Berita
Program Satam Emas Siap Gantikan PNPM . Gub : 1 Kecamatan Rp1 M
Selasa, 19 Juni 2012 11:29 WIB | Dibaca 703 kali
PANGKALPINANG - Gubernur Provinsi Bangka Belitung Eko Maulana Ali jauh-jauh hari sudah menyiapkan program untuk membantu warga miskin jika Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri(PNPM) dihentikan oleh pusat pada 2014 mendatang. Bahkan ia menamakan program tersebut dengan program Satam Emas. "Rencananya ini kita terapkan di tahun 2013 mendatang. Itupun kalau disetujui oleh DPRD Babel," ujar Eko kepada RB usai menghadiri rapat paripurna di gedung DPRD Provinsi Babel, Senin(18/6).
Dijelaskannya, dalam program Satam Emas ini setiap kecamatan akan diberikan sebesar Rp1 miliar. Dimana anggaran tersebut dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah(APBD) Provinsi Babel. Akan tetapi, kecamatan yang diutamakan mendapatkan program tersebut ialah kecamatan yang belum tersentuh program seperti PNPM. "Tujuan program ini sama seperti program PNPM yakni menciptakan kemandirian masyarakat. Karena masih banyak kecamatan yang belum terkafer dalam program tersebut," jelasnya.
Seperti diketahui, kata Eko, sebelumnya PNPM akan berakhir hingga tahun 2014 mendatang. Namun dirinya meminta kepada masyarakat tak perlu khawatir jika program PNPM dihentikan. "Yang jelas kita akan bantu masyarakat miskin. Ini juga sebagai upaya kita dalam mengentaskan angka kemiskinan di Provinsi Babel ini," pungkasnya.
Disinggung apakah APBD yang dimiliki Pemprov Babel cukup untuk "menunggangi" program Satam Emas, menurutnya, hal tersebut bisa dievaluasi dan dikaji kembali. Sebab, tujuan dari APBD juga untuk kesejahteraan rakyat. "Saya rasa APBD bisa mengkafer program ini. Apalagi program ini jufa untuk rakyat banyak," tandasnya. (cr43)




comments powered by Disqus
EPaper Facebook twitter RSS
Harga Daging Sapi di Pangkalpinang Bervariasi
Harga Daging Sapi di Pangkalpinang Bervariasi
PANGKALPINANG - Harga daging sapi di pasar-pasar di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menjelang perayaan Imlek, Senin (8/2) bervariasi karena daya beli warga
Evan Dimas Pamit ke Spanyol, Menpora Beri Sarung Bukan Uang Saku
Evan Dimas Pamit ke Spanyol, Menpora Beri Sarung Bukan Uang Saku
JAKARTA - Evan Dimas akhirnya dipastikan berangkat ke Spanyol untuk menjalani program kerja sama dan berlatih di klub RCD Espanyol B. Sebelum berangkat, Evan sempat menolak dan nyaris dituntut secara hukum oleh Nine Sport, pihak yang menjalin kerja sama dengan La Liga Spanyol.
72,29 Persen Desa Sudah Miliki PAUD
72,29 Persen Desa Sudah Miliki PAUD
JAKARTA - Pemerintah pasang target seluruh anak mendapatkan akses pendidikan anak usia dini (PAUD) atau pendidikan pra-SD.
Mitra Radar