JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini hujan dengan intensitas sedang-lebat disertai kilat/petir untuk sebagian besar wilayah Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Maluku pada hari Sabtu.

Peringatan yang sama juga dikeluarkan oleh BMKG untuk wilayah Bali, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, Gorontalo, Jambi, Jawa, Kalimantan Timur dan Selatan, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan.

Peringatan ini juga memperingatkan bahaya hujan lebat disertai petir di Aceh, Lampung dan Sumatera Utara. Hujan ringan hingga lebat diperkirakan akan terjadi di Bengkulu.

Hujan disertai petir diperkirakan terjadi di DKI Jakarta, Jawa Barat dan Kalimantan Barat.

Sementara itu, hujan pada siang hari diprakirakan terjadi di Pangkal Pinang dan hujan pada siang hari di Manokwari, namun berawan pada malam hari.

Denpasar juga diperkirakan akan mengalami hujan ringan di pagi dan siang hari, dengan awan tebal di malam hari.

Sebagian besar kota di Indonesia, termasuk Gorontalo, Jambi, Semarang, Surabaya, Pontianak, Banjarmasin, Palangkaraya, Samarinda, Tanjung Pinang, Bandar Lampung, Mataram, Kupang, Jayapura, Makassar, Kendari, dan Manado, diperkirakan akan berawan di pagi hari. Cuaca berawan diperkirakan akan terjadi pada pagi hari di sebagian besar kota di Indonesia, termasuk.

Ambon akan berawan sepanjang hari, dengan berawan tebal di sore hari. Bengkulu dan Kendari akan berawan di pagi hari.

Di Jakarta SAR, berawan di pagi hari dan berawan di malam hari diprakirakan terjadi di seluruh wilayah Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu.

Hujan diperkirakan terjadi di Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang hari, berawan di Jakarta Pusat dan Jakarta Utara.

Dini hari, berawan di Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur, hujan ringan diperkirakan terjadi di Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu.