GMII Gelar Pelatihan Nuklir


GMII Gelar Pelatihan Nuklir

PANGKALPINANG (radarbangka.co.id) - Gerakan Mahasiswa Islam Indonesia (GMII) berkerjasama dengan Kementerian Riset dan Teknologi, Selasa (24/5) kemarin, menggelar pelatihan pengenalan ilmu dan teknologi nuklir di Hotel Grand Millenium. Materi yang dibahas dalam pelatihan ini meliputi pengenalan sumber daya energi di Indonesia, nuklir untuk kehidupan, pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN), perkembangan teknologi reaktor maju dan pengembangan partisipasi masyarakat.

Salah satu narasumber Prof. Dr. Zaqi Zu’ud menjelaskan teknologi PLTN yang ada saat ini telah mengalami evolusi, akibat terjadinya kecelakaan pada generasi PLTN sebelumnya. Contohnya, kecelakaan PLTN di Three Mile Island tahun 1979 di Amerika Serikat telah menggerakkan para ahli nuklir untuk menciptakan generasi nuklir yang baru dan aman.

Sementara, Ketua Umum GMII Zainul Arifin menjelaskan kegiatan pelatihan ini akan kembali berlanjut di jenjang SMA dan sederajat. Namun, pihaknya tidak akan membahas masalah PLTN melainkan pengetahuan tentang teknologi nuklir itu sendiri.

"GMII hanya ingin mengajak kalangan mahasiswa untuk berpikir objektif terhadap nuklir ini. Jangan sampai masyarakat berpikir ketika berbicara nuklir ini sangkut pautnya dengan PLTN. Bila dikaji terus, pengetahuan nuklir tersebut banyak manfaatnya di samping PLTN, yaitu untuk pertanian, kesehatan dan lain sebagainya," terangnya.

Untuk itu, Zainul berharap masyarakat tidak memiliki pikiran bahwa GMII mendukung PLTN. Meskipun menyatakan sikap mendukung atau tidak, Zainul menegaskan GMII tetap berpikir obyektif dalam kerangka membantu mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam hal ini, mahasiswa dari berbagai jurusan diharapkan dapat memetik pelajaran dari pelatihan yang digelar.

“Dengan harapan, dari semua teman 30 mahasiswa yang hadir dalam pelatihan ini dapat membantu menjelaskan kepada teman-teman lainnya berkenaan dengan teknologi nuklir yang menjadi pembahasan pelatihan ini. Bukan hanya PLTN saja, melainkan ada manfaat yang lain," tandasnya. (cr35)



Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Gubernur Apresiasi, PLN Serahkan Bantuan Rumah Layak Huni
Gubernur Apresiasi, PLN Serahkan Bantuan Rumah Layak Huni
Selasa, 19 November 2019 19:25 WIB
PANGKALPINANG - Gubernur provinsi kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengapresiasi PLN atas kontribusinya membantu pemerintah daerah mewujudkan harapan warga Kampung
Pers Alat Pemersatu Bangsa, Kasum TNI : Itu Kewajiban Tidak Bisa Ditawar Lagi !
Pers Alat Pemersatu Bangsa, Kasum TNI : Itu Kewajiban Tidak Bisa Ditawar Lagi !
Minggu, 17 November 2019 18:23 WIB
JAKARTA - Kepala Staf Umum (Kasum) TNI, Letjen Joni Supriyanto menegaskan, Pers sebagai alat pemersatu bangsa dan itu tidak bisa
Insan Pers Babel Berduka, Ketua Setwil FPII Babel Tutup Usia
Insan Pers Babel Berduka, Ketua Setwil FPII Babel Tutup Usia
Minggu, 17 November 2019 10:51 WIB
PANGKALPINANG - Innalillahi Wainnalillahi Rojiiun. Kabar duka menyelimuti keluarga besar wartawan Bangka Belitung (Babel). Pasalnya, rekan sejawat sekaligus Ketua Satwil
Tinjau Berbagai Permasalahan, Menteri Kelautan dan Perikanan RI Kunker Ke Babel
Tinjau Berbagai Permasalahan, Menteri Kelautan dan Perikanan RI Kunker Ke Babel
Sabtu, 16 November 2019 19:34 WIB
PANGKALPINANG - Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Edhy Prabowo melakukan kunjungan kerja (kunker) ke beberapa wilayah pelabuhan perikanan di Provinsi