Warga Pergoki TI Milik Oknum Polres


Warga Pergoki TI Milik Oknum Polres

SUNGAILIAT - Puluhan warga Jalan Laut, Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka  menggerebek aktifitas penambangan TI rajuk mini di kawasan hutan bakau lingkungan setempat, Senin (20/11) sore sekitar pukul 17.00 WIB.

Mirisnya, saat dilakukan penggerebekan dilakukan, TI rajuk mini tersebut ternyata milik oknum anggota Polres Bangka yang berinisial Sp.

Dalam penggerebekan tersebut warga didampingi Kaling dan Ketua RT 03 Jalan Laut. Saat berada di lokasi, sejumlah warga menegaskan, masyarakat jalan laut sepakat tidak ada bentuk aktifitas penambangan di lingkungan jalan laut.

"Sesuai kesepakatan di gedung DPRD Bangka kemarin, warga jalan laut tidak menginginkan adanya bentuk penambangan disini," kata warga dihadapan tiga orang penambang. 

Warga menyayangkan aktifitas penambangan tersebut justru dilakukan oleh salah satu oknum kepolisian daerah ini. "Dari kemarin polres bilang jangan sebut-sebut nama anggota Polres kalau tidak ada bukti. Sekarang ini malahan terbukti, yang buka ini anggota Polres," katanya.

Usai warga memergoki aktifitas penambangan tersebut, puluhan anggota Polres Bangka dan sejumlah anggota Satpol PP Bangka tiba di lokasi. Dihadapan petugas, warga meminta polisi melakukan proses hukum kepada para pelaku penambangan tersebut.

Oleh Kanit Buser Polres Bangka, Ipda Fani meminta warga mempercayakan proses hukum ini kepada pihak berwajib. "Jadi ini kita amankan semuanya dan kita bawa ke Polres. Untuk anggota, nanti provost yang periksa. Untuk penambangnya, biar kita yang amankan," katanya.

Sementara itu, menurut keterangan Ketua RT 03 Jalan Laut, Rozi mengatakan, awalnya warga setempat sudah mencurigai gerak sejumlah orang yang keluar masuk ke dalam kawasan hutan bakau lingkungan setempat.

Kecurigaan warga tersebut akhirnya terjawab setelah Senin (20/11) warga mendengar suara mesin TI dari kejauhan. Setelah itu kata dia, warga akhirnya berkumpul dan me?nghubungi perangkat desa setempat guna memergoki aksi kucing-kucingan penambangan tersebut.

"Kita kesana sekitar jam 17.00 WIB dan ketemu pak Sp. Terus kita tanya sama pak Sp kalau ada TI di belakang sana. Pak Sp jawab ada dan itu punya saya," katanya.

Senada dikatakan Kaling Jalan Laut, Feri yang membenarkan TI mini yang dipergoki warga jalan laut tersebut milik oknum anggota Polres Bangka yang berinisial Sp. "Denger-denger katanya ini punya pak Sp," katanya.

Dalam penertiban ini, kata dia dilakukan spontanitas oleh warga Jalan Laut. "Saat saya ditelpon warga, saya langsung menghubungi Babinsa, Bhabinkamtibmas, Lurah dan pihak lainnya untuk bersama sama mengatasi ini," katanya.

Dia berharap baik penambang dan sang oknum pemilik TI rajuk tersebut diproses sesuai hukum yang berlaku. "Kami ingin mereka diproses hukum karena kami dari aparat pemerintah desa sudah capek dan seolah olah kami dianggap masyarakat tidak bekerja," katanya.(Mg4/rmolbabel)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
Difteri Belum Ditemukan di Bangka, dr. Then : Semoga Tidak Ada
Difteri Belum Ditemukan di Bangka, dr. Then : Semoga Tidak Ada
Selasa, 12 Desember 2017 12:27 WIB
SUNGAILIAT - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, dr. Then Suyanti mengungkapkan sampai medio Desember ini, penyakit Difteri yang sedang mewabah
5 TPU Terima Sertifikat Halal
5 TPU Terima Sertifikat Halal
Selasa, 12 Desember 2017 12:24 WIB
SUNGAILIAT - Lima Tempat Pemotongan Unggas (TPU) di Kabupaten Bangka menerima Sertifikat Halal dari LPP MO-MUI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
PBB Bangka Sudah Capai 96 Persen
PBB Bangka Sudah Capai 96 Persen
Selasa, 12 Desember 2017 12:08 WIB
SUNGAILIAT - Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Bangka, Darius menegaskan, sampai dengan sekarang, penerimaan pajak dari Pajak
28 Desa Akan Gelar Pilkades di 2019
28 Desa Akan Gelar Pilkades di 2019
Selasa, 12 Desember 2017 12:06 WIB
SUNGAILIAT - Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka, Arman Agus menyebutkan untuk tahun 2018 ini di Kabupaten