Polair Polda Babel Tertibkan TI Apung Sungaiselan


Polair Polda Babel Tertibkan TI Apung Sungaiselan

SUNGAISELAN - Jajaran Direktorat Polisi Perairan (Dit Polair) Polda Babel kembali menertibkan aktifitas penambangan TI apung ilegal di Sungaiselan Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Rabu (30/8) siang.

Dalam penertiban tersebut, polisi tidak menemukan kegiatan menambang. Hanya saja ada beberapa ponton yang disembunyikan di hutan bakau pinggir pantai.

Informasi yang dihimpun, jumlah TI apung yang berada di lokasi sungai sekitar 20 ponton TI apung dan di darat 50 ponton. 
Kegiatan penertiban dipimpin AKBP Irwan Deffi Nasution SIk bersama sejumlah anggotanya.

Kegiatan penertiban tersebut dikarenakan adanya laporan masyarakat yang menyebutkan limbah tailing TI milik warga Sungaiselan masuk ke alur sungai sehingga pasir tailing yang dibuang ke alur sungai dikhawatirkan akan menyebabkan alur sungai menjadi sempit dan dangkal. Bahkan imbasnya perahu nelayan dan kapal barang sulit untuk beraktifitas.

Kabid Humas Polda Babel AKBP Abul Mun'im saat dikonfirmasi membenarkan adanya penertiban TI apung di Sungaiselan. Dari lokasi diamankan hanya tiga ponton saja. Menurut Mun'im apabila tidak ditertibkan dikhawatirkan aktifitas TI akan marak kembali dan semakin sulit untuk ditertibkan.

"Kalau tidak ditertibkan akan menyebabkan semakin cepat alur Sungaiselan menjadi sempit dan dangkal serta gagal panen bagi penambak udang," katanya.

Dilanjutkan Mun'im, saat dilakukan penertiban para penambang tidak berada ditempat dan disampaikan melalui kades untuk diingatkan tidak lagi melakukan aktifitas penambangan di lokasi TI Ulu Sungaiselan tersebut. Apabila ditemukan masih melakukan aktifitas penambangan akan dilakukan tindakan tegas berupa penegakan hukum. 

"Jadi yang kami sita tiga unit TI rajuk dan selanjutnya penanganan dilimpahkan ke Polsek Sungai Selan guna proses penyelidikan lebih lanjut. Saat ini Polsek Sungai Selan masih menyelidiki siapa pemilik Ponton tersebut," tandasnya. (cr8)





Berikan Komentar

Kamtibmas Lainnya
Wendy Apresiasi Kinerja Polisi Dalam Mengungkap Kasus Pembobol Counter
Wendy Apresiasi Kinerja Polisi Dalam Mengungkap Kasus Pembobol Counter
Rabu, 07 Agustus 2019 23:16 WIB
TOBOALI – Tim Gabungan Polres Basel dan jajaran Polsek Toboali berhasil melakukan penangkapan pembobol Counter Wendi Cell di Jalan Jenderal Sudirman Toboali, Rabu
Door, 3 Pelaku Pembobol Counter HP Wendy di Tembak Polisi
Door, 3 Pelaku Pembobol Counter HP Wendy di Tembak Polisi
Rabu, 07 Agustus 2019 20:37 WIB
TOBOALI – Tim Polres Basel dan jajaran Polsek Toboali menembak tiga pelaku pembobol Conuter Wendi Cell Jalan Jenderal Sudirman Toboali,
Polisi Tegaskan Tidak Ada Korban Jiwa Pada Kasus Pengancaman Menggunakan Senpi Rakitan
Polisi Tegaskan Tidak Ada Korban Jiwa Pada Kasus Pengancaman Menggunakan Senpi Rakitan
Rabu, 07 Agustus 2019 12:42 WIB
MUNTOK -- Kasus pengancaman menggunakan senjata api (senpi) rakitan baru baru yang terjadi di lokasi penambangan illegal Ti Apung Dusun
Polsek Lubukbesar Tingkatkan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat
Polsek Lubukbesar Tingkatkan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat
Selasa, 06 Agustus 2019 17:04 WIB
LUBUKBESAR - Guna meningkatkan rasa aman dan kenyamanan di lingkungan masyarakat, maka Polsek Lubukbesar menggiatkan patroli rutin terutama malam hari.