JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca pada hari Minggu yang menunjukkan bahwa curah hujan tinggi akan terjadi di beberapa wilayah di sembilan provinsi di Indonesia.

Eko Prasetyo, Direktur Pusat Meteorologi Maritim BMKG, mengatakan melalui Instagram @infobmkg pada hari Minggu, "Harap waspada terhadap bahaya hidrometeorologi karena kemungkinan hujan lebat mulai pukul 07.00 WIB."

Daerah-daerah yang perlu waspada terhadap dampak hujan lebat adalah Solok Selatan dan Dharmasraya di Sumatra Barat dan Belitung Timur di Kepulauan Bangka Belitung.

Selain itu, hujan lebat juga berpeluang terjadi di Karanganyar, Suragen, Semarang, Kota Salatiga, Brebes, dan Tegal di Provinsi Jawa Tengah.

Di Jawa Timur, Ngawi, Kediri, Jombang, Malang, Pasuruan dan Mojokerto berpeluang mengalami hujan lebat. Kalimantan Barat meliputi Sanggau, Landak, Sekadau, Melawi, Ketapang, Sintang dan Kapuas Hulu.

Peringatan curah hujan lebat juga berlaku untuk Lamandau, Kota Waringin Timur dan Katingan di Kalimantan Tengah.

Selain itu, kondisi serupa juga berlaku di Konawe Selatan, Konawe Utara, Konawe dan Kolaka Timur di Sulawesi Tenggara.

Peringatan curah hujan lebat di wilayah timur Indonesia berlaku untuk Manokwari Selatan, Tuluk Bintuni dan Fakfak di Papua Barat, Merauke di Papua, Pegunungan Bintan, Yahukimo, Jayapura, Keerome, Mimika, Trikara Puncak Jaya, Mamberamo Raya, Asmat, Nduga dan Puncak, Berlaku untuk Boven Digoel, Yarimo, Jayawijaya dan Mappi.