Berita
Oktober, Dana PKH Cair
Jum'at, 21 September 2012 11:58 WIB | Dibaca 406 kali
PANGKALPINANG-Oktober bulan depan Dinas Kesejahteraan Sosial (Dinkessos) Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Babel) siap menyalurkan bantuan dana Program Keluarga Harapan (PKH) kepada 1.800 Kepala Keluarga (KK) atau Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) di Kabupaten Belitung dan Belitung Timur (Beltim).
Menurut Kadinkesos Babel, Sahirman Jumli, dana PKH yang akan disalurkan tersebut merupakan bantuan yang diperuntukkan bagi warga yang kurang mampu dalam rangka memperbaiki kesehatan dan pendidikan keluarga. "Setelah diverifikasi, terhitung yang memenuhi syarat untuk mendapat program PKH hanya ada 1.800 RTSM yang terdiri dari 1.000 RTSM di Belitung dan 800 TSM di Beltim," kata dia kepada RB kemarin (20/9). 
Ia menjelaskan, priotas penyaluran dana PKH untuk RTSM  ini tentunya setelah melalui seleksi dari pemerintah, sehingga yang mendapat bantuan adalah warga yang benar-benar tidak mampu.  "Masing-masing Kabupaten/kota kita minta data rumah tangga sangat miskin untuk syarat PKH. Namun empat kabupaten yang merespon yakni, Bangka Tengah, Pangkalpinang, Belitung dan Beltim. Kemudian diverifikasi, ada 2 kabupaten memenuhi persyaratan," beber Sahirman.
PKH kata Sahirman, merupakan suatu program nasional dalam penanggulangan kemiskinan dan bagian dari program-program penanggulangan kemiskinan lainnya yang dirancang pemerintah untuk memutus mata rantai kemiskinan, mempermudah keluarga miskin memperoleh akses kesehatan dan pendidikan agar tidak menimbulkan kemiskinan secara keturunan.   "Tujuan PKH digulirkan pemerintah salah satunya untuk memutus mara rantai kemiskinan dengan cara membantu memenuhi kebutuhan hidup warga miskin, terutama untuk pendidikan dan kesehatan anak. Program ini sebagai salah satu upaya melakukan sistem perlindungan sosial pada masyarakat miskin," jelasnya.
Pengusulan kabupaten/kota dilakukan berdasarkan jumlah RTSM setelah melakukan pendataan. Hasil pendataan kemudian akan diusulkan ke Kementerian Sosial untuk memperoleh santunan.  "Saat ini kita sedang melakukan pembinaan dan pelatihan untuk tenaga pendamping PKH. Setelah pembinaan dan pelatihan itu dilakukan, petugas pendamping akan melakukan verifikasi pada RTSM yang menerima dana program PKH ini, setelah diverifikasi dan dicek langsung, baru dana PKH itu disalurkan pada RTSM yang menerimanya, sekitaran Oktober mendatang rencananya sudah akan disalurkan," paparnya.
Lebih jauh ia berharap, PKH mampu memberikan dampak positif terhadap peningkatan taraf hidup masyarakat terutama pemberian gizi bagi ibu hamil dan mengurangi beban orang tua yang memiliki anak usia sekolah. "Bentuk bantuan yang diberikan dalam program ini berupa uang tunai dengan jumlah yang berbeda berdasarkan klasifikasinya yang langsung didistribusikan ke rekening tiap RTSM," imbuhnya.(iam)



comments powered by Disqus
EPaper Facebook twitter RSS
Nikmati Esprecielo Irish Coffe di Kedai 8
Nikmati Esprecielo Irish Coffe di Kedai 8
PANGKALPINANG-Tempat tongkrongan menikmati suasana santai anda bertambah satu lagi di Pangkalpinang. Kedai 8 yang terletak di jalan Toniwen atau Jalan M.H Muhidin hadir dengan konsep coffeshop resmi dibuka Selasa (23/12).
Madrid Lolos Final Piala Dunia Antarklub
Madrid Lolos Final Piala Dunia Antarklub
MARRAKESH - Real Madrid berhasil melaju ke babak final Piala Dunia Antarklub 2014. Tiket itu diraih setelah Madrid sukses menekuk Cruz Azul dengan skor 4-0 (2-0) di Stade de Marrakech, Rabu (17/12) dini hari WIB.
Pangkalpinang Siap Terapkan Wajib Belajar 15 Tahun
Pangkalpinang Siap Terapkan Wajib Belajar 15 Tahun
PANGKALPINANG - Sebagai Ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Pangkalpinang menyatakan telah siap untuk menerapkan wajib belajar 15 tahun. Meski target nasional menentukan hingga tahun 2020, wajib belajar 15 tahun atau setara diploma ini tentunya membuktikan pendidikan di Pangkalpinang selangkah lebih maju.
Mitra Radar