GMII Gelar Pelatihan Nuklir


GMII Gelar Pelatihan Nuklir

PANGKALPINANG (radarbangka.co.id) - Gerakan Mahasiswa Islam Indonesia (GMII) berkerjasama dengan Kementerian Riset dan Teknologi, Selasa (24/5) kemarin, menggelar pelatihan pengenalan ilmu dan teknologi nuklir di Hotel Grand Millenium. Materi yang dibahas dalam pelatihan ini meliputi pengenalan sumber daya energi di Indonesia, nuklir untuk kehidupan, pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN), perkembangan teknologi reaktor maju dan pengembangan partisipasi masyarakat.

Salah satu narasumber Prof. Dr. Zaqi Zu’ud menjelaskan teknologi PLTN yang ada saat ini telah mengalami evolusi, akibat terjadinya kecelakaan pada generasi PLTN sebelumnya. Contohnya, kecelakaan PLTN di Three Mile Island tahun 1979 di Amerika Serikat telah menggerakkan para ahli nuklir untuk menciptakan generasi nuklir yang baru dan aman.

Sementara, Ketua Umum GMII Zainul Arifin menjelaskan kegiatan pelatihan ini akan kembali berlanjut di jenjang SMA dan sederajat. Namun, pihaknya tidak akan membahas masalah PLTN melainkan pengetahuan tentang teknologi nuklir itu sendiri.

"GMII hanya ingin mengajak kalangan mahasiswa untuk berpikir objektif terhadap nuklir ini. Jangan sampai masyarakat berpikir ketika berbicara nuklir ini sangkut pautnya dengan PLTN. Bila dikaji terus, pengetahuan nuklir tersebut banyak manfaatnya di samping PLTN, yaitu untuk pertanian, kesehatan dan lain sebagainya," terangnya.

Untuk itu, Zainul berharap masyarakat tidak memiliki pikiran bahwa GMII mendukung PLTN. Meskipun menyatakan sikap mendukung atau tidak, Zainul menegaskan GMII tetap berpikir obyektif dalam kerangka membantu mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam hal ini, mahasiswa dari berbagai jurusan diharapkan dapat memetik pelajaran dari pelatihan yang digelar.

“Dengan harapan, dari semua teman 30 mahasiswa yang hadir dalam pelatihan ini dapat membantu menjelaskan kepada teman-teman lainnya berkenaan dengan teknologi nuklir yang menjadi pembahasan pelatihan ini. Bukan hanya PLTN saja, melainkan ada manfaat yang lain," tandasnya. (cr35)



Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Hari Ini, Naziarto Resmi Jadi Sekda Provinsi Babel
Hari Ini, Naziarto Resmi Jadi Sekda Provinsi Babel
Senin, 17 Februari 2020 14:18 WIB
PANGKALPINANG – Analisis Pengelola BMN Sekretariat Jenderal Kementerian Sosial RI, Dr Drs Naziarto SH MH hari ini Senin (17/2//2020),
BPN dan Kejari Pangkalpinang Gelar PKS
BPN dan Kejari Pangkalpinang Gelar PKS
Selasa, 11 Februari 2020 16:32 WIB
PANGKALPINANG-Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Pangkalpinang gelar Perjanjian Kerjasama (PKS) atau MoU dalam rangka pendampingan hukum, aset
M Alfan Budiman Terpilih Jadi Komisaris Utama PT Timah Tbk
M Alfan Budiman Terpilih Jadi Komisaris Utama PT Timah Tbk
Senin, 10 Februari 2020 14:07 WIB
JAKARTA - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPS) Luar Biasa (LB) PT Timah TBK (TINS) melakukan perombakan jajaran Komisaris dan
Klarifikasi dan Hak Jawab Pemberitaan Judul
Klarifikasi dan Hak Jawab Pemberitaan Judul
Kamis, 30 Januari 2020 23:30 WIB
PANGKALPINANG - Dalam hal ini kami yang bertindak selaku kuasa hukum dari Lina Wen menyampaikan klarifikasi dan hak jawab pemberitaan