Berat Sekali, Berapa kiranya Harga Emas yang Terpasang di Pucuk Monas

1detailcreator | Jum'at, 27 Januari 2023 20:29 WIB | 499 kali Berat Sekali, Berapa  kiranya Harga Emas yang Terpasang di Pucuk Monas

Monumen Nasional atau Monas merupakan salah Esa landmark DKI Jakarta. Monas juga seringkali dijadikan sebagai Loka wisata edukasi bagi masyarakat Indonesia. Salah Esa yang paling ikonik tentang Monas ialah adanya emas raksasa di atas Konstruksi tersebut.
Tugu Monas sendiri memang Mempunyai Poly kisah yang menarik dalam proses pembangunannya. Mulai dari pemasangan tiang pancang hingga pemasangan emas raksasa yang berada di puncak.

Berat Emas Monas
Mengutip Instagram Formal Monumen Nasional (Monas), total berat emas yang Eksis di Monas ialah 72 kilogram (kg). Sebagian Akbar Manusia mengetahui bahwa berat emas di Monas Cuma 50 kg yang terletak pada Lidah Api Kemerdekaan yang berada di atas Pelataran Puncak Monas.

Lalu, di mana Lokasi 22 kg emas lainnya? disebutkan bahwa 22 kg emas lainnya terletak di Ruang Kemerdekaan. Emas tersebut melekat pada pintu gapura kemerdekaan, burung Garuda Pancasila, dan kepulauan Indonesia.

Ruang Kemerdekaan merupakan ruangan berbentuk persegi yang dikelilingi amphitheater yang menyimpan 4 simbol kemerdekaan bangsa Indonesia. Di ruangan ini pengunjung Dapat mendengarkan Bunyi Orisinil Bung Karno Ketika membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan 1945.

Selain itu dilengkapi juga dengan salinan naskah proklamasi yang disimpan pada kotak kaca di dalam pintu gerbang yang dikenal dengan nama "Gerbang Kemerdekaan" berlapis emas dan dihiasi kembang wijaya kusuma.

Berapa harga keseluruhan emas tersebut?

Jika mengacu pada harga emas Antam di laman Logam Mulia per 28 Januari 2023, harga emas berada di kisaran Rp 970.600.000 per kg. Sedangkan emas yang Eksis di Monas Mempunyai total berat 72 kg.

Dengan demikian, maka hitungan kasar harga emas di Monas dengan mengacu harga Antam merupakan 72 kg dikalikan Rp 970.600.000 jadi Sekeliling Rp 69.883.200.000 atau Rp 63,7 miliar. Tetapi perlu diingat lagi, ini merupakan perhitungan kasar harga emas Monas Kalau dihitung dengan harga emas Antam.
 

Yuk Bagikan :

Baca Juga

Jokowi: Hati-hati Pilih Pemimpin di Pemilu 2024!