Bawaslu Bateng Minta KPU Tambah TPS di Dusun Melingai


Bawaslu Bateng Minta KPU Tambah TPS di Dusun Melingai

KOBA - Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah terus meningkatkan penguatan pengawasan dengan melakukan supervisi dan monitoring coklit (pencocokan dan penelitian) data pemilih di Dusun melangai, Desa Beriga, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah (28/7). 

Ketua Bawaslu Bangka Tengah, Robianto dengan didampingi Andi Budi Yulianto Komisioner Bawaslu Provinsi Bangka Belitung  menjelaskan pihaknya memahami bahwa KPU Bateng memperhatikan batas maksimal dalam menentukan jumlah TPS dengan 500 pemilih. 

“Kami meminta perhatikan prinsip penyelenggaraan pemilu dan pemilihan yaitu persoalan aksesibilitas pemilih itu harus menjadi point kita, bagaimanapun tps yang letaknya jauh harus kita akomodir. Tadi juga kita sudah survei bersama lokasi pemilih ke TPS mencapai 12 Km,” ujar Robianto Ketua Bawaslu Bateng kepada Radar Bangka Selasa (28/7/2020/) malam di Koba. 

Menurut pihaknya TPS yang letaknya jauh dapat diakomodir untuk dibuat titik TPS baru di Dusun tersebut, karena angka potensi pemilih sudah mencapai 250an sebelumnya di pemilu juga demikian sudah ada TPS partisipasi pemilih sangat tinggi mencapai 85 persen di pemilu tahun 2019. 

“Untuk itu akan kita layangkan surat kepada kepada KPU Bangka Tengah untuk berkoordinasi menambahkan TPS tersendiri di Dusun Melingai Desa Batu Beriga, Kecamatan lubuk Besar. Hal ini dilakukan guna menekan angka partisipasi pemilih pada pilkada mendatang dan menjadi fokus kita agar hak suara pemilih tetap terjaga dalam rangka menyukseskan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Tengah Tahun 2020 yang demokratis dan berkualitas.,” jelasnya. 

Senada dengan Bawaslu, Panjitiyana Komisioner KPU Kabupaten Bangka tengah menjelaskan pihaknya akan mengupayakan apa yang sudah disarankan oleh Bawaslu dan masyarakat setempat terkait penambahan TPS di Dusun Melingai.

“Dalam waktu terdekat kita menunggu surat dari Bawaslu Bateng terkait penambahan TPS dan ini juga sudah kita bahas dalam rapat internal KPU, untuk itu surat rekomendasi dari bawaslu bateng harus kita laksanakan,” ujar Panjitiyana. 

Diketahui sebelumnya akibat pandemi Covid-19 bahwa Bawaslu dan KPU Bateng saat ini fokus terhadap pemetaan terhadap jumlah TPS yang akan ditambahkan dalam rangka melaksanakan kematangan Pilkada dengan tidak mengesampingkan sejumlah aturan.(cr01)




Banner

Berikan Komentar

Koba Lainnya
Tolak Tambang Liar, Warga Geruduk Kantor Bupati Bateng
Tolak Tambang Liar, Warga Geruduk Kantor Bupati Bateng
Jum'at, 27 November 2020 18:52 WIB
KOBA - Puluhan warga Desa Kelurahan Padang Mulia, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), geruduk Kantor Bupati Bateng, Kamis (26/11/2020).
Sosok Cabup dan Cawabup Bateng Nomor Urut 1 di Mata Warga
Sosok Cabup dan Cawabup Bateng Nomor Urut 1 di Mata Warga
Jum'at, 27 November 2020 17:04 WIB
KOBA - Sosok calon Bupati dan Wakil Bupati Bangka Tengah (Bateng), Algafry Rahman - Algafry Rahman dinilai masyarakat pantas memimpin
Jika Terpilih, Algafry Siap Turun Serap Aspirasi Masyarakat
Jika Terpilih, Algafry Siap Turun Serap Aspirasi Masyarakat
Selasa, 24 November 2020 19:26 WIB
PANGKALANBARU - Meski pencalonannya sebagai Bupati Bangka Tengah, ditetapkan belum lama, namun Algafry Rahman mendapat sambuatan hangat.
Besok, PWI Bateng Gelar Workshop Pilkada 2020
Besok, PWI Bateng Gelar Workshop Pilkada 2020
Selasa, 24 November 2020 18:36 WIB
KOBA – Persatuwan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) bekerjasama dengan Polres setempat, Rabu 25 November 2020 akan menggelar