Gelasa akan Dimasukkan ke Kawasan Konservasi


Gelasa akan Dimasukkan ke Kawasan Konservasi

KOBA (radarbangka.co.id) - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Bangka Tengah, pada 2011 mengupayakan wilayah perairan Pulau Gelasa masuk ke dalam kawasan konservasi laut daerah guna perlindungan kekayaan ekosistem yang ada di pulau tersebut.
Perlindungan kekayaan ekosistem diperlukan dari aktivitas yang mengancam kelestarian kekayaan alam bawah laut, flora, serta fauna yang mendiami pulau.
"Bupati Bangka Tengah menginginkan pada 2011 ini Pulau Gelasa masuk dalam kawasan konservasi laut daerah (KKLD) karena kekayaan alam di pulau tersebut masih sangat baik terutama kekayaan bawah laut dan habitat flora dan fauna di dalam pulau," ujar Kepala DKP Bangka Tengah, Heru Irianto, Rabu (11/5).
Ia mengatakan, KKLD yang dibuat pada 2007 hanya memberikan perlindungan atas lima pulau yakni Pulau Panjang, Semujur, Ketawai,Gusung Asam dan Pulau Bebuar.
"Dengan dimasukkannya Gelasa ke dalam KKLD kami berharap kekayaan alamnya dapat terjaga dan terlindungi secara hukum dari aktivitas yang merusak seperti penggunaan bom ikan, penambangan timah apung," katanya.
Menurut dia, selain memasukkan Pulau Gelasa yang masih memiliki kekayaan terumbu karang pada 2011 DKP Bangka Tengah juga berupaya untuk menetapkan zona dalam KKLD Bangka Tengah.
"Ada tiga zona yang akan ditetapkan dalam KKLD yakni zona inti, zona penyangga dan zona pemanfaatan," katanya.
Zona inti, diterangkan dia, tidak memperbolehkan aktivitas apapun diselenggarakan dalam zona tersebut dan kawasan yang memiliki kekayaan alam bawah laut dan habitat pulau kecil akan dimasukkan ke dalam zona ini.
"Zona penyangga memperbolehkan aktivitas manusia namun hanya untuk bidang penelitian dan pendidikan kelautan dan perikanan," katanya.
Sedangkan zona pemanfaatan, lanjut Heru, memperbolehkan aktivitas manusia untuk memanfaatkan kekayaan alam seperti penangkapan ikan dan budidaya.
"Dengan adanya zona maka pemerintah dapat meminimalisir kerusakan alam dari aktivitas manusia," katanya.
Ia mengatakan, agar dapat berjalan baik maka pihaknya akan segera mensosialisasikan KKLD serta tiga zona kepada masyarakat luas terutama masyarakat nelayan daerah itu agar dapat mengetahui letak zona dan batasannya.
"Tentu penetapan zona ini memperhatikan berbagai aspek sehingga tidak menggangu stabilitas ekonomi para nelayan dan kelestarian alam kelautan dan perikanan dapat ikut lestari," katanya.
Sementara berdasarkan data DKP Bangka Tengah Kawasan Konverasi Lauta Daerah (KKLD) Bangka Tengah yang dibuat pada 2007 oleh pemerintah provinsi Babel mencapai luas 10.918,8 hektar dengan panjang 109,91 kilometer yang terbagi menjadi wilayah pengelolaan pertama, pengelolaan kedua dan pengelolaan ketiga.
Pengelolaan pertama terletak pada Pulau Panjang dan Pulau Semujur dengan luas 3.136,6 hektar dengan pemanfaatan sebagai pusat penelitian, rehabilitasi, pemukiman, perikanan budaya, sedangkan pengelolaan kedua terletak pada Pulau Ketawai dan Busung Asam dengan luas 5.305,9 hektar dengan pemanfaatan untuk wisata bahari, wisata pantai, rehabilitasi terumbu karang.
Pengelolaan ketiga terletak pada Pulau Bubuar dengan luas wilayah 2,476,1 hektare dengan pemanfataan untuk wisata bahari, perikanan tangkap dan terumbu karang. (ant)


Banner

Berikan Komentar

Koba Lainnya
Mahasiswa UBB Beri Edukasi Pengolahan Sampah Plastik di Desa Padang Baru
Mahasiswa UBB Beri Edukasi Pengolahan Sampah Plastik di Desa Padang Baru
Jum'at, 25 September 2020 21:54 WIB
KOBA – Mahasiswa Jurusan Sosiologi Universitas Bangka Belitung (UBB) di Desa Padang Baru, Kabupaten Bangka Tengah membuat berbagai kegiatan
Didit : Nomor 1 Atau 2 Sama Saja, Jangan Mau Diadu Domba
Didit : Nomor 1 Atau 2 Sama Saja, Jangan Mau Diadu Domba
Kamis, 24 September 2020 20:38 WIB
KOBA – Calon Bupati Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Didit Sri Gusjaya tak mempersoalkan nomor urut yang akan didapatkan Didit-Korari “BERDIKARI”.
Dapat Nomor Urut 1, H Ibnu Saleh Sebut Barokah dan Unggul
Dapat Nomor Urut 1, H Ibnu Saleh Sebut Barokah dan Unggul
Kamis, 24 September 2020 19:46 WIB
KOBA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) telah menetapkan nomor urut masing-masing paslon yang bertarung di Pilkada
Pilkada Bateng, Paslon BERIMAN Nomor Urut 1, Nomor 2 BERDIKARI
Pilkada Bateng, Paslon BERIMAN Nomor Urut 1, Nomor 2 BERDIKARI
Kamis, 24 September 2020 16:22 WIB
KOBA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) menggelar tahapan pengundian nomor pasangan calon (paslon) Bupati dan