Tim Gabungan Tertibkan Tambang Ilegal di Mangkol


Tim Gabungan Tertibkan Tambang Ilegal di Mangkol

PANGKALPINANG - Tim gabungan yang terdiri dari Dinas Kehutanan, Satuan Brimob dan Ditreskrimsus Polda Kepulauan Bangka Belitung melakukan penertiban terhadap aktivitas tambang inkonvensional ilegal yang beroperasi di kawasan hutan konservasi Gunung Mangkol, Bangka Tengah.

"Tambang tersebut kami tertibkan pada Selasa (25/10) sekitar pukul 13.00 WIB. Tambang tersebut kami tertibkan berdasarkan laporan dari masyarakat terhadap aktivitas di kawasan hutan konservasi," kata Kabid Humas Polda Kepulauan Bangka Belitung, AKBP Abdul Mun'im di Pangkalpinang, Rabu (26/10).

Ia mengatakan, dalam penertiban itu pihaknya berhasil mengamankan delapan pekerja tambang, di mana tujuh orang sebagai saksi dan satu orang sebagai pengelola telah ditetapkan sebagai tersangka.

"Setelah dilakukan pemeriksaan tujuh orang yang ditetapkan sebagai saksi sudah kami pulangkan ke rumahnya masing-masing. Sedangkan satu orang sebagai pengelola tambang yakni SH sudah ditetapkan sebagai tersangka dan saat ini masih terus menjalani pemeriksaan guna pengembangan lebih lanjut," katanya.

Selain mengamankan delapan pekerja, dalam penertiban itu pihaknya juga mengamankan beberapa barang buktiberupa dua unit mesin tambang inkonvensional kapasitas 22 PK, satu unit alat berat merk Kitachi warna orange.

"Untuk alat berat tersebut hingga kini masih kami telusuri siapa pemiliknya, karena dalam penertiban itu kami tidak menemukan operator alat berat tersebut," katanya.

Dikatakannya, berdasarkan pengakuan para pekerja, tambang ilegal tersebut sudah beroperasi sekitar satu bulan lebih, di mana pemilik tambang itu yakni Sujono alias Ataw warga Desa Jeruk, Kecamatan Pangkalan Baru, Bangka tengah.

"Untuk pemilik alat berat hingga kini masih kami dalami, sedangkan untuk pemilik tambang yang sudah kami ketahui identitasnya masih terus kami lakukan pengejaran," ujarnya.(ant/rb)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Membuat Perda Harus Selektif
Membuat Perda Harus Selektif
Rabu, 20 November 2019 11:48 WIB
PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, Selasa (19/11/2019) pagi, rapat bersama Bupati/Walikota se- Bangka Belitung, yang diselenggarakan di
577 Siswa Tahfidz Quran Menerima Beasiswa
577 Siswa Tahfidz Quran Menerima Beasiswa
Rabu, 20 November 2019 11:39 WIB
PANGKALPINANG – Sebanyak 577 Siswa, Mahasiswa dan Tahfidz Qur’an berprestasi dan kurang mampu, menerima Beasiswa dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan
Pemprov Babel Segera Selesaikan Seluruh Temuan BPK
Pemprov Babel Segera Selesaikan Seluruh Temuan BPK
Rabu, 20 November 2019 11:35 WIB
JAKARTA – Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah mewakili Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, menyatakan bahwa pada tahun 2020
Gubernur Apresiasi, PLN Serahkan Bantuan Rumah Layak Huni
Gubernur Apresiasi, PLN Serahkan Bantuan Rumah Layak Huni
Selasa, 19 November 2019 19:25 WIB
PANGKALPINANG - Gubernur provinsi kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengapresiasi PLN atas kontribusinya membantu pemerintah daerah mewujudkan harapan warga Kampung