Pemda-Masyarakat Lubukbesar Sepakat Hentikan Tambang HL Kukuru


Pemda-Masyarakat Lubukbesar Sepakat Hentikan Tambang HL Kukuru

Dishut Babel Apresiasi Deklarasi Kukuru Lubukbesar

LUBUKBESAR - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) dan masyarakat Desa Lubukbesar, sepakat dan komitmen menjaga kelestarian dan keseimbangan alam hutan lindung (HL) Kukuru atau Kuruk di Desa Lubukbesar. Hal itu, dibuktikan dengan penanaman bakau sekaligus penandatanganan deklarasi Kukuru Lubukbesar di Kuruk oleh Bupati Ibnu Saleh, stakeholder dan masyarakat, Senin (17/6) pagi.
 
Dalam kesempatan ini Bupati Bateng Dr Ir H Ibnu Saleh MM beserta tamu undangan juga masyarakat menanam kurang lebih 500 pohon bakau di wilayah Kuruk.

Dalam sambutannya disela-sela kegiatan penanaman bakau di kawasan HL Kuruk, Bupati Ibnu Saleh menyampaikan, penanaman bakau ini untuk menjaga kelestarian dan keseimbangan alam di wilayah Kuruk desa Lubukbesar agar anak cucu kita nantinya masih bisa menikmati manfaat hutan bakau ini. 

"Pohon bakau ini, kita tanam sama-sama untuk menjaga keseimbangan alam agar anak cucu kita tetap bisa merasakan manfaat tanaman bakau ini," ujar Bupati Ibnu Saleh.

Sementara itu, Kades Lubukbesar, Mardianto yang turut hadir dalam kesempatan tersebut menyampaikan agar semua elemen masyarakat bisa sama-sama menjaga hutan bakau di wilayah Kuruk ini agar tetap lestari.

"Ayo bersama-sama semua elemen masyarakat menjaga hutan bakau di wilayah ini," ungkap Kades Mardianto.

Pada kesempatan itu, Pemda Bateng-Masyarakat Lubukbesar Deklarasi Kukuru Lubukbesar tersebut yang isinya, kami masyarakat kecamatan Lubukbesar dan para pemangku kepentingan pertambangan timah di Kecamatan Lubukbesar, sepakat dan berkomitmen untuk; Pertama, menghentikan aktivitas penambangan di kawasan hutan lindung Kukuru desa Lubukbesar Kecamatan Lubukbesar Kabupaten Bangka Tengah.

Kedua, membentuk Poktan hutan lindung Kukuru Lubukbesar. Ketiga, menjaga dan memelihara habitat yang ada di hutan lindung Kukuru Lubukbesar. Keempat, memanfaatkan daerah lindung Kukuru untuk kepentingan masyarakat banyak tanpa melanggar peraturan perundangan-undangan yang berlaku di NKRI. Kemudian Kelima, menyadari pentingnya tata laksana perlindungan, pengelolaan dan pemanfaatan hutan lindung Kukuru Lubukbesar yang berwawasan lingkungan secara musyawarah mufakat untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat Lubukbesar.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Bangka Belitung, Marwan saat dikonfirmasi Radar Bangka mengatakan, pihaknya mengapresiasi kepedulian masyarakat dan Pemda Bangka Tengah dalam menjaga keseimbangan dan kelestarian alam hutan.

"Bagus, sudah tumbuh kesadaran dan kepedulian masyarakat (Lubukbesar, red) dan Pemda (Bateng) setempat," ungkap Marwan.

Sementara saat dikonfirmasi bagaimana tindak lanjut kedepannya terkait maraknya kawasan HL yang dirusak aktivitas tambang ilegal dari pihak Dishut Babel kedepannya.

"Kita (Dishut Babel, red) akan membentuk kelompok masyarakat sadar hutan, seperti di Lubukbesar itu yang  membentuk kelompok tani hutan (KTH) dengan menanam pohon mangrove dan pohon yang lainnya," pungkasnya. (and)





Berikan Komentar

Koba Lainnya
Dumptruk Nyungsep di Kurau Sebabkan Kemacetan Panjang
Dumptruk Nyungsep di Kurau Sebabkan Kemacetan Panjang
Rabu, 23 Oktober 2019 15:50 WIB
KOBA - Satu unit dumptruk BN 8056 OL bermuatan batu gunung keluar lajur jalan raya Desa Kurau, hingga akhirnya nyungsep
Tes Urine Dadakan, Pegawai Pemkab Bateng Bebas dari Narkoba
Tes Urine Dadakan, Pegawai Pemkab Bateng Bebas dari Narkoba
Rabu, 23 Oktober 2019 14:50 WIB
KOBA - Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bersama Pemkab Bangka Tengah (Bateng), melakukan test urine mendadak
Bupati Ibnu Panen Bawang Bersama Gapoktan Permai Melabun
Bupati Ibnu Panen Bawang Bersama Gapoktan Permai Melabun
Rabu, 23 Oktober 2019 12:35 WIB
SUNGAISELAN - Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) kembali membuktikan jika holtikultura bawang merah, sangat cocok dibudidayakan di Bateng. Terbukti, Bupati Bateng
Bupati Ibnu Saleh Wujudkan Petani Milenial Unggul
Bupati Ibnu Saleh Wujudkan Petani Milenial Unggul
Rabu, 23 Oktober 2019 11:00 WIB
KOBA - Bupati Bangka Tengah (Bateng) DR Ir H Ibnu Saleh MM, terus berupaya kembangan pembangunan pertanian di Kabupaten Bateng, dengan