JAKARTA - Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan bahwa hujan lebat disertai petir dan angin kencang berpeluang terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia pada hari Minggu, termasuk kota-kota besar.

Menurut situs web Peringatan Dini Cuaca BMKG, beberapa lokasi di Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali Hujan lebat disertai petir dan angin kencang diperkirakan terjadi di beberapa lokasi di Bali.

Hujan lebat juga berpeluang terjadi di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Di sisi lain, curah hujan dengan intensitas ringan mungkin terjadi di banyak lokasi di provinsi Jawa Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Secara khusus, BMKG memperingatkan bahwa hujan petir mungkin terjadi di kota Jambi, Pangkalpinang, Pekanbaru, dan Padang. Di kota-kota lain, hujan ringan mungkin terjadi di Pontianak, Palembang, Bandung, Surabaya, Banjarmasin, Palangka Raya, Ambon, Mataram, Jayapura, Manokwari, Mamuju, Makassar, Kendari, dan Medan.

Di SAR Jakarta, cuaca berawan atau cerah diperkirakan sepanjang hari.

BMKG juga memperingatkan bahwa sejumlah provinsi harus ditempatkan dalam kategori waspada terhadap dampak hujan lebat, termasuk banjir di Sumatera Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tenggara, Papua Barat dan Papua.