Bawaslu Bateng Minta KPU Tambah TPS di Dusun Melingai


Bawaslu Bateng Minta KPU Tambah TPS di Dusun Melingai

KOBA - Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah terus meningkatkan penguatan pengawasan dengan melakukan supervisi dan monitoring coklit (pencocokan dan penelitian) data pemilih di Dusun melangai, Desa Beriga, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah (28/7). 

Ketua Bawaslu Bangka Tengah, Robianto dengan didampingi Andi Budi Yulianto Komisioner Bawaslu Provinsi Bangka Belitung  menjelaskan pihaknya memahami bahwa KPU Bateng memperhatikan batas maksimal dalam menentukan jumlah TPS dengan 500 pemilih. 

“Kami meminta perhatikan prinsip penyelenggaraan pemilu dan pemilihan yaitu persoalan aksesibilitas pemilih itu harus menjadi point kita, bagaimanapun tps yang letaknya jauh harus kita akomodir. Tadi juga kita sudah survei bersama lokasi pemilih ke TPS mencapai 12 Km,” ujar Robianto Ketua Bawaslu Bateng kepada Radar Bangka Selasa (28/7/2020/) malam di Koba. 

Menurut pihaknya TPS yang letaknya jauh dapat diakomodir untuk dibuat titik TPS baru di Dusun tersebut, karena angka potensi pemilih sudah mencapai 250an sebelumnya di pemilu juga demikian sudah ada TPS partisipasi pemilih sangat tinggi mencapai 85 persen di pemilu tahun 2019. 

“Untuk itu akan kita layangkan surat kepada kepada KPU Bangka Tengah untuk berkoordinasi menambahkan TPS tersendiri di Dusun Melingai Desa Batu Beriga, Kecamatan lubuk Besar. Hal ini dilakukan guna menekan angka partisipasi pemilih pada pilkada mendatang dan menjadi fokus kita agar hak suara pemilih tetap terjaga dalam rangka menyukseskan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Tengah Tahun 2020 yang demokratis dan berkualitas.,” jelasnya. 

Senada dengan Bawaslu, Panjitiyana Komisioner KPU Kabupaten Bangka tengah menjelaskan pihaknya akan mengupayakan apa yang sudah disarankan oleh Bawaslu dan masyarakat setempat terkait penambahan TPS di Dusun Melingai.

“Dalam waktu terdekat kita menunggu surat dari Bawaslu Bateng terkait penambahan TPS dan ini juga sudah kita bahas dalam rapat internal KPU, untuk itu surat rekomendasi dari bawaslu bateng harus kita laksanakan,” ujar Panjitiyana. 

Diketahui sebelumnya akibat pandemi Covid-19 bahwa Bawaslu dan KPU Bateng saat ini fokus terhadap pemetaan terhadap jumlah TPS yang akan ditambahkan dalam rangka melaksanakan kematangan Pilkada dengan tidak mengesampingkan sejumlah aturan.(cr01)




Banner

Berikan Komentar

Koba Lainnya
Sosialisasi Pilkada, Bawaslu Bangka Tengah Sambangi Pulau Terpencil Bangka Tengah
Sosialisasi Pilkada, Bawaslu Bangka Tengah Sambangi Pulau Terpencil Bangka Tengah
Sabtu, 08 Agustus 2020 17:46 WIB
SUNGAISELAN – Kegiatan Pengawasan Partisipatif Forum Warga kembali digelar oleh Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah. Kali ini kegiatan tersebut dilaksanakan dalam
Ratusan Warga Geruduk Kantor Desa Sungkap, Desak Kades Mundur
Ratusan Warga Geruduk Kantor Desa Sungkap, Desak Kades Mundur
Jum'at, 07 Agustus 2020 21:34 WIB
KOBA - Ratusan warga Desa Sungkap Kecamatan Simpangkatis, Kabupaten Bangka Tengah. Mendatangi kantor Desa Sungkap dan menggelar aksi demonstrasi di
Pemkab Bateng Tingkatkan Pembinaan Pelaksanaan Reformasi dan Birokrasi Budaya Kerja
Pemkab Bateng Tingkatkan Pembinaan Pelaksanaan Reformasi dan Birokrasi Budaya Kerja
Jum'at, 07 Agustus 2020 15:55 WIB
KOBA - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Pemkab Bateng) mengadakan Pembinaan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Budaya Kerja di Ruang Rapat VIP Pemkab
Awasi Coklit Di C2, Bawaslu Bateng Pastikan Tidak Ada Data Pemilih Ganda
Awasi Coklit Di C2, Bawaslu Bateng Pastikan Tidak Ada Data Pemilih Ganda
Jum'at, 07 Agustus 2020 15:21 WIB
KOBA - Dalam rangka pengawasan pencocokan dan penelitian data pemilih Pemilihan Serentak tahun 2020, Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bekerja