Awal Januari 2018, Pergub Mineral Ikutan Akan Diberlakukan


Awal Januari 2018, Pergub Mineral Ikutan Akan Diberlakukan

PANGKALPINANG - Mulai Januari tahun 2018 mendatang hasil Sumber Daya Alam (SDA) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berupa mineral ikutan dilarang untuk keluar dari provinsi ini. Saat ini Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman Djohan sedang membahas aturan larangan mineral ikutan bersama Kementerian ESDM di Pusat. 

Demikian disampaikan langsung Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Bangka Belitung Ir Suranto Wibowa kepada Radar Bangka, Senin ( 04/12 ) di ruang kerjanya.

Diungkapkan Suranto, tujuan dari pemerintah provinsi Bangka Belitung melarang keluarnya mineral ikutan dari negeri Serumpun Sebalai ini tidak lain dan tidak bukan untuk mendapatkan kepastian bahwa kandungan mineral ikutan yang berbahaya seperti monazit, zirkon, tin slag dan lainnya tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

" Tujuannya agar kandungan mineral ikutan yang berbahaya seperti radioaktif tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengeruk hasil bumi demi memperkaya diri sendiri," ungkap Suranto.

Dikatakan Suranto,  dalam hal ini Pemprov Babel terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan ditargetkan akhir bulan Desember ini aturan yang mengatur hal itu rampung.

"Target kita akhir Desember 2017 ini rampung. Jadi tidak ada lagi pengusaha yang mengirim mineral ikutan keluar Babel kecuali untuk ekspor yang tentunya izin tersebut harus rekomendasi dari pusat," ujarnya.

Terakhir, Suranto berpesan jika Pergub sudah diberlakukan, para pengusaha jangan sekali-kali berani menentang pergub tersebut jika tidak ingin berurusan dengan pihak kepolisian. "Ini jangan dianggap main-main, pembahasan mineral ikutan langsung dari Kementrian ESDM Pusat," tandasnya. (don)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Menyambut 100 Tahun Indonesia PWI Gelar Seminar Mimpi Tokoh Muda Untuk Indonesia 2045
Menyambut 100 Tahun Indonesia PWI Gelar Seminar Mimpi Tokoh Muda Untuk Indonesia 2045
Selasa, 15 Oktober 2019 11:03 WIB
JAKARTA - Apa yang Anda bayangkan tentang Indonesia 100 tahun? Semua cita-cita kebangsaan yang dicanangkan para pendiri bangsa seharusnya sudah
ACT dan HPI Siap Bersinergi Sejahterakan Babel
ACT dan HPI Siap Bersinergi Sejahterakan Babel
Senin, 14 Oktober 2019 19:00 WIB
PANGKALPINANG - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bersama dengan organisasi Himpunan Pewarta Indonesia (HPI) Babel siap
Persiapan Pelantikan Pimpinan DPRD Babel Sudah Capai 95 Persen
Persiapan Pelantikan Pimpinan DPRD Babel Sudah Capai 95 Persen
Senin, 14 Oktober 2019 16:54 WIB
PANGKALPINANG - Persiapan menjelang pelantikan dan pengucapan sumpah/janji jabatan para pimpinan DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang akan digelar pada
HPI Babel Bakal Panen Semangka Empat Hektar
HPI Babel Bakal Panen Semangka Empat Hektar
Senin, 14 Oktober 2019 15:13 WIB
PANGKALPINANG - "Asak Kawa Apepun Pacak" itulah sepenggal kalimat dari bahasa daerah Bangka Belitung (Babel), sebagai ungkapan masyarakat Babel memotivasi