Poktan Bateng Ikuti Pelatihan Teknis Cabai


Poktan Bateng Ikuti Pelatihan Teknis Cabai

NAMANG - Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) melalui Dinas Pertanian tahun  2019 bekerjasama dengan Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Lampung melaksanakan kegiatan Pelatihan Teknis Tematik Cabai bagi Non Aparatur Angkatan II selama 3 (tiga) hari di Balai Penyuluhan Pertanian Namang.

Kegiatan ini dihadiri Kepala BPTP Lampung Dadan Sunarsyah SP MM,
Kepala BPTP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Wahyu Wibawa, pihak Dinas Pertanian Bangka Belitung melalui Kasi Produksi, Dinas Pangan, Camat Namang dan peserta Kelompok tani cabai se Bateng.

Dalam sambutannya saat membuka dan kegiatan itu, Bupati Bateng DR Ir H Ibnu Saleh MM, Selasa (18/6) pagi menuturkan, di hari ketiga nanti akan dilaksanakan kegiatan antara lain praktek aplikasi  MA11 (microbacter alfaafa 11) di Desa Trubus Kecamatan Lubukbesar yaitu praktek aplikasi ke tanaman cabe menggunakan pupuk cair yang disemprot ke tanaman cabai.

Lanjut Bupati Ibnu, dalam kegiatan ini diikuti dengan kegiatan pengawalan dan pendampingan bagi kelompok tani se Bateng, agar pelaksanaan pengawalan dan pendampingan berjalan dengan baik maka dilakukan Pelatihan Teknis Tematik Cabai bagi non aparatur angkatan II. Sebagai pelaksana kegiatan Balai Pelatihan Pertanian Lampung yang dilaksanakan di Balai Penyuluhan Pertanian Desa Belilik Kecamatan Namang.

"Karena pentingnya kegiatan pelatihan teknis tematik cabai ini, oleh karenanya para peserta diharapkan benar-benar memanfaatkan kesempatan tersebut agar setelah selesai mengikuti kegiatan ini dapat menerapkan budidaya tanaman cabai sesuai yang diajarkan oleh fasilitator," ungkap Bupati Ibnu Saleh.

Ditambahkan Bupati Ibnu pula, kegiatan ini sudah dilaksanakan ke dua kalinya di Bangka Tengah, di tahun 2017 ditujukan untuk Penyuluh (aparatur), kemudian pada 2019 ini untuk non aparatur," ungkapnya

Sementara itu Kepala BPTP Lampung, Dadan Sunarsyah mengatakan  kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pengurus kelompok tani Bangka Tengah dalam melakukan pengelolaan bantuan benih/bibit komoditas tanaman cabai sehingga dapat dibudidayakan.

Sasaran pelatihan ini, adalah tercapainya peningkatan kompetensi pengurus kelompok tani sebagai peserta pelatihan sebanyak 30 orang perwakilan dari 30 Poktan se Bateng.

Dalam kegiatan tersebut disampaikan materi berdasarkan hasil identifikasi kebutuhan latihan (IKL) yaitu Persiapan benih, Pemupukan tanaman, pengendalian OPT serta panen dan pasca panen cabai. Fasilitator berasal dari Widyaiswara BPP Lampung yang telah mengikuti Diklat Training Of Trainer (TOT) dan praktisi yang kompeten di bidangnya, metode pelatihan teknis tematik menggunakan pendekanatan Experiece Learning Cycle (ELC), kemukakan, olah simpul dan aplikasikan dengan pendekatan pendidikan orang dewasa. Pemilihan metode disesuaikan dengan materi yang disampaikan antara lain diskusi kelompok dan tanya jawab, penugasan, presentasi dan praktek. (rel/rb)




Banner

Berikan Komentar

Koba Lainnya
Pelajar Asal Simpang Katis Positif Covid-19, Total Terkonfirmasi Positif di Bateng Jadi 6
Pelajar Asal Simpang Katis Positif Covid-19, Total Terkonfirmasi Positif di Bateng Jadi 6
Sabtu, 06 Juni 2020 11:40 WIB
KOBA – Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) kembali ketambahan satu kasus terkonfirmasi positif Covid-19. Sampai hari ini total positif Covid-19 di
Sambut New Normal, Bupati Bateng Ajak ASN Berolah Raga
Sambut New Normal, Bupati Bateng Ajak ASN Berolah Raga
Jum'at, 05 Juni 2020 21:44 WIB
KOBA - Dalam rangka menerapkan tatanan "New Normal", Bupati Bangka Tengah (Bateng), Ibnu Saleh mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara ((ASN)
Satu Santri Pesantren yang Dikarantina Pemkab Bateng Positif covid-19
Satu Santri Pesantren yang Dikarantina Pemkab Bateng Positif covid-19
Jum'at, 05 Juni 2020 14:14 WIB
KOBA - Satu warga Kabupaten Bangka Tengah kembali terinfeksi positif Covid-19, bertambahnya pasien positif ini menjadi penambahan kasus korban covid-19
Kabar Baik, Satu Pasien Positif Covid-19 Bateng Dinyatakan Sembuh
Kabar Baik, Satu Pasien Positif Covid-19 Bateng Dinyatakan Sembuh
Kamis, 04 Juni 2020 21:20 WIB
KOBA - Kabar baik datang dari Kabupaten Bangka Tengah, satu warga Kabupaten Bangka Tengah yang sebelumnya menjalani perawatan akibat terjangkit