Ketua DPRD Babel Ikut Tax Amnesty


Ketua DPRD Babel Ikut Tax Amnesty

            PANGKALPINANG - Ketua DPRD Babel, Didit Srigusjaya turut ikut Tax Amnesty atau pengampunan pajak dibawah tahun 2015. Pembayaran pajak sendiri berlangsung di ruang ketua DPRD, dengan dihadiri langsung Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP), Pratama Pangkalpinang, Fadjar Julianto, Selasa (29/11), kemarin.

             Didit Srigusjaya mengungkapkan, sebagai pejabat publik di Babel maka dirinya wajib melaksanakan TA tersebut, apalagi tujuannya untuk menunjukan transparansi dari wajib pajak dan pelaksana pejabat publik. "Apa yang baru saja saya lakukan mudah-mudahan dapat diikuti oleh teman-teman pejabat publik baik di tingkat legeslatif, eksekutif baik di Provinsi, Kabupaten maupun kota," harapnya.

            Diakuinya, dirinya ikut Tax Amnesty tak lepas dari kesadaran sekaligus untuk memberikan contoh, walaupun halnya kecil tapi wajib dilakukan. Apalagi membayar pajak merupakan bentuk rasa nasionalisme terhadap pembangunan bangsa dan negara dan untuk kepentingan masyarakat luas. Selain itu untuk dilingkungan DPRD Babel sendiri dapat disimpulkan baru dua orang yang mengikuti TA, selain Didit juga ada H Haryadi yang sudah lebih dulu mengikuti TA.

            "Selain abang, ada pak H Haryadi, Insya Allah yang lain menyusul karena lagi menghitung hitung aset ada berapa. Yang jelas ini menjadi contoh bagi pejabat-pejabat di Babel bahwa inilah bukti kita sebagai pejabat untuk menunjukan rasa patriotisme kita dijaman sekarang untuk segera mewujudkan TA, "katanya. “Jika ini tidak diberikan contoh yang baik, maka saya yakin akan juga memberi preseden yang buruk bagi wajib pajak di Babel,“ terangnya.

    Sementara Kepala KPP Pratama Pangkalpinang, Fadjar Julianto mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh ketua DPRD Babel tersebut, telah memberikan gambaran dari dua sudut pandang, selain sebagai wajib pajak yang patuh dan mengambil kesempatan ikut bagian dalam mengambil TA. Selain itu sebagai pejabat publik, Fadjar mengaku jika Didit diharapkan memberi contoh kepada para pejabat, bahwa pada kesempatan pertama harus mengambil TA sebagai wujud kontribusi dan sebagai wujud patriotisme nilai-nilai pahlawan di jaman sekarang dengan patuh dan taat pajak.

            "Sebagai informasi sampai hari ini, (kemarin,red) di Pangkalpinang realisasi uang tebusan sudah mencapai Rp 91,8 M dari 1158 wajib pajak. Itu tercatat dari periode satu sampai dengan hari ini," ungkapnya.

                Memasuki periode ke dua yang akan berakhir pada tanggal 31 Desember 2016, dengan tarif 3 persen. Dan bagi wajib pajak yang mengikuti TA sendiri sebenarnya bersipar rahasian namun berbeda saat ini, dimana Ketua DPRD Babel sendiri berupaya mempublikasikan dalam memberikan dorongan kepada masyarakat, karena ini merupakan kepentingan semua dan di atur dalam undang-undang nomor 11 tahun 2016.

    "Jika sampai berakhirnya TA, tentu ada konsekuensi kalau masyarakat punya harta tapi tidak diikutkan amnesti pajak, sanksinya tentu akan sangat memberatkan ketimbang diikutkan amnesti pajak sekarang. Bahkan setelah lewat 30 April nanti, Direktoral Jendral Pajak akan melakukan pemeriksaan terhadap wajib pajak yang ada data di kami tidak diikutkan amesty pajak. Jadi memang, selakigus kami mengingatkan agar masyarakat tidak mendapatkan beban dikemudian hari," tukasnya.

            Terkait sanksi, bagi yang tidak mengikuti TA nilai hartanya akan diangap sebagai harta penghasilan dan dikenakan tarif normal, tarif normal yang dimaksud bisa saja berlipat lipat dibadnding tarif sekarang yang hanya 3 persen. “Jadi sayang jika tidak diikuti,”pungkasnya. (wah)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Jelang Pilkada 2020, Partai Nasdem Babel Buka Pendaftaran Calon Kepala Daerah
Jelang Pilkada 2020, Partai Nasdem Babel Buka Pendaftaran Calon Kepala Daerah
Sabtu, 24 Agustus 2019 15:54 WIB
PANGKALPINANG - Partai Nasdem Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memberikan kesempatan kepada para putra-putri terbaik daerah untuk mencalonkan diri menjadi
Sebanyak 162 Peserta Ikut Karnaval HUT RI Ke 74
Sebanyak 162 Peserta Ikut Karnaval HUT RI Ke 74
Sabtu, 24 Agustus 2019 13:55 WIB
PANGKALPINANG - Sebanyak 162 peserta mengikuti kegiatan karnaval jalan kaki dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 74, di Kota
Harapkan Royalti Dari Pusat, Gubernur Erzaldi Dorong Ekspor Zirkon
Harapkan Royalti Dari Pusat, Gubernur Erzaldi Dorong Ekspor Zirkon
Jum'at, 23 Agustus 2019 14:15 WIB
PANGKALPINANG - Salah satu bentuk upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung dalam mengoptimalisasikan Pendapatan Asli Daerah (PAD), yakni dengan
Pansus RZWP3K DPRD Babel Selesaikan Penetapan Zona Wisata
Pansus RZWP3K DPRD Babel Selesaikan Penetapan Zona Wisata
Kamis, 22 Agustus 2019 22:15 WIB
PANGKALPINANG - Pansus Rencana Zona Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K) DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar rapat pembahasan