Tragedi Sijuk Belum Ada Tersangka, Ini Penjelasan Wakapolda Babel


Tragedi Sijuk Belum Ada Tersangka, Ini Penjelasan Wakapolda Babel

PANGKALPINANG - Anggota Komisi I DPRD Babel, Nico Plamonia mempertanyakan proses hukum kepada para pelaku aksi anarkis saat Wakil Gubernur Babel bersama tim melakukan penertiban tambang ilegal yang terjadi di Desa Sijuk, Kabupaten Belitung pada 2 November lalu.

"Saya ingin menanyakan, proses pasca kejadian ini, dari tanggal 2 (November-red) sampai sekarang, belum ada satu nama pun yang menyerang ini siapa," kata Nico saat audiensi bersama Polda dan Satpol PP Babel di Ruang Banmus, Kamis (7/11/2019).

Menanggapi pernyataan tersebut, Wakapolda Babel, Kombes Pol Slamet Hadi Supraptoyo menegaskan, pihaknya tetap akan melakukan proses hukum terhadap  kasus kerusuhan dan anarkis yang terjadi di Desa Sejuk, Kabupaten Belitung pada 2 November lalu.

"Kita tidak ada dari kepolisian menganggap remeh masalah ini, kita tidak ada dari kepolisian yang ingin lambat, proses hukum sampai hari ini dari kepolisian, baik dari Polda maupun dari Polres Belitung masih melakukan penyelidikan," tegasnya.

Wakapolda menyebutkan, pihaknya sedang mengumpulkan berbagai informasi dari masyarakat dan telah melakukan olah TKP untuk pengumpulan barang bukti. "Jadi semua masalah pidana kita angkat semuanya nanti, masalah pembakaran, masalah pengeroyokan, pengrusakan sama nanti," terangnya.

Ia mengungkapkan, hal yang menyebabkan proses hukum berjalan agak lambat yakni, salah satunya, tidak adanya koordinasi dengan pihak kepolisian pada saat melakukan penertiban tambang ilegal di kawasan itu.

"Terkait dengan koordinasi, tolong kawan-kawan dari Satpol PP untuk bisa dikomunikasikan dan berkoordinasi dengan baik sehingga apabila kita melaksanakan kegiatan, ada back up dari kita petugas aparat untuk bisa membantu itu, apabila terjadi tindakan anarkis, tindakan yang melanggar hukum," jelasnya. (mon)




Banner

Berikan Komentar

Kamtibmas Lainnya
Para Tahanan Polres Bangka Barat Mulai Rutin Shalat 5 Waktu
Para Tahanan Polres Bangka Barat Mulai Rutin Shalat 5 Waktu
Kamis, 17 September 2020 16:12 WIB
MUNTOK – Kasat Tahti, Aiptu Andi Hidayat sizin Kapolres Bangka Barat AKBP, Fedriansah mengajak secara rutin para tahanan untuk
Gak Ada Kapoknya, Baru 2 Bulan Bebas Curi Motor Lagi
Gak Ada Kapoknya, Baru 2 Bulan Bebas Curi Motor Lagi
Rabu, 16 September 2020 22:44 WIB
KOBA - DB (15), warga Desa Lubuk Besar, Kecamatan Lubuk Besa, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), diamankan oleh Polsek Koba lantaran
Terdesak Kondisi Ekonomi, IR Nekat Bobol Toko
Terdesak Kondisi Ekonomi, IR Nekat Bobol Toko
Rabu, 16 September 2020 21:54 WIB
MUNTOK - Desakan dan tekanan ekonomi dimasa pandemi Covid-19 terkadang membuat sebagian orang memilih jalan pintas, yang bertentangan dengan
Polres Bangka Amankan Residivis Narkoba dan Curas
Polres Bangka Amankan Residivis Narkoba dan Curas
Selasa, 08 September 2020 18:20 WIB
SUNGAILIAT – Sabu – sabu 24,95 gram berhasil diamankan Satreskrim, Satnarkoba Polres Kabupaten Bangka dari tangan inisial MK (33), warga