Kesadaran Warga Tunjang Kesuksesan Pemilu


Kesadaran Warga Tunjang Kesuksesan Pemilu

SUNGAISELAN - Guna meningkatkan kesadaran dan kepedulian warga terhadap penyelenggaraan Pemilihan Umum 2019, maka Panwaslu Bangka Tengah (Bateng) membentuk Forum Warga Awas Pemilu diselenggarakan di Sekretariat Panwaslu Kecamatan Sungaiselan, Senin (8/1).

Hadir dalam kesempatan itu perwakilan Kecamatan, anggota Polsek, Danramil, para tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat serta dilengkapi dengan kehadiran Anggota Bawaslu Babel Andi Budi Yulianto, Firman TB Pardede, Ketua dan Anggota Panwaslu Bateng, Kepala Sekretariat Panwaslu Bateng Indra Gunawan, serta seluruh Ketua Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Bateng.

"Kegiatan forum warga merupakan program dari Bawaslu RI yang dilaksanakan secara berjenjang. Namun, dalam praktiknya Panwaslu Bateng menggelar kegiatan forum warga ini dengan melibatkan Panwaslu Kecamatan dengan harapan agar lebih menyentuh kepada masyarakat secara langsung," ujar Ketua Panwaslu Kabupaten Bateng, Robianto saat dikonfirmasi harian ini seusai kegiatan.

Ia menjelaskan, kegiatan diselenggarakan di Kecamatan Sungaiselan ini merupakan yang pertama kali digelar. Awalnya kegiatan ini bermula dari kegiatan membaca Surat Yaasin dan do'a bersama yang diselenggarakan rekan-rekan sahabat Bawaslu di Sungaiselan setiap hari Jum'at di Sekretariat Panwaslu Kecamatan Sungaiselan.

"Oleh karena kegiatan ini sering diikuti oleh warga sekitar, jadi kami pikir tentunya ini sangat baik dijadikan sebuah program yang berkelanjutan dengan menjadikannya sebagai Forum Warga sebagaimana yang telah diprogramkan oleh Bawaslu," tambah dia. 

Sementara itu, Anggota Bawaslu Babel Firman TB Pardede menyambut baik diselenggarakannya kegiatan Forum Warga Awas Pemilu tersebut. Menurutnya, tema kegiatan inipun sangat menarik dan mengena dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pemilu tahun 2019.

"Saya berharap forum warga ini dapat dimaksimalkan sebaik mungkin untuk saling meningkatkan pemahaman di bidang pengawasan kepemiluan. Karena seyogyanya pengawas pemilu sangat membutuhkan peran aktif masyarakat dalam bidang pengawasan," katanya.

Disampaikannya, Pemilu tahun 2019 ini dalam pelaksanaannya lebih kompleks karena Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden dilaksanakan serentak dan dalam waktu bersamaan. Oleh karena itu, gesekan-gesekan yang terjadi pun akan lebih besar kemungkinannya.

"Dengan adanya forum warga seperti ini, kita berharap dapat meminimalisir terjadinya gesekan-gesekan yang nantinya bisa berakibat fatal. Karena yang dirugikan sesungguhnya adalah masyarakat itu sendiri," ungkapnya. (dev)





Berikan Komentar

Koba Lainnya
Bupati Ibnu Dampingi UMKM Gurih DD Terima Penghargaan Anugrah Pramakarya
Bupati Ibnu Dampingi UMKM Gurih DD Terima Penghargaan Anugrah Pramakarya
Kamis, 28 November 2019 20:40 WIB
BUPATI Bangka Tengah (Bateng) Ibnu Saleh MM mendampingi UMKM Gurih DD Desa Kurau ke Istana Wakil Presiden, beralamat di Jalan
Komisi I DPRD Bateng Kunjungi Kampung KB Desa Belimbing
Komisi I DPRD Bateng Kunjungi Kampung KB Desa Belimbing
Rabu, 27 November 2019 14:00 WIB
LUBUKBESAR - Komisi I DPRD Bangka Tengah (Bateng) melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kampung KB Desa Belimbing, Kecamatan Lubukbesar, Kabupaten
Kasubsi Keimigrasian Pangkalpinang; Kedua Yachtres Singgah Miliki Dokumen Lengkap
Kasubsi Keimigrasian Pangkalpinang; Kedua Yachtres Singgah Miliki Dokumen Lengkap
Selasa, 26 November 2019 13:00 WIB
KOBA - Terkait dua orang pelayar asing (Yachtres) yakni Erienne Pierre Jackue alias Ethan (33) asal Pancis dan Carl Johan
Dua Yachtres Terdampar di Perairan Pantai Koba
Dua Yachtres Terdampar di Perairan Pantai Koba
Selasa, 26 November 2019 12:12 WIB
KOBA - Dua orang pelayar warga negara Swedia yakni Charlie (37) dan Ethan (33) asal Prancis, sempat terdampar di perairan