Sosialisasi Pilkada, Bawaslu Bangka Tengah Sambangi Pulau Terpencil Bangka Tengah


Sosialisasi Pilkada, Bawaslu Bangka Tengah Sambangi Pulau Terpencil Bangka Tengah

SUNGAISELAN – Kegiatan Pengawasan Partisipatif Forum Warga kembali digelar oleh Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah. Kali ini kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka mengawal pesta demokrasi pemilihan Kepala Daerah 09 Desember 2020 mendatang, kegiatan ini bertempat di titik pulau terluar Kabupaten Bangka Tengah, Pulau Nangka Desa Tanjung Pura pada Kamis, (06/08/2020) kemarin. 

Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah, Robianto mengatakan bahwa kegiatan pengawasan partisipatif forum warga ini merupakan program kerja Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah sebagai upaya meningkatkan angka partisipasi masyarakat untuk melakukan pengawasan mengawal proses demokrasi yang lebih dewasa dan menuju ke arah yang lebih baik.  

"Keterlibatan masyarakat dalam pengawasan partisipatif menjadi langkah strategis untuk mengawal proses demokrasi Bangsa kita yang lebih baik, khususnya di Kabupaten Bangka Tengah", ujarnya.

Diungkapkannya, pada tanggal 09 Desember 2020 mendatang akan dilangsungkan pesta demokrasi di Kabupaten Bangka Tengah, yakni Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati. Partisipatif masyarakat Dusun Pulau Nangka dalam menggunakan hak pilih sangat tinggi hingga mencapai di angka 90% pada Pemilu 2019 kemarin. Angka ini diharapkan dapat  meningkat ketika pilkada nanti, dengan sumbangsih partisipatif masyarakat dalam mengawal coklit yang sedang berlangsung saat ini. 

 "Apabila terdapat masyarakat yang tidak terdata dalam daftar pemilih dan sudah memenuhi persyaratan, silahkan laporkan kepada jajaran pengawas kami. Lebih dari itu, kami juga berharap peran aktif masyarakat dalam mengawasi seluruh tahapan Pilkada Tahun 2020 ini," jelas Robi saat memberikan sambutan kepada masyarakat Dusun Pulau Nangka.
  
Lebih lanjut menurut pihaknya, Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah berharap masyarakat yang hadir saat ini bisa menyampaikan kepada warga Dusun Pulau Nangka yang lainnya agar pada saat pelaksanaan Pemungutan suara pada tanggal 09 Desember 2020 nanti bisa mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19 saat datang ke TPS untuk menggunakan hak pilih.

Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubal Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Andi Budi Yulianto mengatakan bahwa dalam menjalankan fungsi pengawasan pemilu, Bawaslu tentu saja membutuhkan dukungan dan partisipasi masyarakat. 

 "Pengawasan partisipatif penting dilakukan, terutama dalam mengawasi pemilu di daerah terpencil yang sulit dijangkau oleh pengawas pemilu. Apalagi, masyarakat merupakan pemilik kedaulatan tertinggi di negara demokrasi ini mari bersama kita mengawal pesta demokrasi khususnya di Kabupaten Bangka Tengah," tegasnya.

Sementara itu, Pj. Kades Tanjung Pura Carlos yang hadir dalam kesempatan tersebut menyampaikan ungkapan terima kasih dan apresiasinya atas kehadiran Bawaslu di Pulau Nangka.

"Dengan adanya penjelasan seperti ini dari Bawaslu, tentu sangat membantu masyarakat kami dalam memahami dan mengawasi pilkada nanti. Selain itu, juga dapat menghindari dan meminimalisir terjadinya dugaan pelanggaran," ujarnya.

Selaku PJ Kades Pulau Nangka Saya ucapkan terim kasih kepada Bawaslu Provinsi Kepulauan Babel dan Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah yang sudah sudi hadir di dusun kami ini, walaupun harus ditempuh dengan susah payah, kehadiran Bawaslu ketempat kami memberikan pencerahan bagi masyarakat dalam rangka mengawal dan mengawasi partisipatif pilkada terkhusus meminimalisir terjadinya pelanggaran pilkada.(cr01)




Banner

Berikan Komentar

Koba Lainnya
 KPU Kabupaten Bateng Tetapkan Dua Paslon Maju Pilkada 2020
KPU Kabupaten Bateng Tetapkan Dua Paslon Maju Pilkada 2020
Rabu, 23 September 2020 19:49 WIB
KOBA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), menetapkan dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan
 Pemkab Bangka Tengah Terus Kampanyekan Gerakan Gemar Makan Ikan
Pemkab Bangka Tengah Terus Kampanyekan Gerakan Gemar Makan Ikan
Rabu, 23 September 2020 16:34 WIB
KOBA - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), melalui Dinas Perikanan setempat terus mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Makan Ikan (GEMARIKAN). Gerakan yang
211 ASN Dianugerahi Penghargaan Satya Lencana Karya Satya
211 ASN Dianugerahi Penghargaan Satya Lencana Karya Satya
Selasa, 22 September 2020 15:56 WIB
KOBA – Sebanyak 211 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah (Bateng) menerima penghargaan Satya Lencana
Biadab, Ayah Renggut Kehormatan Putrinya Hingga 5 Kali
Biadab, Ayah Renggut Kehormatan Putrinya Hingga 5 Kali
Selasa, 22 September 2020 15:41 WIB
KOBA – DS (34) warga Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) tega renggut kehormatan putrinya hingga lima kali. Perbuatan bejat