Toboari, Babel, - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meningkatkan promosi destinasi wisata unggulan melalui kegiatan bekecak. "Behame kite pacak (bekecak), atau yang bisa kita lakukan bersama, menjadi agenda pariwisata setiap tahun untuk mempromosikan destinasi wisata guna meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan," kata Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid, di Toboari, Rabu. Kegiatan bekekak pariwisata Bangka Selatan dikemas dalam bentuk pasar UMKM, pentas seni tradisional, panggung hiburan dan pameran produk kreatif.

"Kami mengemas kegiatan ini dengan cermat agar masyarakat lokal dan wisatawan dapat berpartisipasi," katanya. Bupati berharap kegiatan wisata Bekekak akan menjadi agenda tahunan yang tidak hanya dikenal oleh masyarakat setempat, tetapi juga oleh masyarakat luas di luar daerah.

"Tentu saja, kami berharap tujuan dari kegiatan ini dapat tercapai, yaitu untuk meningkatkan sektor pariwisata dan perekonomian masyarakat setempat.

Meskipun acara ini hanya berlangsung selama tiga hari, Bupati mengatakan bahwa para pelaku UMKM mampu menjadi ajang untuk memamerkan produk-produk unggulan. "Paling tidak, perputaran ekonomi para pelaku UMKM menjadi sangat cepat dan pemerintah daerah juga bisa memamerkan potensi daerah, terutama pariwisata, kepada orang-orang yang datang dari berbagai daerah," katanya. Riza berharap kegiatan ini dapat dipertahankan, ditingkatkan dan dikemas lebih baik lagi di tahun depan. "Mengemas kegiatan bekekak ini dengan cara yang lebih kreatif dan inovatif akan membuat orang merasa tertarik dan terus menunggu dari tahun ke tahun," katanya.