Tim Gabungan Bangka Barat Pantau Hewan Kurban


Tim Gabungan Bangka Barat Pantau Hewan Kurban

MUNTOK - Tim gabungan di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memantau hewan kurban yang dikirim dari luar daerah untuk mengantisipasi kemungkinan penularan penyakit berbahaya.

"Pemantauan di pintu masuk utama dari arah Pulau Sumatera ini dilakukan untuk memastikan kesehatan dan keamanan hewan sapi dan kambing yang akan dijual untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat Idul Adha," kata Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Bangka Barat Sri Basuki di Muntok, Rabu (7/9).

Ia mengatakan pada pengawasan yang dilakukan tim gabungan, terdiri dari Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan, Balai Karantina Pertanian kelas II Pangkalpinang Wilayah Kerja Muntok dan Polres Bangka Barat, seluruh ternak dinyatakan layak konsumsi.

"Pengawasan kami lakukan pada Selasa (6/9) sekitar pukul 14.30 WIB bertempat di Balai Karantina Pertanian Kelas II Pangkalpinang Wilayah Kerja Muntok yang berlokasi di Jalan Tanjung Kalian," kata dia.

Ia menerangkan pengecekan kesehatan hewan tidak hanya dilakukan terhadap ternak sapi dan kambing, namun juga ayam yang masuk ke wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Pelabuhan Tanjungkalian Muntok.

"Seluruh ternak yang masuk kami pantau kesehatannya, hal ini untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran penyakit berbahaya yang disebarkan melalui hewan potong," katanya.

Kepala Unit Sosial Budaya Satuan Intelkam Polres Bangka Barat Bripka Firman Novayuddin mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka pengawasan hewan potong dalam rangka persiapan pelaksanaan Idul Adha 1437 Hijriah yang jatuh pada 12 September 2016.

"Pada kegiatan itu kami hanya bertugas melakukan pengamanan, dan hasil pencekan oleh petugas semua hewan ternak dinyatakan sehat, kegiatan berjalan aman dan terkendali," katanya.(ant/rb)





Berikan Komentar

Muntok Lainnya
Selain Melibatkan Tenaga Lokal PT Timah Juga Menggandeng UMKM Bangka Barat Untuk Pembangunan Smelter Ausmelt
Selain Melibatkan Tenaga Lokal PT Timah Juga Menggandeng UMKM Bangka Barat Untuk Pembangunan Smelter Ausmelt
Kamis, 30 Januari 2020 20:25 WIB
MUNTOK -- Smelter yang akan menggunakan teknologi ausmelt berkapasitas 40.000 per tahun akan di bangun di Bangka Barat.
Tahun 2019,  Angka Kriminalitas di Babar Menurun
Tahun 2019, Angka Kriminalitas di Babar Menurun
Selasa, 31 Desember 2019 16:11 WIB
MUNTOK - Tahun 2019 angka kriminilitas di wilayah hukum Polres Bangka Barat mengalami penurunan. Hal ini diungkapkan Kapolres Bangka Barat
Bunda PAUD Babel Bagikan 7.500 Eksamplar Majalah MAUDI ke Bangka Barat
Bunda PAUD Babel Bagikan 7.500 Eksamplar Majalah MAUDI ke Bangka Barat
Senin, 23 Desember 2019 22:41 WIB
MUNTOK - Bunda PAUD Bangka Belitung, Hj Melati Erzaldi membagikan sebanyak 7.500 eksamplar Majalah Anak Usia Dini (Maudi) kepada Bunda
Tanaman Pangan Penopang Hidup Petani Bangka Barat
Tanaman Pangan Penopang Hidup Petani Bangka Barat
Selasa, 17 Desember 2019 19:05 WIB
MUNTOK - Dinas Pertanian dan Pangan Pemda Bangka Barat menggelar promosi tanaman pangan dan hortikultura yang berlangsung di halaman Dinas