Polsek Namang Kenalkan CIA ke Pelajar


Polsek Namang Kenalkan CIA ke Pelajar

    NAMANG - Polsek Namang melakukan sosialisasi Cerdas, Intelek dan Aktual (CIA) kepada siswa SMAN 1 Namang, Kamis (8/9) pagi. Kapolsek Namang Ipda Bobory Niko menjelaskan, jika CIA Polsek Namang ini merupakan program sosialisasi yang berbentuk seperti papan informasi tentang kepolisian dan undang-undang yang berlaku di Indonesia.

    Nantinya, informasi ini dipasang di suatu area sekolah sehingga para pelajar dapat membaca dan mempelajarinya. "CIA Polsek Namang disini bukan merupakan singkatan dari Central Intelligence Agency (Badan Intelijen Pusat-red) milik pemerintah federal Amerika Serikat, melainkan singkatan dari Cerdas, Intelek dan Aktual," ujar Ipda Bobory usai sosialisasi.

    Dia menjelaskan, papan informasi tersebut antara lain berisikan informasi tentang Undang-undang yang berlaku di Indonesia dan sering terjadi di masyarakat seperti Undang-undang Narkoba, Undang-undang tentang lalu lintas, hingga Undang-undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). "Tentunya, Undang-undang yang ditampilkan di papan informasi CIA Polsek Namang tersebut mencakup tentang ketentuan pidana apabila seseorang atau kelompok melakukan atau melanggar peraturan di dalam Undang-undang tersebut," ungkapnya. 

    Selain papan informasi, program CIA Polsek Namang juga menyediakan kotak saran atau informasi yang dapat digunakan oleh para pelajar untuk memberikan informasi mengenai tindak pidana atau informasi lain yang menyangkut tugas kepolisian. Sebagai percontohan, SMAN 1 Namang, dipilih sebagai tempat launching program CIA Polsek Namang ini yang disambut antusias oleh pihak sekolah dan para pelajarnya.

    "Program CIA Polsek Namang ini, maksud intinya adalah mengenalkan kepada pelajar terhadap aturan perundang - undangan sejak dini, sehingga dapat menambah pengetahuan mereka. Selain itu terdapat kotak saran yang dapat digunakan oleh para pelajar untuk memberikan informasi tentang peristiwa dan lainnya kepada kepolisian," tukasnya. 

    Ditegaskan Kapolsek Namang, bahwa selama ini masih ada saja pelaku tindak pidana yang masih berusia sekolah atau di bawah umur. Sehingga untuk meminimalisir hal tersebut, maka upaya Polsek Namang yakni dengan membentuk program CIA Polsek Namang yang diharapkan dapat bermanfaat bagi bagi masyarakat terkhusus di kalangan pelajar. "Tentunya, pelajar atau generasi muda adalah harapan bangsa dan negara di masa depan. Jadi, jangan sampai mereka menjadi pelaku atau korban tindakan kriminal," tandas Ipda Bobory. 

    Sementara Kepala SMAN 1 Namang, Nastan.,S.Pd menyambut antusias program CIA Polsek Namang tersebut, sebagai program positif dalam upaya menanggulangi berbagai indikasi potensi pelanggaran hukum di kalangan pelajar atau remaja usia sekolah. "Sosialisasi CIA Polsek Namang ini, diharapkan selain menambah wawasan pengetahuan tentang hukum dan undang-undang juga diharapkan memproteksi dan memfiltelrisasi pergaulan yang salah di kalangan pelajar terlebih saat di luar jam sekolah," tandas pungkas Nastan.

    Selain meluncurkan program CIA Polsek Namang, pantauan media ini Ipda Bobory Niko juga menandatangani perjanjian kerjasama (MoU) dengan pihak SMA N 1 Namang yang langsung dilakukan oleh Kepala SMAN 1 Namang, Nastan, S.Pd dalam bidang Pelayanan Kepolisian kepada siswa SMA N 1 Namang. (and)




Banner

Berikan Komentar

Koba Lainnya
Bupati Bateng Ibnu Saleh Ingatkan Kades Terkait Evaluasi Penyaluran Bansos
Bupati Bateng Ibnu Saleh Ingatkan Kades Terkait Evaluasi Penyaluran Bansos
Selasa, 26 Mei 2020 05:23 WIB
KOBA - Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh mengingatkan para kepala desa terkait dengan pentingnya melakukan evaluasi penyaluran bantuan sosial dalam
Peduli Masyarakat Tidak Mampu, PCNU Bateng Bagi Sembako 1000 Paket
Peduli Masyarakat Tidak Mampu, PCNU Bateng Bagi Sembako 1000 Paket
Sabtu, 23 Mei 2020 17:00 WIB
KOBA – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) menyerahkan bantuan 1000 paket sembako pada masyarakat
PCNU Kabupaten Bateng  Imbau Masyarakat Shalat Idul Fitri di Rumah
PCNU Kabupaten Bateng Imbau Masyarakat Shalat Idul Fitri di Rumah
Sabtu, 23 Mei 2020 05:09 WIB
KOBA – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) menghimbau kepada seluruh masyarakat Bateng, wabil khusus
Empat kali Berturut-turut Pemkab Bateng Pertahankan WTP dari BPK RI
Empat kali Berturut-turut Pemkab Bateng Pertahankan WTP dari BPK RI
Jum'at, 22 Mei 2020 18:55 WIB
KOBA- Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah kembali mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan