Peringatan May Day. KSPSI Gelar Dialog Interaktif


Peringatan May Day. KSPSI Gelar Dialog Interaktif

PANGKALPINANG (radarbangka.co.id) - Dalam rangka memperingati Hari Buruh Sedunia (May Day), Dewan Pimpinan Daerah Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (DPD KSPSI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Minggu (22/5) lalu, menggelar dialog interaktif di Novotel.

Selain dipadati perwakilan pekerja dan mahasiswa, dialog yang mengusung tema “Membangun Sinergitas antara Pengusaha, Pekerja dan Pemerintah untuk Mewujudkan Hubungan Industrial yang Dinamis, Harmonis dan Berkeadilan di Babel” ini juga dihadiri Gubenur Babel Eko Maulana Ali, Ketua Umum KSPSI Sjukur Sarto, Ketua Apindo Babel A. Nasution, Kepala Jamsostek Pangkalpinang, serta perwakilan Rektor UBB.

Ketua panitia pelaksana dialog, Pahrozi mengungkapkan, “Peserta dialog yang datang pada hari ini (kemarin) dari perwakilan pekerja hanya 500 orang. Dari pantauan, kita lihat yang hadir di sini ternyata lebih banyak, tidak ada satupun kursi yang kosong dari sekitar 500 kursi yang disediakan."

Dalam sambutannya, Gubernur Babel mengungkapkan kerjasama antara pemerintah, pengusaha dan pekerja saat ini dirasakan sudah berjalan dengan baik. Meskipun ada beberapa masalah seperti permasalahn UMK dan UMR, hal tersebut telah diselesaikan melalui musyawarah.

Lebih lanjut, Gub berharap pada masa yang akan datang hubungan yang membangun sinergitas ini perlu ditingkatkan guna mewujudkan hubungan industrial yang dinamis, harmonis dan berkeadilan, yang memberi kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Babel.

Sementara, Ketua DPD KSPSI Babel Darusman mengungkapkan masalah yang menjadi perhatian KSPSI saat ini yaitu masalah outsourcing yang merupakan kontrak dengan perusahaan lain atau orang untuk melakukan fungsi tertentu. Bagi pengusaha sistem ini dari segi biaya memang menguntungkan, namun di lain pihak membuat para pekerja tidak memiliki masa depan yang jelas.

Selain itu, Darusman juga meminta aparat pemerintah melalui Dinas Tenaga Kerja untuk menegakkan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja. Kendati sudah ada sanksi tegas seperti kurungan penjara dan denda hingga 50 juta, pihaknya melihat penegakan UU ini di Babel masih berjalan lamban.

"Untuk itu, kita minta pemerintah melalui dinas tenaga kerja untuk memperhatikan penegakan hukum ini," tegas Darusman.

Berbagai keluhan disampaikan para pekerja dalam dialog interaktif yang berlangsung kemarin. Salah satunya perwakilan pekerja dari Kabupaten Bangka Tengah, yang mengungkapkan adanya pekerja yang masih menerima upah di bawah UMK meskipun telah bertahun-tahun bekerja pada suatu perusahaan.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Apindo Babel A. Nasution mengakui hal tersebut terjadi tidak lain karena adanya pengusaha yang nakal. Untuk itu, dialog ini digelar guna mendengar dan menyikapi permasalahan yang dihadapi para pekerja dengan pengusaha.

"Oleh sebab itu disampaikan sekali lagi kepada para pekerja dan pengusaha, bila ada pekerja yang menerima upah di bawah UMK yang telah diatur oleh undang-undang, itu jelas salah namanya. Bila pengusaha tersebut tidak sanggup membiayai upah para pekerjanya, diharapkan melakukan tindakan seperti segera membuat laporan keuangan yang sesuai dengan peraturan yang ada saat ini," himbau Nasution. (cr35)


Banner

Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
UBB Gelar Kuliah Umum Online Bahas Tentang Pendidikan Pasca Pandemi
UBB Gelar Kuliah Umum Online Bahas Tentang Pendidikan Pasca Pandemi
Selasa, 15 September 2020 21:21 WIB
PANGKALPINANG - Dalam rangka menyambut mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021, Universitas Bangka Belitung menyelenggarakan kuliah umum online yang mengangkat tema
Pejabat di Lingkup Pemprov Babel Lakukan Pemeriksaan Kesehatan
Pejabat di Lingkup Pemprov Babel Lakukan Pemeriksaan Kesehatan
Senin, 14 September 2020 12:44 WIB
AIR ANYIR - Dalam rangka memastikan kondisi kesehatan pimpinan yang ada di Lingkungan Pemprov Kepulauan Bangka Belitung (Babel), dilakukan pemeriksaan
Permudah Wajib Pajak, Pemprov Babel Lakukan Beragam Inovasi
Permudah Wajib Pajak, Pemprov Babel Lakukan Beragam Inovasi
Senin, 14 September 2020 12:42 WIB
PANGKALPINANG - Guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Bangka Belitung yang ingin membayar pajak kendaraan bermotor, Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung
Pusat Pendidikan dan Pelatihan Daerah Pramuka Ibarat Jantungnya Pramuka
Pusat Pendidikan dan Pelatihan Daerah Pramuka Ibarat Jantungnya Pramuka
Minggu, 13 September 2020 16:40 WIB
PANGKALPINANG - Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung (Kakwarda Babel), Melati Erzaldi mengatakan bahwa pusat pendidikan dan pelatihan