GMII Gelar Pelatihan Nuklir


GMII Gelar Pelatihan Nuklir

PANGKALPINANG (radarbangka.co.id) - Gerakan Mahasiswa Islam Indonesia (GMII) berkerjasama dengan Kementerian Riset dan Teknologi, Selasa (24/5) kemarin, menggelar pelatihan pengenalan ilmu dan teknologi nuklir di Hotel Grand Millenium. Materi yang dibahas dalam pelatihan ini meliputi pengenalan sumber daya energi di Indonesia, nuklir untuk kehidupan, pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN), perkembangan teknologi reaktor maju dan pengembangan partisipasi masyarakat.

Salah satu narasumber Prof. Dr. Zaqi Zu’ud menjelaskan teknologi PLTN yang ada saat ini telah mengalami evolusi, akibat terjadinya kecelakaan pada generasi PLTN sebelumnya. Contohnya, kecelakaan PLTN di Three Mile Island tahun 1979 di Amerika Serikat telah menggerakkan para ahli nuklir untuk menciptakan generasi nuklir yang baru dan aman.

Sementara, Ketua Umum GMII Zainul Arifin menjelaskan kegiatan pelatihan ini akan kembali berlanjut di jenjang SMA dan sederajat. Namun, pihaknya tidak akan membahas masalah PLTN melainkan pengetahuan tentang teknologi nuklir itu sendiri.

"GMII hanya ingin mengajak kalangan mahasiswa untuk berpikir objektif terhadap nuklir ini. Jangan sampai masyarakat berpikir ketika berbicara nuklir ini sangkut pautnya dengan PLTN. Bila dikaji terus, pengetahuan nuklir tersebut banyak manfaatnya di samping PLTN, yaitu untuk pertanian, kesehatan dan lain sebagainya," terangnya.

Untuk itu, Zainul berharap masyarakat tidak memiliki pikiran bahwa GMII mendukung PLTN. Meskipun menyatakan sikap mendukung atau tidak, Zainul menegaskan GMII tetap berpikir obyektif dalam kerangka membantu mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam hal ini, mahasiswa dari berbagai jurusan diharapkan dapat memetik pelajaran dari pelatihan yang digelar.

“Dengan harapan, dari semua teman 30 mahasiswa yang hadir dalam pelatihan ini dapat membantu menjelaskan kepada teman-teman lainnya berkenaan dengan teknologi nuklir yang menjadi pembahasan pelatihan ini. Bukan hanya PLTN saja, melainkan ada manfaat yang lain," tandasnya. (cr35)



Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Jelang Pilkada 2020, Partai Nasdem Babel Buka Pendaftaran Calon Kepala Daerah
Jelang Pilkada 2020, Partai Nasdem Babel Buka Pendaftaran Calon Kepala Daerah
Sabtu, 24 Agustus 2019 15:54 WIB
PANGKALPINANG - Partai Nasdem Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memberikan kesempatan kepada para putra-putri terbaik daerah untuk mencalonkan diri menjadi
Sebanyak 162 Peserta Ikut Karnaval HUT RI Ke 74
Sebanyak 162 Peserta Ikut Karnaval HUT RI Ke 74
Sabtu, 24 Agustus 2019 13:55 WIB
PANGKALPINANG - Sebanyak 162 peserta mengikuti kegiatan karnaval jalan kaki dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 74, di Kota
Harapkan Royalti Dari Pusat, Gubernur Erzaldi Dorong Ekspor Zirkon
Harapkan Royalti Dari Pusat, Gubernur Erzaldi Dorong Ekspor Zirkon
Jum'at, 23 Agustus 2019 14:15 WIB
PANGKALPINANG - Salah satu bentuk upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung dalam mengoptimalisasikan Pendapatan Asli Daerah (PAD), yakni dengan
Pansus RZWP3K DPRD Babel Selesaikan Penetapan Zona Wisata
Pansus RZWP3K DPRD Babel Selesaikan Penetapan Zona Wisata
Kamis, 22 Agustus 2019 22:15 WIB
PANGKALPINANG - Pansus Rencana Zona Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K) DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar rapat pembahasan