Bawaslu Babar Launching Sekolah Demokrasi


Bawaslu Babar Launching Sekolah Demokrasi

MUNTOK - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bangka Barat (Barat) melaunching program sekolah demokrasi yang ditujukan kepada para pelajar sebagai pemilih pemula pada pemilu, ketika sudah berusia 17 tahun.

Ketua Bawaslu Babar, Rio Febri Pahlevi mengatakan mereka sudah menjalani komunikasi dengan dua instansi terkait program ini. "Sekolah demokrasi ini menyasar pemilih pemula, kami Mou dengan dua institusi yakni kepolisian dan kejaksaan, kepolisian tentang kepatuhan hukum sedangkan kejaksaan tentang fungsi hukum," jelasnya usai acara di rumah kebun Muntok, Rabu (6/3/2019).

"Kenapa hrus menggandeng instansi ini, diharapkan kedepan ini bisa jdi ektrakulikuler tentang demokrasi di sekolah, targetnya menjalankan amanah uud yg ada di pasal 104 yaitu melakukan pengembangan pengawasan partisipatif, nanti akan bermuara ke program sejuta relawan untk demokrasi," tambah Rio.

Bawaslu berharap dengan program ini, akan menjdi pilot projec karena baru kabupaten Bangka Barat yang melakukannya dan Bawaslu juga berencana akan bekerjasama dengan Disdikpora.

"Memang untuk babel secara khusus babar baru melakukan ini dan secara nasional belum ada, malah mereka minta tor atau metodenya seperti apa, kedepan kami akan upgret ini berkelanjutan seperti apa manfaatkan dan kejasama dengan dispora masuk di kemah karya pemuda menyasar juga ke kawan-kawan karang taruna," ungkapnya.

Terpisah Ketua Bawaslu Provinsi Babel, Edi Irawan mengatakan sangat mengapresiasi kebijakan yang dilakukan oleh Bawaslu kabupaten Babar, Edi berharap program ini tetap bertahan dan menjadi wadah yang tepat untuk generasi muda.

"Untk mengawasi dan menjaga hak pilih dalam kesempatan ini memang harus bersentuhan langsung dengan masyarakat, mudah-mudahan kegiatan ini menjadi sebuah wadah sarana untuk memberikan pendidikan politik terkait dengan demokrasi di indonesia kepada masyarakat dan khusnya generasi milenial atau pemilih pemula," harap Edi.

Disamping itu Plt Bupati Bangka Barat, Markus, sangat mendukung program Bawaslu ini, ia berharap agar para pemilih pemula khususnya pelajar SMA/Sederajat dapat memahami dan menambah ilmu tentang Pendidikan demokrasi, kepemimpinan dan pemanfaatan tekhnologi informasi dalam pelaksanaan pemilu tahun 2019 juga pemilu pada tahun-tahun berikutnya. 

"Melalui sekolah Demokrasi yang digagas oleh Bawaslu Kabupaten Bangka Barat, Saya berharap hal ini dapat menjadi langkah awal dan gerbang menuju kearah kehidupan politik yang lebih baik, cerdas, dan berintegritas yang nantinya dapat berfungsi sebagai wadah kaderisasi dan mencetak calon-calon pemimpin di masa yang akan datang," ucap Markus.(oma)





Berikan Komentar

Muntok Lainnya
Tahun 2020, Pemda Babar Kucurkan Anggaran 15 Milyar Untuk Pelayanan Jaminan Kesehatan
Tahun 2020, Pemda Babar Kucurkan Anggaran 15 Milyar Untuk Pelayanan Jaminan Kesehatan
Rabu, 21 Agustus 2019 22:10 WIB
MUNTOK -- Pemerintah Kabupaten Bangka Barat akan menggelontorkan 15 Milyar untuk membiayai jaminan kesehatan masyarakat Bangka Barat pada tahun 2020
Tok..tok..tok.. DPRD Babar Setujui 17 Milyar Untuk Biaya Jaminan Kesehatan Masyarakat
Tok..tok..tok.. DPRD Babar Setujui 17 Milyar Untuk Biaya Jaminan Kesehatan Masyarakat
Rabu, 14 Agustus 2019 19:53 WIB
MUNTOK -- Setelah melewati pembahasan yang alot, DPRD Kabupaten Bangka Barat akhirnya menyetujui sekaligus mengesahkan 17 Milyar rupiah untk membiayai
256 Pasang Mata Ikuti Turnament Gaple Unmet Muntok
256 Pasang Mata Ikuti Turnament Gaple Unmet Muntok
Kamis, 08 Agustus 2019 22:52 WIB
MUNTOK -- Dalam rangka memperingati HUT PT Timah,Tbk yang ke 43 Unite Metalurgi (UNMET) Muntok menyelenggarakan turnament gaple dengan total
Jaksa Belum Siap, Sidang Tuntutan Kasus Penista Agama Di Tunda
Jaksa Belum Siap, Sidang Tuntutan Kasus Penista Agama Di Tunda
Kamis, 08 Agustus 2019 14:05 WIB
MUNTOK -- Ketua Majelis Hakim Golom Silitonga di dampingi 2 orang hakim anggota Erica Mardelina dan Listyo Arif Budiman di