6 Perusahaan Belum Patuh BPJS Kesehatan Basel


6 Perusahaan Belum Patuh BPJS Kesehatan Basel

TOBOALI - BPJS Kesehatan selalu mengedepankan pendekatan persuasif melalui sosialisasi manfaat dalam mengakuisisi perusahaan. Namun di lapangan terdapat 6 banyak perusahaan yang masih belum mendaftar (Perusahaan Wajib Belum Daftar/PWBD), Perusahaan Daftar Sebagian (PDS) Tenaga Kerja, PDS Upah, PDS Program, dan Perusahaan yang memiliki piutang iuran. Hal tersebut terungkap dalam pembentukan forum koordinasi kepatuhan BPJS Kesehatan Basel di aula Kejari Basel Kamis(12/10).

Kajari Basel Pramono Mulyo yang ditunjuk sebagai Ketua Forum mengatakan, Kejari Basel siap membantu memfasilitasi dalam rangka pembinaan badan usaha yang masih belum memperhatikan dan menjalankan regulasi terkait implementasi BPJS Kesehatan, khususnya di wilayah Kabupaten Basel ini.

Menurutnya dalam pembahasan forum ada point point utama yang perlu mendapatkan penegasan dalam forum tersebut antara lain masalah kepatuhan perusahaan, masalah penegakan hukum, masalah regulasi lokal, dan masalah sinergitas maupun mekanisme penegakan hukumnya.

"Ada beberapa permasalahan yang di bahas dalam forum tersebut antara lain masalah perusahaan-perusahaan di Basel yang masih menunggak, yang belum mendaftarkan karyawannya, penegakan hukum dan sanksinya, baik sanksi administrasi maupun sanksi pidana, masalah regulasi lokal, masalah sinergitas Forum Koordinasi dan beberapa masalah lainnya yang berkaitan dengan BPJS Kesehatan di Basel," ungkapnya.

Kepala Layanan Kantor BPJS Basel, Heru Tafsir juga menambahkan kegiatan ini bertujuan agar tercapainya komunikasi yang baik dan persamaan persepsi dengan para pihak berkepentingan dalam pelaksanaan pengawasan pemeriksaan dan penegakan hukum terkait program BPJS Kesehatan yang meliputi penyampaian saran, gagasan, pemecahan masalah, perumusan rencana kerja dan tercapainya pemahaman yang sama dalam mendukung aspek perluasan cakupan kepesertaan, penegakan hukum serta peningkatan kepatuhan dari peserta dan pemberi kerja.

“Kita harapkan terbentuknya pembentukan forum koordinasi kepatuhan BPJS Kesehatan ini dapat menjadi sarana untuk mencari solusi dan tindak lanjut terhadap badan usaha yang belum melakukan registrasi kepesertaan karyawannya kepada BPJS Kesehatan sesuai termaktub dalam UU No 40 Tahun 2004 tentang SJSN dan pemberlakuan sanksi sesuai PP No 86 Tahun 2013,”ujar Heru.

Hadir dalam pembentukan forum tersebut Kepala Cabang BPJS Kesehatan Pangkalpinang dr. Syaiful, Kepala Disnaker Basel Basu, Kepala DPMPTSPPerindag  Muhammad, Sekretaris Dinas Kesehatan Khaidar, Pengawas tenaga kerja Provinsi Babel, Pengawas BPJS Kesehatan Endang beserta Tim, dan Kasi Datun serta JPN Kejari Basel. (bim)





Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Segera Tuntaskan Penjabaran Perda Nomor 15 tahun 2016
Segera Tuntaskan Penjabaran Perda Nomor 15 tahun 2016
Jum'at, 23 Februari 2018 12:22 WIB
TOBOALI - Menjawab keresahan sebagian kepala desa yang ada di wilayah Bangka Selatan (Basel). khususnya desa yang barusan melaksanakan pemilihan
Pemkab Basel Gelar Rapat Koordinasi Adipura
Pemkab Basel Gelar Rapat Koordinasi Adipura
Jum'at, 23 Februari 2018 11:32 WIB
TOBOALI - Dalam upaya meraih piala Adipura, pemerintah kabupaten Bangka Selatan (Basel) menggelar sosialisasi dan rapat koordinasi pelaksanaan program Adipura
Kemeriahan HUT Basel di Kecamatan Tukak Sadai
Kemeriahan HUT Basel di Kecamatan Tukak Sadai
Kamis, 15 Februari 2018 15:32 WIB
TUKAKSADAI - Kegiatan Perayaan HUT Bangka Selatan (Basel) ke-15 tahun 2018 di tingkat kecamatan terus berlangsung. Kali ini, giliran Kecamatan
PPBS Pertanyakan Beasiswa Basel Belum Tepat Sasaran
PPBS Pertanyakan Beasiswa Basel Belum Tepat Sasaran
Selasa, 13 Februari 2018 14:25 WIB
TOBOALI – Persatuan Pemuda Bangka Selatan (Basel) mempertanyakan bantuan beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa Basel yang dinilai belum tepat sasaran.