4 Paslon Penuhi Syarat


4 Paslon Penuhi Syarat

    PANGKALPINANG - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bangka Belitung memastikan telah mendapatkan hasil tes kesehatan terhadap empat pasangan bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur Babel 2017, Rabu (28/9), kemarin.

    Namun, untuk pengumuman hasil tes kesehatan baru akan diumumkan oleh KPUD pada hari Jumat 30 September sampai Sabtu 1 Oktober.

    "Kita sudah mendapatkan tes kesehatan, besok (hari ini-red) kita akan mengelar rapat pleno. Syarat pasangan calon terpenuhi, untuk pengumuman 30-1 Oktober," tegas Komisioner KPUD Babel Divisi Perencanaan, Logistik, Keuangan, Data dan Informasi Laila Cholidah dihubungi Radar Bangka, Rabu (28/9).

    Adapun empat paslon Gubernur dan Wakil Gubernur yang telah mengikuti tes kesehatan di RS Gatot Aubroto Jakarta adalah H Rustam Effendi - M Irwansyah, diusung PDIP, Yusron - Yusroni Yazid (PPP, PBB dan Demokrat), Erzaldi - Abdul Fatah (Gerindra, PKB, Nasdem), Hidayat Arsani - Sukirman (Golkar, PKS, Hanura).

"Keempat pasangan calon telah menjalani tes kesaehatan. Tinggal menunggu hasil pengumuman," katanya.

    Sementara, untuk tahapan penetapan pasangan ini rencananya baru akan dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober 2016 sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh KPU. "Ya, untuk penetapan pasangan calon akan dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober," tandasnya.

    Diberitakan sebelumnya, empat pasangan bakal calon gubernur dan calon Wakil Gubernur Babel 2017 secara resmi mendaftarkan diri di KPUD Babel, mereka adalah gubernur pertahana Rustam Effendi berpasagan degan Walikota Pangkalpinang, M Irwansyah diusung oleh PDIP. Yusron Izha Mahendra yang tak lain merupakan adk kandung Yusril Izha Mahendra berpasangan dengan Yusroni Yazid yang merupakan mantan Bupari Bangka.

    Kandidat kuat lainnya adalah Erzaldi Rohman Djohan yang saat ini mejabat sebagai Bupati Bangka Tenggah (Bateng), berpasagan degann Abdul Fatah yang tak lain mantan Sekda Belitung dan madih aktif sebagai dosen di IPDN Jatinangor, Abdul Fatah sendiri merupakan birokrat yang diangap memiliki kualitas dalam menjalankan roda birokrasi di Babel jika pasangan tersebut terpilih.

    Sementara pasangan Hidayat Arsani - Sukirman, pasangan yang diusung oleh partai Golkar, PKS dan Hanura. Hidayat Arsani yang saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur Babel dipercaya oleh DPP Partai Golkar untuk maju pada Pilgub Babel 2017.

    Dibagian lain, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan agar Pilkada yang diselenggarakan secara serentak pada 2017 berjalan secara damai dan demokratis. Pemerintah dalam hal ini juga sekali lagi menegaskan tidak memihak kepada pasangan mana pun dalam gelaran Pilkada, khususnya Pilkada DKI Jakarta 2017. Hal tersebut kembali ditegaskan pemerintah melalui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, pada Rabu di ruang wartawan Istana Kepresidenan.

    "Presiden menyampaikan bahwa ini semuanya harus berjalan dengan demokratis untuk memilih pemimpin yang mampu membangun DKI. Karena ibu kota membutuhkan pemimpin yang kuat, yang punya komitmen besar untuk memberikan kontribusi besar bagi Indonesia untuk menjadi negara yang besar," kata Pratikno di hadapan para jurnalis.

    Terkait dengan sejumlah pemberitaan yang menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo memberikan dukungan untuk salah satu pasangan yang diusung dengan cara mengutus Menteri Sekretaris Negara untuk bertemu ketua umum partai pengusung pasangan tersebut, Pratikno secara tegas memberikan bantahannya.

Pratikno menjelaskan bahwa dirinya sama sekali tidak pernah melakukan ataupun terlibat dalam satu pun pertemuan dengan ketua umum maupun pengurus partai yang dimaksud. "Tidak benar. Jadi saya sama sekali tidak menemui apalagi berkunjung ke Pak Prabowo atau ke pengurus Gerindra yang lainnya. Saya tidak pernah berkunjung ke sana menemui dan tidak pernah pula bertemu dalam beberapa minggu ini, sebelumnya juga tidak pernah," tegasnya.(wah/ant/rb)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Gelar Aksi Kemanusiaan, Aliansi Pemuda Pangkalpinang & Kodim Bangka Dapat Pujian Masyarakat
Gelar Aksi Kemanusiaan, Aliansi Pemuda Pangkalpinang & Kodim Bangka Dapat Pujian Masyarakat
Sabtu, 21 Agustus 2021 22:48 WIB
PANGKALPINANG - Aliansi Pemuda Pangkalpinang bersama Kodim 0413/Bangka mengelar aksi kemanusiaan di masa Pendemi Covid-19.
Seleksi CASN Tahun 2021, Ini Formasi Jabatan Untuk Tenaga Kesehatan dan Tenaga Teknis di Pemprov Babel
Seleksi CASN Tahun 2021, Ini Formasi Jabatan Untuk Tenaga Kesehatan dan Tenaga Teknis di Pemprov Babel
Sabtu, 29 Mei 2021 14:29 WIB
PANGKALPINANG - Penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2021 sudah akan dimulai. CASN ini terdiri dari Calon Pegawai Negeri
Gubernur Harap BKPRMI Jadi Pelopor Umat Pegang Kekuatan Ekonomi
Gubernur Harap BKPRMI Jadi Pelopor Umat Pegang Kekuatan Ekonomi
Sabtu, 29 Mei 2021 14:25 WIB
PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman mengharapkan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Provinsi Kepulauan Bangka
Mari Sambut Idul Adha dengan Membeli Hewan Kurban dari Peternak Lokal
Mari Sambut Idul Adha dengan Membeli Hewan Kurban dari Peternak Lokal
Sabtu, 29 Mei 2021 14:21 WIB
PANGKALPINANG - Jelang Idul adha 1442 H tanggal 20 Juli 2021 mendatang, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman melalui