, 15 Maret 2021 08:47 WIB
KELAPA KAMPIT - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman berkunjung ke PT SWP (Steelindo Wahana Perkasa) di Desa Senyubuk,