Tim Gabungan Tertibkan Tambang Ilegal di Mangkol


Tim Gabungan Tertibkan Tambang Ilegal di Mangkol

PANGKALPINANG - Tim gabungan yang terdiri dari Dinas Kehutanan, Satuan Brimob dan Ditreskrimsus Polda Kepulauan Bangka Belitung melakukan penertiban terhadap aktivitas tambang inkonvensional ilegal yang beroperasi di kawasan hutan konservasi Gunung Mangkol, Bangka Tengah.

"Tambang tersebut kami tertibkan pada Selasa (25/10) sekitar pukul 13.00 WIB. Tambang tersebut kami tertibkan berdasarkan laporan dari masyarakat terhadap aktivitas di kawasan hutan konservasi," kata Kabid Humas Polda Kepulauan Bangka Belitung, AKBP Abdul Mun'im di Pangkalpinang, Rabu (26/10).

Ia mengatakan, dalam penertiban itu pihaknya berhasil mengamankan delapan pekerja tambang, di mana tujuh orang sebagai saksi dan satu orang sebagai pengelola telah ditetapkan sebagai tersangka.

"Setelah dilakukan pemeriksaan tujuh orang yang ditetapkan sebagai saksi sudah kami pulangkan ke rumahnya masing-masing. Sedangkan satu orang sebagai pengelola tambang yakni SH sudah ditetapkan sebagai tersangka dan saat ini masih terus menjalani pemeriksaan guna pengembangan lebih lanjut," katanya.

Selain mengamankan delapan pekerja, dalam penertiban itu pihaknya juga mengamankan beberapa barang buktiberupa dua unit mesin tambang inkonvensional kapasitas 22 PK, satu unit alat berat merk Kitachi warna orange.

"Untuk alat berat tersebut hingga kini masih kami telusuri siapa pemiliknya, karena dalam penertiban itu kami tidak menemukan operator alat berat tersebut," katanya.

Dikatakannya, berdasarkan pengakuan para pekerja, tambang ilegal tersebut sudah beroperasi sekitar satu bulan lebih, di mana pemilik tambang itu yakni Sujono alias Ataw warga Desa Jeruk, Kecamatan Pangkalan Baru, Bangka tengah.

"Untuk pemilik alat berat hingga kini masih kami dalami, sedangkan untuk pemilik tambang yang sudah kami ketahui identitasnya masih terus kami lakukan pengejaran," ujarnya.(ant/rb)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
BI Launching Aplikasi QRIS,  Apa Saja  Keunggulannya?
BI Launching Aplikasi QRIS, Apa Saja Keunggulannya?
Senin, 19 Agustus 2019 12:13 WIB
PANGKALPINANG - Bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI Ke 74, Bank Indonesia (BI) meluncurkan standar Quick Response (QR) Code untuk pembayaran
Tim Reformasi Birokrasi Kejagung RI Lakukan Penilaian WBK dan WBBM di Kejati Babel
Tim Reformasi Birokrasi Kejagung RI Lakukan Penilaian WBK dan WBBM di Kejati Babel
Senin, 19 Agustus 2019 10:41 WIB
PANGKALPINANG - Tim Reformasi Birokrasi Kejaksaan Agung RI melakukan penilaian zona integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih
Ribuan Peserta Ikut Jalan Sehat HUT PT Timah ke-43
Ribuan Peserta Ikut Jalan Sehat HUT PT Timah ke-43
Senin, 19 Agustus 2019 07:40 WIB
PANGKALPINANG - Sebanyak ribuan masyarakat Kota Pangkalpinang dan sekitarnya mengikuti jalan sehat yang diselenggarkan oleh PT Timah Tbk dalam rangka
Wali Kota Pangkalpinang akan Laksanakan Tugas Sesuai Amanat Presiden
Wali Kota Pangkalpinang akan Laksanakan Tugas Sesuai Amanat Presiden
Senin, 19 Agustus 2019 06:50 WIB
PANGKALPINANG - Wali Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Maulan Aklil (Molen) akan berusaha melaksanakan tugas sesuai dengan amanat yang