JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengingatkan para instruktur pelatihan kerja untuk terus meningkatkan kemampuan melalui keikutsertaan dalam Kompetisi Kompetensi Instruktur Nasional (KKIN). Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi pada malam penutupan KKIN 2024 Tingkat Regional Wilayah Barat 1 di Padang, Sumatera Barat, Rabu (5/8). "Saya berharap para pimpinan unit kerja yang pimpinannya berhasil melaju ke tingkat nasional diberikan perhatian dan motivasi khusus agar nantinya dapat bersaing secara maksimal di tingkat nasional," katanya dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis. Kata Anwar. Dia juga mengucapkan selamat kepada para leader yang telah berhasil menjadi juara dan akan mengikuti tahap selanjutnya, yaitu KKIN tingkat nasional. Lebih lanjut, Anwar mengucapkan terima kasih kepada seluruh leader yang telah berpartisipasi dalam turnamen ini.

Selanjutnya, ia mengucapkan terima kasih dan pujian kepada Balai Latihan Kerja dan Produktivitas (BLKP) Padang, para juri, pengawas, tim teknis, dan panitia atas upaya mereka dalam menyukseskan kompetisi ini. "Saya berharap dengan berakhirnya kegiatan KKIN ini tidak menyurutkan langkah dan semangat kita semua untuk selalu sehat dan jujur dalam berkompetisi," ujarnya. KKIN Wilayah Barat Region 1 diikuti oleh 140 kompetitor atau peserta lomba dari 14 bidang keahlian yang berasal dari Balai Besar Pelatihan Kerja dan Produktivitas (BBPVP) Medan, Balai Besar Pelatihan Kerja dan Produktivitas (BPVP) Aceh, BPVP Padang, BPVP Belitung, Balai Latihan Kerja (BLK) seluruh Indonesia, dan Balai Latihan Kerja (BLK) di luar negeri. Balai Latihan Kerja (BLK), BLK Komunitas, Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) serta dunia usaha dan industri dibina.

Bidang-bidang keahlian yang dibina antara lain instalasi listrik, elektronika, las, pendingin dan tata udara, kendaraan sepeda motor, kendaraan kendaraan ringan, desain grafis,desain teknik mesin CAD, solusi perangkat lunak TI untuk bisnis, tata busana, tata kecantikan, jasa restoran, tata busana, produksi, barista, dll.