KPA Babel Gelar Rakorda. Pemerintah dan LSM Dihimbau Peduli HIV/AIDS


KPA Babel Gelar Rakorda. Pemerintah dan LSM Dihimbau Peduli HIV/AIDS

PANGKALPINANG  - Wakil Gubernur Bangka Belitung (Babel), Syamsuddin Basari, menghimbau pemerintah maupun swasta, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan elemen masyarakat lainnya untuk peduli terhadap HIV/AIDS. Kepedulian tersebut diwujudkan dalam meningkatkan upaya pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS.

Himbauan tersebut disampaikannya dalam Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Babel di Hotel Santika Bangka, Rabu (6/7) kemarin, yang membahas penanggulangan penyebaran virus HIV/AIDS di wilayah Babel.

Turut hadir dalam Rakorda, Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN) Nafsiah Mboi, Kepala Dinas Kesehatan Babel dr. Hendra Kusumajaya, bupati/walikota se-Babel dan staf sekretaris KPA Kabupaten/kota se-Babel.

Wagub menambahkan, permasalahan HIV/AIDS saat ini tidak hanya menjadi masalah nasional, namun telah menjadi masalah global karena lebih dari 40 juta jiwa di dunia hidup dengan HIV/AIDS.

"Di Indonesia tidak ada satupun daerah yang dinyatakan bebas dari virus HIV/AIDS, bahkan diperkirakan saat ini HIV/AIDS sudah menjangkitia lebih dari separuh kabupaten/kota di seluruh Indonesia," ungkapnya.

Berdasarkan data resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), pada akhir Juni 2010 terdapat 21.770 kasus yang mengidap AIDS sejak tahun 1987 dan telah tertular infeksi HIV sejak usia 10-19 tahun. Demikian juga Babel, berdasarkan data dari tahun 2005 hingga 2010 ditemukan 262 kasus HIV dan untuk kasus AIDS dari tahun 2002 sampai 2010 sebanyak 152 kasus.

"Kondisi yang sangat memprihatinkan ini merupakan ancaman serius bagi kelangsungan hidup bangsa, terutama dampaknya yang lebih besar dalam bidang kesehatan, sosial, politik dan ekonomi," lanjut Wagub.

"Oleh sebab itu," lanjutnya, "Rakorda penanggulangan penyebaran virus HIV/AIDS yang dilaksanakan ini diharapkan semakin meningkatkan kepedulian pihak-pihak terhadap upaya penanggulangan HIV/AIDS dengan  berkoordinasi, bersinergi dan bermufakat." (cr35)




Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Gubernur Babel Hadiri Rakornas Investasi Tahun 2020
Gubernur Babel Hadiri Rakornas Investasi Tahun 2020
Jum'at, 21 Februari 2020 10:20 WIB
PANGKALPINANG - Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi Tahun 2020 dalam rangka koordinasi dan konsolidasi program/kegiatan penanaman modal antara pemerintah pusat
55 Jurnalis Bangka Belitung Ikut Pelatihan dan Gathering OJK
55 Jurnalis Bangka Belitung Ikut Pelatihan dan Gathering OJK
Jum'at, 21 Februari 2020 10:17 WIB
PANGKALPINANG - Sebanyak 55 jurnalis dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Jambi, Lampung dan Bengkulu mengikuti pelatihan dan gathering
Hari Ini, Naziarto Resmi Jadi Sekda Provinsi Babel
Hari Ini, Naziarto Resmi Jadi Sekda Provinsi Babel
Senin, 17 Februari 2020 14:18 WIB
PANGKALPINANG – Analisis Pengelola BMN Sekretariat Jenderal Kementerian Sosial RI, Dr Drs Naziarto SH MH hari ini Senin (17/2//2020),
BPN dan Kejari Pangkalpinang Gelar PKS
BPN dan Kejari Pangkalpinang Gelar PKS
Selasa, 11 Februari 2020 16:32 WIB
PANGKALPINANG-Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Pangkalpinang gelar Perjanjian Kerjasama (PKS) atau MoU dalam rangka pendampingan hukum, aset