Tegas Tolak PIP, Warga Batuberiga Sampaikan Aspirasi ke DPRD Bateng


Tegas Tolak PIP, Warga Batuberiga Sampaikan Aspirasi ke DPRD Bateng

KOBA - Puluhan masyarakat Desa Batuberiga, Kecamatan Lubukbesar, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) bersama aparatur desanya, mendatangi kantor DPRD Bateng, Senin (18/11) siang, dengan maksud menyampaikan aspirasi menolak Ponton Isap Produksi (PIP) yang diisukan bakal beroperasi di perairan laut Beriga.

Kedatangan Kades Batuberiga, Abdul Gani; Ketua BPD Batu Beriga, Darius dan 23 orang perwakilan warga setempat itu, disambut di ruang rapat Banmus DPRD Bateng oleh Ketua DPRD Bateng, Me Hoa SH MH; Wakil Ketua I, Bahtianus; Wakil Ketua II, Supriyadi; Wakil Bupati Bateng, Yulianto Satin; Kapolres Bateng, AKBP Slamet Ady Purnomo SIK SH MH; Danramil Koba, Mayor Sahudi; Ketua Komisi III DPRD Bateng, Era Susanto, para anggota Komisi III DPRD Bateng yakni Firman, Herman, Subandri, Anandar dan Budi Darma.

Dalam aspirasi itu, Kades Batuberiga, Abdul Gani mengatakan, dirinya sebagai Kades memfasilitasi keinginan masyarakat untuk menyampaikan aspirasi kepada DPRD Bateng terkait penolakan aktivitas PIP tersebut.

"Kami aparatur desa Batuberiga ini, hanya memfasilitasi keinginan warga menyampaikan aspirasi ke DPRD Bateng terkait penolakan aktivitas tambang PIP di laut Beriga," kata Kades Abdul Gani.

Sedangkan Ketua BPD Batuberiga, Darius mengungkapkan, sejak 2006 lalu percobaan menambang timah di laut Batuberiga sudah terjadi, sementara itu masyarakat sedari dahulu keukeh dan sepakat menolak aktivitas tambang PIP itu, karena mayoritas mata pencaharian masyarakat Batuberiga adalah nelayan.

"Selain itu, dengan keberadaan PIP di Desa Batuberiga dapat stabilitas keamanan, ketertiban lingkungan masyarakat jadi terganggu. Jadi, kedatangan kami ke kantor DPRD Bateng ini berharap agar dapat segera menyelesaikan permasalahan ini secara tuntas," katanya.

Darius mengungkapkan, di Desa Batuberiga saat ini sudah menyebar selebaran yang isinya ajakan agar masyarakat mendukung kegiatan PIP dengan iming-iming 10 persen penghasilan dari aktivitas tambang laut itu diberikan ke masyarakat desa.

"Kami tak tahu siapa pelaku penyebar selebaran meresahkan masyarakat itu, bahkan ada bangunan permanen yang isunya adalah pos pengamanan aktifitas tambang di laut tersebut," katanya.

Senada disampaikan tokoh masyarakat Desa Batuberiga, Marzuki mengungkapkan, ada efek negatif dari PIP ini ke masyarakat. Karena jika sampai PIP ini beroperasi, maka sudah pasti TI Apung berusaha masuk kesini. Selanjutnya, bakal ada pemukiman baru yang dibuat sehingga menjadi celah terjadinya tindak kejahatan. 

"Sebab, pendatang dari manapun pasti . Kemungkinan terjadinya tempat maksiat, minuman keras, peredaran narkoba berdampak pada masyarakat kami. Maka dari itu, kami masyarakat Desa Batuberiga tegas tolak PIP. Kami juga ucapakan terimakasih atas didengarkan dan diterimanya aspirasi ini," tegasnya.

Wakil Ketua I DPRD Bateng, Batianus mengatakan, dirinya menghimbau masyarakat agar jangan mudah diadu domba dan terpeca belah. Selain itu pihaknya siap menyerap semua aspirasi masyarakat yang akan ditindaklanjuti sesuai kesepakatan audiensi, kemudian mengagendakan pertemuan dengan PT Timah Tbk selaku pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP).

Batianus memberitahukan kepada warga yang hadir jangan sampai di adu domba antara masyarakat dengan masyarakat atas rencana penambangan timah di laut Desa Batuberiga. Itukan baru rencana, nanti kita fasilitasi bertemu pihak PT Timah Tbk hingga Kementrian ESDM RI.

"Pihak Pemda Bateng tidak punya kewenangan memberikan izin kegiatan penambangan di laut itu. Tidak ada juga pihak keamanan, karena yang punya kewenangan IUP disana adalah PT Timah rekomendasi pihak Kementerian ESDM, jadi kami himbau agar masyarakat jangan terprovokasi," tegas Batianus.

Senada disampaikan Ketua Komisi III DPRD Bateng, Era Susanto yang siap menyampaikan hal ini ke PT Timah.

Sementara Kapolres Bateng, AKBP Slamet Ady Purnomo SIK SH MH, mengucapkan terimakasih kepada masyarakat dan aparat Desa Batuberiga yang selalu menjaga kondusifitas keamanan disana.

"Kami juga menindaklanjuti audiensi hari ini, dengan menjaga kondusifitas keamanan masyarakat di lapangan," tandas Kapolres Slamet. (and)





Berikan Komentar

Koba Lainnya
Bupati Ibnu dan Kapolres Slamet Senam Bedincak Bersama Masyarakat Perlang
Bupati Ibnu dan Kapolres Slamet Senam Bedincak Bersama Masyarakat Perlang
Sabtu, 14 Desember 2019 12:00 WIB
LUBUKBESAR - Bupati Bangka Tengah (Bateng) DR Ir H Ibnu Saleh MM bersama Kapolres Bateng AKBP Slamet Ady Purnomo SIK
Aisyah Sisyilia Terima Himpaudi Award 2019
Aisyah Sisyilia Terima Himpaudi Award 2019
Jum'at, 13 Desember 2019 13:00 WIB
BUNDA Paud Kecamatan Simpangkatis, Aisyah Sisyilia SSTP harumkan nama Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) di tingkat nasional dengan menerima anugerah Himpaudi
Penghujung 2019, Kabupaten Bateng Meraih Penghargaan Peduli HAM
Penghujung 2019, Kabupaten Bateng Meraih Penghargaan Peduli HAM
Selasa, 10 Desember 2019 12:30 WIB
BANDUNG - Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) kembali mendapatkan penghargaan sebagai kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) untuk penilaian Tahun 2018.
Taqorrub Illallah, Bupati Ibnu Ajak Masyarakat Berdzikir dan Bersyukur
Taqorrub Illallah, Bupati Ibnu Ajak Masyarakat Berdzikir dan Bersyukur
Senin, 09 Desember 2019 13:30 WIB
KOBA - Guna meningkatkan rasa syukur dan taqorrub illallah, maka Pemda Bangka Tengah (Bateng) menggelar kegiatan dzikir bersama bertempat di