Dana PKH Ringankan Ekonomi Masyarakat


Dana PKH Ringankan Ekonomi Masyarakat

LUBUKBESAR - Sebanyak 59 kepala keluarga (KK) Desa Perlang sebagai penerima program keluarga harapan (PKH) mengaku bahagia yang diutarakan langsung saat mereka menghadiri acara sosialisasi manfaat dan tata cara mengambil bantuan PKH tersebut.

Kepada harian ini, Tini salah seorang penerima manfaat PKH mengaku seneng setelah di beritahukan pihak Desa perlang bahwa dirinya masuk penerima manfaat PKH tahun 2018 karena dana yang akan didapatkan nantinya akan digunakan untuk keperluan anak sekolah.

Tini mengakui, selama ini ia cukup kewalahan memikirkan lemahnya perekonomian yang berimbas kepada keluarga yang lantaran suaminya berprofesi sebagai buruh harian lepas.

"Kalau profesi suami saya buruh harian lepas. Jelas tidak pasti pendapatannya kadang sebulan hanya dapat Rp1,5jutaan. Sementara kami harus membiayai hidup 3 anak dan satu orang tua," katanya, Jum'at (26/1).

Sedikit bercerita, Tini mengulas jika salah seorang anaknya didalam keluarga itu ada yang menempuh pendidikan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Koba sehingga setiap harinya ia harus mengantar dan menjemput ke sekolah tersebut.

"Saya banyak mengucapkan terima kasih ke pemerintah karena telah memperhatikan orang seperti kita. Kita berharap agar PKH ini terus berlanjut setiap tahun. Setidaknya mampu meringankan sedikit beban yang dirasa saat ini," ucapnya.

Sementara itu, Sekdes Perlang Yani Basaroni saat membuka acara tersebut menyambut baik PKH ini, artinya semua yang hadir dalam kegiatan itu sangat diperhatikan oleh pemerintah dan harus bersyukur mendapatkan bantuan melalui peserta PKH.

Dirinya menghimbau, hendaknya 59 KK yang mendapatkan program tersebut untuk memanfaatkan seefektif mungkin dana yang didapat sebesar Rp.1,8 juta pertahunnya itu.

Sekdes Perlang yang akrab disapa bung Roni itu.turut mengucapkan banyak terima kasih kepada Bupati Bateng H Ibnu Saleh karena telah aktif menurunkan timnya melalui pekerja sosial masyarakat (PSM) dalam mendata rumah tangga sasaran.

"Adanya PSM di setiap Desa se Bateng sangat baik. Penerima manfaat semua program pemerintah baik itu bedah rumah, rehab rumah, PKH, bantuan sembako, komunitas daerah bagi lansia semuanya tepat sasaran. Mudah-mudahan pak Bupati H Ibnu Saleh terus memperhatikan warga melalui inovasi-inovasi baru, sehingga masyarakat terus merasakan kesejahteraan," harapnya.

Terpisah, Bupati Bateng H Ibnu Saleh mengucapkan selamat bagi penerima manfaat PKH tahun 2018 ini dan pemerintah daerah berjanji akan terus memperhatikan warga kurang mampu di daerah ini agar semuanya dapat merasakan kesejahteraan.

Akan tetapi, kata H Ibnu bukan hanya PKH saja diperhatikan, namun program beras sejahtera, sertifikat gratis, tali asih bagi lansia dan lain lain program sosial akan pemerintah daerah perhatikan dan jalankan terus karena program itu memang hak daripada warga kurang mampu untuk mendapatkannya.

Mantan Sekda Bateng ini mengungkapkan, setiap tahun melalui program kesejahteraan rakyat, juga menganggarkan dana berobat bagi keluarga yang tidak mampu, beasiswa bagi pelajar ataupun mahasiswa yang di verifikasi oleh tim Kesra Setda Bateng.

"Mudah mudahan motto kita Bateng Unggul selalu tercapai setiap tahunnya. Segala bidang pembangunan, Bateng harus unggul," kata H Ibnu.

Sementara itu, pendamping PKH, Budi dalam sosialisasi tersebut mengatakan bahwa penerima manfaat akan mendapatkan dana dengan total Rp1.890.000,- pertahun dan dana itu akan dicairkan dalam empat tahap.

"Pencairannya dengan cara mendatangi Bank BRI, di Koba sembari membawa buku tabungan atau ATM yang sudah ada dan kami berikan ke penerima manfaat. Sebanyak 59 KK ini merupakan data tambahan dari tahun-tahun sebelumnya, namun penerima manfaat tahun sebelumnya tetap mendapatkan haknya.

"PKH ini diberikan kepada keluarga yang memiliki banyak anak yang masih bersekolah dan orang benar benar miskin berdasarkan data base. Kami berharap kepada penerima manfaat memang memanfaatkan dana ini seefektif mungkin," harap Budi. (dev) 





Berikan Komentar

Koba Lainnya
Disperindagkop UKM Bateng Raih Penghargaan Pasar Tertib Ukur
Disperindagkop UKM Bateng Raih Penghargaan Pasar Tertib Ukur
Jum'at, 20 Desember 2019 19:15 WIB
KOBA - Di penghujung tahun 2019 ini, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) kembali meraih penghargaan melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi,
Dinas Perikanan Bateng Sampaikan Program Unggulan ke Kementerian Kelautan Perikanan
Dinas Perikanan Bateng Sampaikan Program Unggulan ke Kementerian Kelautan Perikanan
Rabu, 18 Desember 2019 15:05 WIB
KOBA - Guna menyampaikan beberapa program unggulan Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), maka Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bateng, Taufik bersama beberapa
Kontraktor Siap Bertanggungjawab Perbaiki Pasar Rakyat Koba
Kontraktor Siap Bertanggungjawab Perbaiki Pasar Rakyat Koba
Rabu, 18 Desember 2019 17:30 WIB
KOBA - Pihak Kontraktor Pembangunan Pasar Rakyat Koba tahun 2017, melalui pengawas lapangan yakni Iwang mengaku pihaknya siap bertanggungjawab memperbaiki
Hj Iriani Ibnu Hadiri Lomba Masak di Desa Tanjungpura
Hj Iriani Ibnu Hadiri Lomba Masak di Desa Tanjungpura
Rabu, 18 Desember 2019 17:00 WIB
SUNGAISELAN - Ketua TP PKK Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Hj Iriani Melita Ibnu Saleh, menghadiri acara lomba memasak nasi goreng