Tunjangan Profesi Guru Babel Cair


Tunjangan Profesi Guru Babel Cair

Hanya 152 Guru Dikmen
Guru Bersertifikat Diuji Ulang

PANGKALPINANG (radarbangka.co.id) - Setelah gaji 13, para guru yang bersertifikat profesi di Provinsi Bangka Belitung (Babel) bakal kembali menerima tambahan penghasilan. Rencananya, minggu depan, tunjangan profesi guru akan cair. 

Kabar menggembirakan ini disampaikan Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Perguruan Tinggi (Dikmenti) Dinas Pendidikan Babel, Wahyudin kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (7/7) kemarin.

"Guru sertifikasi lulusan tahun 2010 yang mendapat tunjangan profesi sertifikasi minggu kedua Juli sebanyak 152 orang. Kami hanya dapat memastikan untuk guru Dikmen (pendidikan menengah-red) karena dananya dari dekonsentrasi," kata Wahyudin.

Sedangkan guru Dikmen yang berasal dari dana transfer, dipegang oleh Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) masing-masing kabupaten dan kota.

"Ada dua metode pembayaran, yakni transfer dan dekonsentrasi. Kalau transfer itu dari pusat dibayarkan langsung ke DPPKAD untuk kemudian di setor ke rekening guru yang bersangkutan. Sedangkan dana dekonsentrasi, dari pusat mampir terlebih dahulu ke provinsi," terang Wahyudin.

Dia merinci, guru PNS dan non PNS Dikmen lulusan tahun 2010 yang akan akan mendapat tunjangan dari dana dekonsentrasi sebanyak 73 orang. Dan non PNS sebanyak 79 orang. Tunjangan yang akan diberikan tersebut adalah satu kali gaji pokok atau per guru bisa mendapat tunjangan sekitar Rp2,6 juta.

"Jika dipukul rata, satu orang guru mendapat Rp 2,6 juta," katanya. 

Ditambahkan Kepala Dinas Pendidikan, Drs. A. Rivai, sepanjang tahun 2006-2010, guru yang mendapat sertifikat profesi di Babel  mencapai 2.978 orang. Berdasarkan catatan Dinas Pendidikan Babel, dari jumlah 2.978 orang guru tersebut, guru yang terdaftar sebagai PNS sebanyak 2.798 orang dan guru non PNS atau guru di sekolah swasta sebanyak 180 orang.

Berdasarkan sebaran guru bersertifikat di enam kabupaten dan satu kota. Kabupaten Bangka menempati posisi teratas dengan sertifikasi guru sebanyak 706 orang. Sedangkan daerah yang sedikit memiliki guru bersertifikasi adalah Kabupaten Bangka Tengah dengan jumlah 247 orang.

Sisanya seperti Kabupaten Belitung memiliki guru bersertifikat sebanyak 464 orang, Bangka Barat 352 orang, Bangka Selatan 253 orang, Belitung Timur 324 orang, dan Kota Pangkalpinang sebanyak 632 orang.

Rivai menjelaskan, beberapa guru bersertifikat di Babel perannya telah diuji portofolio dalam kompetensi professional, pedagogis, social, dan kepribadiannya serta pengujian melalui PLPG (Pelatihan dan Latihan Pendidikan Guru). Hasilnya, ternyata para guru tersebut belum menampakkan perannya dalam dunia pendidikan di Babel. Sebab dari hasil Ujian Nasional tingkat SMU/ SMK dan SMP/ MTs beberapa waktu lalu, menempatkan Babel di juru kunci.

“Secara riil memang belum tampak. Dan ini menjadi perhatian kita bersama. Ke depan Diknas Babel akan mengambil langkah dalam waktu dekat. Agar, dana yang telah banyak dikeluarkan bermanfaat,” ujar Rivai.

Dia mencontohkan, langkah tersebut bisa berupa program advokasi untuk guru. Agar kompetensi yang telah dimiliki dalam portofolio dapat lebih ditingkatkan. “Bisa seperti itu. Tapi sebelumnya kita akan undang Diknas di kabupaten dan kota beserta perangkat pendidikan seperti PGRI atau Dewan Sekolah untuk mengevaluasi program pendidikan di Babel sesuai instruksi gubernur beberapa waktu lalu,” katanya.

Usaha menggenjot kualitas pendidikan di Babel menurut Rivai terus dilakukan. Misalnya, Dinas Pendidikan akan menempuh kajian ulang kompetensi guru bersertifikat di Babel. “Kita telah mengajukan anggaran di APBD Perubahan untuk program uji kompetensi guru di kabupaten dan kota. Diharapkan dari program tersebut dapat dipetakan kelemahan dari uji kompetensi portofolio dan PLPG yang telah dilakukan sebelumnya,” tandas Rivai. (dry) 



Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Gubernur Babel Hadiri Rakornas Investasi Tahun 2020
Gubernur Babel Hadiri Rakornas Investasi Tahun 2020
Jum'at, 21 Februari 2020 10:20 WIB
PANGKALPINANG - Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi Tahun 2020 dalam rangka koordinasi dan konsolidasi program/kegiatan penanaman modal antara pemerintah pusat
55 Jurnalis Bangka Belitung Ikut Pelatihan dan Gathering OJK
55 Jurnalis Bangka Belitung Ikut Pelatihan dan Gathering OJK
Jum'at, 21 Februari 2020 10:17 WIB
PANGKALPINANG - Sebanyak 55 jurnalis dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Jambi, Lampung dan Bengkulu mengikuti pelatihan dan gathering
Hari Ini, Naziarto Resmi Jadi Sekda Provinsi Babel
Hari Ini, Naziarto Resmi Jadi Sekda Provinsi Babel
Senin, 17 Februari 2020 14:18 WIB
PANGKALPINANG – Analisis Pengelola BMN Sekretariat Jenderal Kementerian Sosial RI, Dr Drs Naziarto SH MH hari ini Senin (17/2//2020),
BPN dan Kejari Pangkalpinang Gelar PKS
BPN dan Kejari Pangkalpinang Gelar PKS
Selasa, 11 Februari 2020 16:32 WIB
PANGKALPINANG-Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Pangkalpinang gelar Perjanjian Kerjasama (PKS) atau MoU dalam rangka pendampingan hukum, aset