1.110 Sertifikat Tanah Masyarakat Diserahkan


1.110 Sertifikat Tanah Masyarakat Diserahkan

    SUNGAILIAT - Bupati Bangka H. Tarmizi Saat menyerahkan sebanyak 1.110 bidang tanah yang sudah bersertifikat kepada masyarakat dan aset Pemda Bangka berupa tanah dan bangunan kepada kantor pertanahan Kabupaten Bangka, Rabu (7/9/2016) di halaman kantor Bupati Bangka. "Kita ucapkan terima kasih kepada Kantor Pertanahan Kabupaten Bangka yang telah menyelesaikan sertifikat hak atas tanah bagi masyarakat Kabupaten Bangka sebanyak 1.110 bidang,’’ ungkap Bupati Bangka.

    Dikatakan orang nomor satu di Kabupaten Bangka ini, pada tahun 2017, Pemda Bangka akan menganggarkan untuk membantu masyarakat usaha mikro dan kecil dan nelayan. Selain itu juga bupati meminta untuk mempermudah dan mempercepat proses pembuatan sertifikat tersebut dengan program Proda.

    ‘’Dalam kesempatan ini juga kami serahkan aset tanah dan bangunan milik pemda ke kantor Pertanahan Kabupaten Bangka. Tahun depan kita akan menganggarkan Proda untuk pembuatan sertifikat namun kita minta pelayanannya cepat. Kepada masyarakat yang telah menerima prona ini harap dijaga jangan sampai hilang karena menyangkut hak kita,’’ jelas Bupati Bangka.

    Sementara itu, Kakanwil  BPN Prov. Kep. Babel, Bambang Hendrawan, dalam sambutannya mengatakan, legalisasi aset tanah merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Bangka dalam rangka memberikan kepastian hukum dan jaminan atas bidang-bidang tanah yang dimiliki oleh masyarakat. Di Kabupaten Bangka yang sudah memiliki sertipikat tanah berjumlah 42.463 bidang tanah atau  ±  49,95 %  dari total ±  85.000 bidang tanah yang ada dan pada tahun 2016, Kantor Pertanahan Kabupaten Bangka telah menargetkan untuk melakukan sertipikasi bidang-bidang tanah sejumlah 1.450 bidang tanah yang akan dibiayai oleh Pemerintah melalui program PRONA dan sertipikasi lintas sektor yaitu Usaha Mikro dan Kecil, dan Nelayan. Selain yang dibiayai masyarakat melalui Penerimaan Negara Bukan Pajak.

    ‘’Kami atas nama Kementrian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besar kepada Pemkab Bangka khususnya kepada Bapak Bupati Bangka, atas bantuan dan dukungannya berupa penyerahan aset tanah dan bangunan untuk gedung Kantor Pertanahan Kabupaten Bangka, mudah-mudahan hal ini dapat kami pergunakan untuk peningkatan kualitas dan kuantitas layanan pertanahan kepada masyarakat Kabupaten Bangka," ucapnya. Dalam kegiatan tersebut, Bupati bersama dengan Sekda Bangka, Kakanwil, dan kepala BPN Bangka menyerahkan secara simbolis sertifikat tanah kepada masyarakat. Selain itu juga, Kepala Dinkes Bangka, Then Suyanti menerima bantuan hibah tanah dari masyarakat untuk pembangunan rumah sakit Puding Besar.(rel)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
171 Mahasiswa IAIN SAS Babel ikuti Pembekalan KKN
171 Mahasiswa IAIN SAS Babel ikuti Pembekalan KKN
Jum'at, 21 Februari 2020 10:15 WIB
SUGAILIAT - Sebanyak 171 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) SAS Babel, mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Aula
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Minggu, 29 Desember 2019 01:11 WIB
SUNGAILIAT - Pro kontra Kapal Isap Produksi (KIP) di perairan Matras, Sungailiat, sejak beberapa pekan terakhir membuat ketua DPRD Bangka,
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Minggu, 22 Desember 2019 19:05 WIB
SUNGAILIAT - Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan yang juga anggota DPR RI, dapil Bangka Belitung, Ir Rudianto Tjen
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Selasa, 17 Desember 2019 19:25 WIB
SUNGAILIAT - Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Bangka, Rielke Jefri Huwae mengelar sirahturahmi bersama Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi)