6 Perusahaan Belum Patuh BPJS Kesehatan Basel


6 Perusahaan Belum Patuh BPJS Kesehatan Basel

TOBOALI - BPJS Kesehatan selalu mengedepankan pendekatan persuasif melalui sosialisasi manfaat dalam mengakuisisi perusahaan. Namun di lapangan terdapat 6 banyak perusahaan yang masih belum mendaftar (Perusahaan Wajib Belum Daftar/PWBD), Perusahaan Daftar Sebagian (PDS) Tenaga Kerja, PDS Upah, PDS Program, dan Perusahaan yang memiliki piutang iuran. Hal tersebut terungkap dalam pembentukan forum koordinasi kepatuhan BPJS Kesehatan Basel di aula Kejari Basel Kamis(12/10).

Kajari Basel Pramono Mulyo yang ditunjuk sebagai Ketua Forum mengatakan, Kejari Basel siap membantu memfasilitasi dalam rangka pembinaan badan usaha yang masih belum memperhatikan dan menjalankan regulasi terkait implementasi BPJS Kesehatan, khususnya di wilayah Kabupaten Basel ini.

Menurutnya dalam pembahasan forum ada point point utama yang perlu mendapatkan penegasan dalam forum tersebut antara lain masalah kepatuhan perusahaan, masalah penegakan hukum, masalah regulasi lokal, dan masalah sinergitas maupun mekanisme penegakan hukumnya.

"Ada beberapa permasalahan yang di bahas dalam forum tersebut antara lain masalah perusahaan-perusahaan di Basel yang masih menunggak, yang belum mendaftarkan karyawannya, penegakan hukum dan sanksinya, baik sanksi administrasi maupun sanksi pidana, masalah regulasi lokal, masalah sinergitas Forum Koordinasi dan beberapa masalah lainnya yang berkaitan dengan BPJS Kesehatan di Basel," ungkapnya.

Kepala Layanan Kantor BPJS Basel, Heru Tafsir juga menambahkan kegiatan ini bertujuan agar tercapainya komunikasi yang baik dan persamaan persepsi dengan para pihak berkepentingan dalam pelaksanaan pengawasan pemeriksaan dan penegakan hukum terkait program BPJS Kesehatan yang meliputi penyampaian saran, gagasan, pemecahan masalah, perumusan rencana kerja dan tercapainya pemahaman yang sama dalam mendukung aspek perluasan cakupan kepesertaan, penegakan hukum serta peningkatan kepatuhan dari peserta dan pemberi kerja.

“Kita harapkan terbentuknya pembentukan forum koordinasi kepatuhan BPJS Kesehatan ini dapat menjadi sarana untuk mencari solusi dan tindak lanjut terhadap badan usaha yang belum melakukan registrasi kepesertaan karyawannya kepada BPJS Kesehatan sesuai termaktub dalam UU No 40 Tahun 2004 tentang SJSN dan pemberlakuan sanksi sesuai PP No 86 Tahun 2013,”ujar Heru.

Hadir dalam pembentukan forum tersebut Kepala Cabang BPJS Kesehatan Pangkalpinang dr. Syaiful, Kepala Disnaker Basel Basu, Kepala DPMPTSPPerindag  Muhammad, Sekretaris Dinas Kesehatan Khaidar, Pengawas tenaga kerja Provinsi Babel, Pengawas BPJS Kesehatan Endang beserta Tim, dan Kasi Datun serta JPN Kejari Basel. (bim)





Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Cabuli Anak Didik, Oknum Guru Ngaji Diringkus
Cabuli Anak Didik, Oknum Guru Ngaji Diringkus
Jum'at, 21 September 2018 11:48 WIB
SIMPANGRIMBA - Lantaran telah melakukan perbuatan asusila keempat anak didiknya, oknum guru ngaji berinisial AS, Warga Trans 2, Desa
Warga Sandai Resah, Puluhan Buaya Tiba tiba Muncul di Dermaga PPI
Warga Sandai Resah, Puluhan Buaya Tiba tiba Muncul di Dermaga PPI
Jum'at, 21 September 2018 11:37 WIB
TOBOALI – Kemunculan buaya di peraian laut Sadai, Kecamatan Tukak Sadai meresahkan warga, khususnya nelayan. Diduga, buaya tersebut keluar dari
Basel Tuan Rumah Jambore Pemuda Indonesia 2018
Basel Tuan Rumah Jambore Pemuda Indonesia 2018
Senin, 17 September 2018 18:45 WIB
TOBOALI – Jambore Pemuda Indonesia (JPI) tahun 2018 akan dipusatkan di Kabupaten Bangka Selatan (Basel). Event bertaraf nasional ini akan
WCD 2018, Wabup Basel Ingatkan Dampak Sampah Bagi Lingkungan
WCD 2018, Wabup Basel Ingatkan Dampak Sampah Bagi Lingkungan
Senin, 17 September 2018 11:58 WIB
TOBOALI – Gerakan world cleanup day (WCD) atau aksi gotong royong bersih-bersih di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) diikuti 30.000