Aksi 212 dan Surat Almaidah Masuk Komik X-Men


Aksi 212 dan Surat Almaidah Masuk Komik X-Men

    AKSI damai Bela Islam 2 Desember 2016 lalu atau yang dikenal dengan Aksi 212 ternyata mengilhami ilustrator komik asal Indonesia Ardian Syaf. Namun apa yang dilakukannya ternyata menuai kecaman. Karena sang ilustrator memasukkan referensi mengenai Aksi Damai 212 dan surah Almaidah 51 di edisi perdana X-Men Gold terbitan Marvel. Pria asal Tulungagung itu dinilai menyampaikan pesan yang bertentangan dengan semangat franchise X-Men.

    Dalam salah satu adegan terlihat angka “212” tertulis di sebuah gedung ketika karakter Kitty Pryde. Dalam adegan itu Kitty sedang berbicara kepada sejumlah orang mengenai pemilihan pemimpin baru X-Men. Sedangkan di adegan lainnya tulisan “QS 5:51” terlihat ketika adegan beberapa anggota X-Men sedang bermain baseball. Tulisan yang merujuk kepada Alquran surah Almaidah ayat 51 itu terpampang di kaus karakter Collosus.

    Komik X-Men Gold #1 ini terbit pada Rabu (5/4) lalu. Sehari kemudian, Ardian pun memajang sketsa adegan yang disisipi tulisan “212” di akun Facebook pribadinya. Beberapa pembaca yang menangkap maksud “212” dan “QS 51” tersebut mulai melayangkan protes di sosial media. Mereka merasa Aksi 212 dan isi Almaidah 51 berlawanan dengan nilai-nilai kesetaraan dan toleransi yang selama ini menjadi pesan franchise X-Men.

    “@Marvel saya pikir X-Men berpihak pada kesetaraan dan toleransi, QS 5:51 justru bertentangan dengan itu. Saya harap Anda (Marvel) tidak diam saja.” tulis akun Twitter @diekarasu dalam bahasa Inggris, Sabtu (8/4). “Ardian Syaf, nama yang cukup dikenal di skena DC/Marvel, menaruh ayat anti-kafir dalam ilustrasi #XMenGold-nya. Sangat memalukan,” cuit akun @AcalaShrugged juga dalam bahasa Inggris.

Bleedingcool.com melaporkan bahwa beberapa fans pun telah menulis surat terbuka, meminta Marvel mengambil tindakan terkait masalah ini

    Seperti diketahui, X-Men bercerita mengenai sekelompok manusia dengan mutasi genetik yang menyebabkan mereka memiliki kekuatan super. Kehidupan para mutan tersebut di tengah-tengah manusia biasa, yang sebagian kerap mendiskriminasi mereka karena merasa terancam, merupakan tema besar komik X-Men. 

    Menyusul kecaman para netizen penggemar Marvel di media sosial, Marvel Comics ikut angkat bicara. Komik tersebut merupakan hasil karya Komikus asal Indonesia Ardian Syaf. Syaf menulis soal aksi 212, memilih pemimpin baru, dan surat Al Maidah ayat 51.

    “Karya seni yang disebutkan dalam X-Men Gold # 1 dimasukkan tanpa sepengetahuan kami. Karya seni ini akan ditarik dan tak akan ada lagi cetakan berikutnya, versi digital, dan novel. Kami mengambil tindakan disiplin,” kata Marvel dalam ComicBook.com, Minggu (9/4).

    Pesan di dalam komik tersebut tersirat dengan berbagai versi. Ada angka “212” di gedung dengan tampilan karakter Kitty Pryde. Dialognya seputar topik mencari pemimpin baru. Sedangkan di bagian lain terlihat tulisan “QS 05:51” di kemeja karakter Colossus.

    Syaf menggambarkan di dalam komik adanya kerumunan orang yang berbicara soal toleransi kemudian ada tokoh Kitty Pryde, dan kaum Yahudi, angka 212 serta 51. Ada juga adegan dari X-Men bermain baseball. Dalam adegan tersebut, Colossus mengenakan t-shirt dengan huruf dan angka "QS 05:51”.

    X-Men Gold dirilis pada hari Rabu (5/4) dan pada umumnya diterima baik oleh penggemar. Namun setelah itu, kontroversi kemudian muncul karena adanya narasi unsur politik dan agama. Hingga kini belum dijelaskan secara pasti sanksi apa yang diterima Syaf atas kejadian ini.(dil/jpnn/JPG)




Banner

Berikan Komentar

Nusantara Lainnya
Gubernur Erzaldi Beraudiensi Dengan Founder & Chairman MarkPlus Inc
Gubernur Erzaldi Beraudiensi Dengan Founder & Chairman MarkPlus Inc
Senin, 14 September 2020 12:40 WIB
JAKARTA – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Naziarto serta Kepala BUMD
Gubernur Erzaldi Bahas Produk Unggulan Untuk Tingkatkan Produktivitas Nelayan
Gubernur Erzaldi Bahas Produk Unggulan Untuk Tingkatkan Produktivitas Nelayan
Senin, 14 September 2020 12:39 WIB
JAKARTA - Gubernur Erzaldi didampingi dengan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dasminto memenuhi undangan dari PT
Cuti Bersama Idulfitri 2021 Digeser, Khusus ASN Tunggu Keppres
Cuti Bersama Idulfitri 2021 Digeser, Khusus ASN Tunggu Keppres
Jum'at, 11 September 2020 23:52 WIB
JAKARTA - Pemerintah secara resmi menetapkan hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2021. Penetapan dituangkan dalam Surat Keputusan Bersama
Hari Ini Ada 3.737 Kasus Baru Covid-19, Korban Jiwa Sudah 8,544 Orang
Hari Ini Ada 3.737 Kasus Baru Covid-19, Korban Jiwa Sudah 8,544 Orang
Jum'at, 11 September 2020 23:44 WIB
JAKARTA - Kasus positif Covid-19 di Indonesia terus menunjukkan peningkatan. Hingga Jumat (11/9) pukul 12.00, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat total