Gubernur Himbau DPRD Awasi APBD


Gubernur Himbau DPRD Awasi APBD

PANGKALPINANG - Setelah melalui proses pembahasan yang cukup dinamis dari Komisi DPRD, dilanjutkan oleh Badan Anggaran DPRD dengan TAPD, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bersama DPRD Babel resmi mengesahkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2018.

Penetapan tersebut dilakukan melalui rapat paripurna pengambilan keputusan APBD 2018 yang digelar Kamis (30/11) siang.
Gubernur Babel, Dr. H. Erzaldi Rosman, SE, M.Si hadir langsung dalam Rapat Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Didit Srigusjaya didampingi Wakil Ketua DPRD Hendra Apolo, Amri Cahyadi dan Dedi Yulianto serta dihadiri oleh 35 dari 45 Anggota DPRD Babel itu.

Hadir juga dalam pertemuan tersebut, Forkopimda, Sekda dan Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemprov Babel serta tokoh masyarakat.

Atas pengesahan APBD 2018, Gubernur mengucapkan  terima kasih kepada Anggota DPRD Babel yang telah mencurahkan energi dan pikiran serta memberikan saran tanggapan dan koreksi atas Rancangan APBD ini.

“Perda tentang APBD tahun Anggaran 2018 ini, merupakan dasar hukum dan pedoman Pemerintah Daerah untuk mendanai dan membiayai semua program pembangunan di Provinsi Babel,” terang Gubernur Erzaldi dalam sambutannya.

Dengan semakin kompleksnya program dan kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan, lanjut Erzaldi, maka semua dituntut untuk bekerja keras agar tercapai sasaran program dan kegiatan pembangunan tanpa mengurangi sikap kehati-hatian yang merupakan kewajiban Pemda untuk mewujudkan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta menciptakan rasa keadilan dalam kehidupan masyarakat di Babel.

Gubernur Erzaldi mengharapkan bantuan DPRD dalam hal ini Ketua, para Wakil serta Anggota DPRD Babel untuk secara optimal dan proporsional mengawasi APBD ini, sesuai dengan arah dan tujuan yang telah disepakati bersama dalam RPJMD tahun 2017-2022.

Selain pengawasan legislatif, di era keterbukaan informasi masyafakat juga dapat melakukan pengawasan terhadap pelaksanaaan anggaran ini. Untuk itu, APBD tahun anggaran 2018 harus dilaksanakan secara tertib sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Terhadap catatan usulan saran serta masukan yang telah disampaiakan oleh Fraksi-fraksi akan menjadi perhatian dalam melaksanakan APBD 2018 dan penyusunan rancangan APBD pada tahun anggaran selanjutnya.

Sebelumnya, ke 7 fraksi yang ada di DPRD Babel menyampaikan pandangan Akhirnya yang selanjutnya diambil keputusan untuk disahkan menjadi Perda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Tercatat dari ketujuh fraksi tersebut menerima dan menyetujui rancangan APBD untuk dijadikan Perda. Dan langsung dilakukan penandatanganan oleh Gubernur, Ketua dan Wakil Ketua DPRD.

Hasil pengesahan ini, selanjutnya sesegera mungkin disampaikan ke Kementerian Dalam Negeri untuk dievaluasi sesuai dengan peraturan Perundang-undangan yang berlaku.(humas prov)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Empat Pimpinan DPRD Babel Resmi Dilantik, Didit Tetap Jadi Ketua
Empat Pimpinan DPRD Babel Resmi Dilantik, Didit Tetap Jadi Ketua
Rabu, 16 Oktober 2019 13:23 WIB
PANGKALPINANG - Empat Pimpinan DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masa jabatan 2019-2024 resmi dilantik setelah pengucapan sumpah/janji jabatan di Ruang
Jelang Pelantikan Pimpinan, DPRD Babel Gelar Gladi Bersih
Jelang Pelantikan Pimpinan, DPRD Babel Gelar Gladi Bersih
Selasa, 15 Oktober 2019 19:12 WIB
PANGKALPINANG - Sekretariat DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Gladi Bersih jelang pelantikan dan pengucapan sumpah/janji jabatan empat pimpinan DPRD
Menyambut 100 Tahun Indonesia PWI Gelar Seminar Mimpi Tokoh Muda Untuk Indonesia 2045
Menyambut 100 Tahun Indonesia PWI Gelar Seminar Mimpi Tokoh Muda Untuk Indonesia 2045
Selasa, 15 Oktober 2019 11:03 WIB
JAKARTA - Apa yang Anda bayangkan tentang Indonesia 100 tahun? Semua cita-cita kebangsaan yang dicanangkan para pendiri bangsa seharusnya sudah
ACT dan HPI Siap Bersinergi Sejahterakan Babel
ACT dan HPI Siap Bersinergi Sejahterakan Babel
Senin, 14 Oktober 2019 19:00 WIB
PANGKALPINANG - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bersama dengan organisasi Himpunan Pewarta Indonesia (HPI) Babel siap