Penolakan Tambang Timah Laut Desa Batuberiga, Pemda Bateng Support Aspirasi Masyarakat


Penolakan Tambang Timah Laut Desa Batuberiga, Pemda Bateng Support Aspirasi Masyarakat

KOBA - Pemkab Bangka Tengah (Bateng) mendukung hasil musyawarah masyarakat Desa Batuberiga, Kecamatan Lubukbesar yang disampaikan ke DPRD Bateng, Senin (18/11) kemarin yang menyatakan penolakan tegas terhadap aktivitas tambang timah laut dengan sistem Ponton Isap Produksi (PIP) di Batuberiga yang mayoritas masyarakatnya berpencaharian sebagai nelayan.

Bupati Bateng, DR Ir H Ibnu Saleh MM menegaskan, kendati hal ini bukan ranahnya Pemda Bateng, namun tetap mensupport hasil audiensi yang disampaikan masyarakat Desa Batuberiga bersama aparatur desa kepada DPRD Bateng Senin kemarin.

"Seusai paripurna pandangan akhir fraksi DPRD Bateng kemarin, saya terhalang hadir dalam audiensi masyarakat Batuberiga dengan dewan karena harus berangkat ke Jakarta menerima penghargaan Bateng Sehat. Namun, ada pak Wabup Yulianto Satin mewakili Pemda Bateng. Jadi, apapun hasil audiensi itu tetap kita dukung penuh," ungkap Bupati Ibnu Saleh kepada awak media, Selasa (19/11).

Kendati demikian, Bupati Ibnu Saleh meminta agar masyarakat tak terpecah belah atau terprovokasi oleh isu yang bukan-bukan. "Silahkan duduk bersama beraudiensi, sampaikan aspirasi sesuai mekanisme, jangan terpecah belah. Kami apresiasi kinerja aparatur desa Batuberiga yang responsif, dalam menanggapi dan memfasilitasi aspirasi masyarakat," ungkapnya.

Bupati Ibnu Saleh juga menegaskan, kendati saat ini izin pertambangan bukan ranahnya Pemda lagi, namun bilamana sampai meresahkan masyarakat, maka Pemkab Bateng tetap kedepankan kemufakatan dari hasil musyawarah masyarakat.

Sementara itu sebelumnya, Wabup Bateng, Yulianto Satin dalam audiensinya dengan masyarakat Desa Batuberiga di ruang Banmus DPRD Bateng, Senin (18/11) siang, menyimpulkan ada kekhawatiran masyarakat Desa Batuberiga yang notabene adalah nelayan terhadap rencana akan beroperasinya tambang timah laut dengan pola PIP di laut Batuberiga oleh mitra PT Timah Tbk yang intinya menilai aktivitas tambang itu.

"Intinya, warga Desa Batuberiga didampingi aparatur desa datang ke dewan untuk menyampaikan aspirasi tegas menolak rencana beraktifitasnya tambang laut Batuberiga. Dan hasil dari audiensi, saya sampaikan ke Pak Bupati," ungkap Wabup Yulianto.

Dalam permasalahan ini, Wabup Yulianto Satin juga menegaskan agar jangan ada sikap dusta dan penghianatan. Semua warga Desa Batuberiga harus satu suara, jika sudah bulat menolak rencana aktifitas PIP itu, maka jangan sekali-kali sampai ada oknum yang diam-diam bermain di belakang demi kepentingan atau keuntungan pribadinya. 

"Intinya, jangan ada dusta dan penghianatan, atau ada yang bermain di belakang secara diam-diam. Bilamana suara masyarakat sudah bulat menolak tambang PIP di Batuberiga, maka kita pun siap mendukung," katanya.

Wabup Yulianto Satin juga menghimbau masyarakat Desa Batuberiga untuk bijak dan kepala dingin dalam menyikapi selebaran-selebaran yang isinya iming-iming janji manis agar masyarakat menyetujui aktifitas tambang laut. 

"Kami berpesan, jangan mau dimanfaatkan atau diadu domba dengan selebaran seperti itu. Sikapi saja dengan bijak dan dengan kepala dingin, serta sampaikan aspirasi kepada orang-orang yang tepat tanpa kepentingan. Kemudian, perlu ditekankan jika dicermati isi dalam selebaran itu juga baru sebatas rencana aktivitas tambang laut, jadi mari kita sikapi dengan tenang demi menjaga kondusifitas di lingkungan masyarakat," tegasnya. 

Sedangkan Wakil Ketua I DPRD Bateng, Batianus menegaskan, pihaknya bersama Komisi III DPRD Bateng siap memfasilitasi aspirasi masyarakat Desa Batuberiga dalam menuntaskan permasalahan ini agar tidak menuai konflik berlarut-larut.

"Masyarakat Desa Batuberiga menolak rencana tambang laut di Desa Batuberiga, maka kami pun siap memfasilitasi warga berkomunikasi dengan PT Timah Tbk dan Kementrian ESDM RI terkait penolakan tambang laut tersebut," pungkas Batianus. (and)





Berikan Komentar

Koba Lainnya
Bupati Ibnu Dampingi UMKM Gurih DD Terima Penghargaan Anugrah Pramakarya
Bupati Ibnu Dampingi UMKM Gurih DD Terima Penghargaan Anugrah Pramakarya
Kamis, 28 November 2019 20:40 WIB
BUPATI Bangka Tengah (Bateng) Ibnu Saleh MM mendampingi UMKM Gurih DD Desa Kurau ke Istana Wakil Presiden, beralamat di Jalan
Komisi I DPRD Bateng Kunjungi Kampung KB Desa Belimbing
Komisi I DPRD Bateng Kunjungi Kampung KB Desa Belimbing
Rabu, 27 November 2019 14:00 WIB
LUBUKBESAR - Komisi I DPRD Bangka Tengah (Bateng) melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kampung KB Desa Belimbing, Kecamatan Lubukbesar, Kabupaten
Kasubsi Keimigrasian Pangkalpinang; Kedua Yachtres Singgah Miliki Dokumen Lengkap
Kasubsi Keimigrasian Pangkalpinang; Kedua Yachtres Singgah Miliki Dokumen Lengkap
Selasa, 26 November 2019 13:00 WIB
KOBA - Terkait dua orang pelayar asing (Yachtres) yakni Erienne Pierre Jackue alias Ethan (33) asal Pancis dan Carl Johan
Dua Yachtres Terdampar di Perairan Pantai Koba
Dua Yachtres Terdampar di Perairan Pantai Koba
Selasa, 26 November 2019 12:12 WIB
KOBA - Dua orang pelayar warga negara Swedia yakni Charlie (37) dan Ethan (33) asal Prancis, sempat terdampar di perairan